coretanpagi
TS
coretanpagi
Soal Kartu Jokowi, BUMN Mana Saja Yang Dipakai CSR-nya?
Skalanews - Presiden Jokowi diminta untuk menjelaskan, BUMN mana saja yang dana Corporate Social Responsibility (CSR)-nya dipakai untuk penerbitan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

"Kita mesti minta dari BUMN mana saja itu CSR-nya. BUMN mana sajakah dari puluhan atau ratusan BUMN yang ada di Indonesia ini. Mesti dibuka itu," kata Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis, saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (6/11).

Penjelasan soal BUMN mana saja itu, tutur Margarito, minimal harus diutarakan oleh Mensesneg Pratikno sebagai pihak yang pertama kali mengungkapkan pembiayaan tiga kartu tersebut berasal dari dana CSR sejumlah BUMN.

"Kita minta Mensesneg itu menjelaskan, kan dia dekat sekali dengan presiden, kemarin dia juga kan yang bilang bahwa itu dari CSR. Dia harus jelaskan, setiap BUMN berapa duit. Misal, Pertamina berapa duit, PLN berapa," katanya.

Margarito menegaskan, transparansi harus dilakukan oleh pemerintah karena CSR itu juga sebenarnya entitas negara. Sehingga, apabila ada penyalahgunaan di BUMN, itu bisa jadi suatu tindak pidana korupsi.

"Walaupun memang ada perdebatan bahwa uang di BUMN itu bukan uang negara. Tetapi hukum kita sekarang ini tetap mengkualifikasi itu sebagai kerugian keuangan negara, kalau terjadi apa-apa. Karena itu mereka harus tertib disitu," kata dia.

Lagipula, tambah Margarito, saat ini masyarakat tidak tahu bagaimana cara perhitungan CSR BUMN untuk tiga kartu tersebut. Apakah baru sekarang CSR tersebut ada atau dikumpulkan, atau dari kemarin sudah ada, atau dari mana.

"Nah pada titik itu, menurut saya mesti dijelaskan, berapa CSR dari setiap BUMN yang digunakan, dan BUMN apa saja yang sudah mengeluarkan. Itu mesti dijelaskan. Karena ini nantinya pasti bisa menjadi suatu masalah," tuturnya.

Selain itu, Margarito pun juga mempertanyakan proses tender dari pengadaan tiga kartu tersebut. "Tendernya bagaimana waktu bikin kartu itu. Kita tidak tahu ini ada tender atau tidak. Tiba-tiba saja ada kartu-kartu itu," tukas dia. (Risman Afrianda/buj)

http://skalanews.com/berita/detail/1...ipakai-CSR-nya
0
10.6K
203
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan