Facchetti.almAvatar border
TS
Facchetti.alm
Yusril Anggap Jokowi Mencontek SBY
Yusril Anggap Jokowi Mencontek SBY

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga program kartu sakti yang diluncurkan Presiden Joko Widodo disaat kabar rencana kenaikkan harga BBM berhembus, mendapat pro dan kontra. Tidak sedikit pihak yang mengkritik peluncuran tiga kartu sakti itu, salah satunya adalah mantan Menkumham Yusril Ihza Mahendra.

Dalam akun twitternya @Yusrilihza_Mhd, ia menginginkan ada terobosan dan gagasan baru dari Presiden Jokowi dalam mengatasi subsidi BBM yang selama ini dinilai telah membebani APBN.

"Namun‎ rupanya tidak ada terobosan/gagasan baru. Yang terjadi rencana pengurangan subsidi alias menaikan harga jual bbm bersubsidi," tulisnya.

Yusril juga menulis rencana menaikan harga BBM itu kini telah didahului dengan berbagai jenis bantuan tunai kepada masyarakat miskin sama persis yang dilakukan SBY saat akan menaikan BBM.

Menurutnya apa yang dilakukan oleh Jokowi menunjukan jika presiden baru belum punya cara baru untuk mengatasi masalah subsidi BBM.

"Jadi masih sama yang dulu. Saya pikir akan ada terobosan baru dan cara baru. Sayang rupanya tidak ada," tulisnya.

Selain itu, Yusril juga belum mengetahui secara jelas dasar hukum yang dikeluarkan presiden Joko Widodo mengenai kebijakan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Keluarga Sejahtera.

Ia mengatakan niat baik untuk membantu rakyat miskin karena mau naikkan BBM memang patut dihargai. Namun menurutnya dalam mengeluarkan suatu kebijakan haruslah jelas dasar hukumnya. Karena cara mengelola negara tidak sama dengan mengelola rumah tangga atau warung.

Karena kata Yusril kalau mengelola rumah tangga atau warung, apa yang terlintas dalam pikiran bisa langsung diwujudkan dalam tindakan. "Negara tidak begitu," katanya.

Suatu kebijakan kata Yusril, harus ada landasan hukumnya ‎. Kalau belum ada siapkan dulu landasan hukumnya agar kebijakan itu dapat dipertanggungjawabkan.

http://nasional.republika.co.id/beri...-mencontek-sby


apa yg dipikirkan oleh seorang Yusril adalah spt yg pernah ane pikirkan ttg seorang Presiden Baru : seorang Jokowi, dg gagasan2 baru, segar dan tidak menimbulkan polemik : mudah2an niat ane terkabul dan negara ini makin maju emoticon-Matabelo

Ayo Pak Presiden, sgr jawab statement Yusril bhw itu tidak benar dan sgr buat terobosan yg baru, original dan sepi polemikemoticon-Matabelo
Diubah oleh Facchetti.alm 06-11-2014 10:02
0
4.6K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan