azmarsameerAvatar border
TS
azmarsameer
Jangan sampai nikmat habis di masa muda gan (Inspiratif)
emoticon-Shakehand2 Welcome Gan emoticon-Shakehand2

Jangan Lupa
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Gan, keremajaan secara fisiologis ditandai dengan mimpi basah bagi laki-laki dan haid alias menstruasi bagi perempuan. Dalam istilah Islamnya disebut baligh. Seseorang yang sudah baligh apapun yang dilakukannya sudah harus dipertanggungjawabkan. Jika berbuat baik maka akan mendapat pahala dan sebaliknya jika berbuat tidak baik (bermaksiat) maka akan berdosa.

Nah, dari sini nih, karena sudah bertanggung jawab kamu nggak boleh main sembarangan dengan apapun yang kamu lakukan. Jangan sampai mumpung masih muda, puas-puasin yang happy-happy biar nggak nyesel saat tua. Puas-puasin dugem mumpung masih sempat, puas-puasin pacaran mumpung belum kimpoi. Pokoknya puas-puasin teruus sampai abis…!

Padahal, maksiat itu nggak memberi kepuasan kayak minum air laut, semakin diteguk semakin haus, trus ko’it karena kehausan. Hiii..ngerii, naudzubillah

Tapi kalau mumpung-mumpungnya untuk hal yang baik dan bermanfaat malah bagus banget tuh, mumpung muda belajar agama, bahasa arab, menghafal Al-Quran de-el-el. dua jempol deh pokoknya. Di dunia bisa ngukir prestasi setinggi bintang di langit dan di akhirat ngumpulin pundi-pundi pahala sebanyak-banyaknya di sisi Allah.

Yaa moga-moga deh, karena memang ngelakuin nggak semudah ngomonginnya. Untuk membakar semangat, sekaligus agar kita ati-ati banget sama waktu remaja dan kesempatan yang ada di dalamnya.

Seperti pada wasiat Rasulullah, “Tidaklah bergeser telapak kaki seseorang hamba pada hari kiamat sehingga mereka ditanya tentang 5 perkara; tentang usianya untuk apa dihabiskan, tentang masa mudahnya untuk apa digunakan, tentang hartanya darimana diperoleh dan dalam hal apa dibelanjakan, serta tentang ilmunya, apa yang dia amalkan ?” (HR.Tirmidzi)

Karena nggak semudah ngomonginnya, kita harus ekstra hati-hati njagain masa remaja. Minimal, ini terkait dengan 2 hal yang pasti, yaitu kesehatan dan waktu luang. Di usia sekarang kan kita lagi seger-segernya, fisik lagi kuat-kuatnya, pikiran juga lagi freshnya, malah gagasan lagi antri-antrinya dalam pikiran kita. Kalau dimanfaatin secara maksimal, insyaAllah top abis lah, sayangnya itu malah berbalik.

Benar banget apa yang diwasiatkan Rasulullah, “Dua nikmat yang banyak disia-siakan oleh kebanyakan manusia, yaitu kesehatan dan waktu luang” (HR.Bukhari)

Inilah yang mengharuskan kita kudu ekstra ati-ati. Kesia-siaan akan dialami oleh sebagian besar manusia. Naudzubillah, semoga kita nggak masuk dalam yang kebanyakan itu.
0
2.8K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan