alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54297546582b2eee338b4568/buku-bantahan-untuk-quotborobudur-peninggalan-nabi-sulaimanquot
Quote:Original Posted By seno.panyadewa


emoticon-Ngakak

liat kan masih ada yg percaya
Makanya aku bikin buku ini


Quote:Original Posted By kaskuser1977


alqurannya bener, ayatnya bener, tapi nafsirnya yang keblinger gan. cucoklogi yang di pake...




oke klo memang tafsiran salah di aman sisah kehilangan candi boko yang mirip dengan birigan brobudur...? bagai mana dengan gambar yang ada di brobudur apa kamu bisa jelaskan mengenai burung...? di kitap budan dan hindu yang saya baca tidak ada...? bahkan koin yang di anggap dari cina knp ada kali grafinya....? tolong di jelaskan...? bukan kah jaman sailendra menggunkan bahasa dari tibet itu sepenggetahuan saya....?emoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By kaskuser1977


alqurannya bener, ayatnya bener, tapi nafsirnya yang keblinger gan. cucoklogi yang di pake...




[/QUOTE]

oke klo memang tafsiran salah di aman sisah kehilangan candi boko yang mirip dengan birigan brobudur...? bagai mana dengan gambar yang ada di brobudur apa kamu bisa jelaskan mengenai burung...? di kitap budan dan hindu yang saya baca tidak ada...? bahkan koin yang di anggap dari cina knp ada kali grafinya....? tolong di jelaskan...? bukan kah jaman sailendra menggunkan bahasa dari tibet itu sepenggetahuan saya....?emoticon-Matabelo

ijin nyimak gan panjang soalnya emoticon-Big Grin
trit perdebatan neh... ane rate dah.. biar josss
Quote:Original Posted By anepenjualjujur




oke klo memang tafsiran salah di aman sisah kehilangan candi boko yang mirip dengan birigan brobudur...? bagai mana dengan gambar yang ada di brobudur apa kamu bisa jelaskan mengenai burung...? di kitap budan dan hindu yang saya baca tidak ada...? bahkan koin yang di anggap dari cina knp ada kali grafinya....? tolong di jelaskan...? bukan kah jaman sailendra menggunkan bahasa dari tibet itu sepenggetahuan saya....?emoticon-Matabelo




Emang lo baca kitab apa gan?
Sekali2 baca lalitavistara gitu dong
emoticon-Ngacir
Wong gedheng yg percaya kalo bener2 peninggalan Nabi Sulaiman emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By seno.panyadewa
Buku Bantahan untuk "Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman"
Relief Avadana, panel 83 Borobudur, Penghormatan terhadap Stupa.

"Stupa memang aslinya adalah tempat penyimpanan relik Buddha, relik murid-murid Buddha atau relik para guru, sehingga umum ditemui ruang kosong di dalamnya. Ruang kosong ini selain diisi relik, juga dapat diisi benda peninggalan orang suci/guru, arca Buddha, kitab suci, atau benda lain yang dianggap suci. Stupa dengan arca Buddha di dalamnya seperti di Borobudur bukan hal yang aneh, banyak ditemukan stupa sejenis dalam berbagai ukuran di negara lain. Tetapi yang unik adalah lubang-lubang pada dinding stupa Borobudur. Lubang berbentuk ketupat (teras kedua dan ketiga) dan persegi (teras pertama) membuat arca Buddha dalam relung stupa terlihat dari luar. Bentuk stupa Borobudur berbeda dengan bentuk stupa dari negara lain, karena memang setiap daerah mempunyai ciri khas. Justru kita harus berbangga karena nenek moyang bangsa Indonesia mengembangkan desain asli bangsa sendiri dalam membangun stupa.

Apakah Borobudur menyimpan relik di dalam stupa induk? Hal ini sangat sulit dipastikan, karena ketika ditemukan kembali stupa induk sudah dalam keadaan rusak dan berlubang. Tidak ditemukan relik di dalamnya. Kabar burung mengatakan ada arca emas di dalamnya dan dicuri Belanda, tetapi hal ini tidak bisa dikonfirmasi. Ada yang mengatakan di dalamnya terdapat arca Buddha dalam keadaan yang belum selesai dan kasar (the unfinished Buddha), tetapi hal ini juga sulit dipastikan. Sekarang di dalam stupa induk kosong.

Satu lagi fakta yang harus dipertimbangkan adalah struktur Candi Borobudur dirancang agar peziarah melakukan pradaksina, yaitu ritual mengelilingi sebuah tempat suci searah jarum jam dengan menjaga agar objek penghormatan selalu berada di sisi kanan. Umat Buddha di seluruh dunia masih melakukan pradaksina mengelilingi stupa sampai sekarang. Relief di dinding Candi Borobudur dibaca dari kanan ke kiri, sementara yang ada di teras langkan dibaca dari kiri ke kanan, jelas dirancang agar dibaca saat pradaksina. "



Buku Bantahan untuk "Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman"

SLEMAN = SULAIMAN?

Apakah betul nama daerah Sleman berasal dari kata Sulaiman? Jawabannya adalah BENAR.

Secara administratif, keberadaan Kabupaten Sleman dapat dilacak pada Rijksblad No. 11 tahun 1916 yang membagi wilayah Kesultanan Yogyakarta (Mataram) dalam 3 kabupaten, yakni Kalasan, Bantul, dan Sulaiman (yang kemudian disebut Sleman).

Nama Sulaiman sendiri berasal dari nama seorang pendakwah Islam yang legendaris: Sayyid Sulaiman. Beliau adalah cucu Sunan Gunung Jati dan pernah menyiarkan agama Islam di Kerajaan Mataram sekitar abad ke-17. Salah satu bukti keberadaan Sayyid Sulaiman di masa lalu adalah keturunan beliau yang masih banyak dan memelihara tradisi cerita riwayat beliau, juga pondok pesantren Sidogiri yang beliau dirikan.

Ada juga yang mengatakan bahwa tokoh Sulaiman adalah kakek Dokter Wahidin Sudirohusodo, seorang Bugis. Tapi mengapa ada orang Bugis yang sampai namanya diabadikan sebagai satu wilayah di Yogya? Kalau dari segi hubungan sejarah sebenarnya tidaklah mengherankan karena orang Bugis-Makassar sudah “resmi” menjadi bagian Keraton Yogya sejak awal, ditandai dengan adanya pasukan keraton yang khusus orang Bugis bernama “Bregada Bugis” yang berkedudukan di sebelah barat daya kota (Kampung Bugisan) dengan ciri nama anggotanya memakai nama “Rangsang”; dan juga “Bregada Daeng” yang beranggota khusus orang Makassar, berkedudukan juga di bagian barat daya kota (Kampung Daengan) dengan ciri anggotanya memakai nama “Niti”. Menariknya, di Bugis nama Sulaiman biasanya akan berubah menjadi “Sul” atau “Sule”, mirip kasus nama “Borahima” atau “Bora” yang keduanya berasal dari nama “Ibrahim”. Jadi, perubahan nama “Sulaiman” menjadi “Sleman” berasal dari pengucapan lidah lokal ini.

Nama Nabi Sulaiman sangat termasyhur di berbagai negara, terutama di Timur Tengah. Setelah lahirnya agama Islam, nama ini juga sering dipakai oleh orang-orang Arab. Setelah masuknya Islam ke Nusantara, banyak yang memakai nama dari khazanah bahasa Arab, termasuk nama Sulaiman. Nama Sulaiman menjadi nama yang umum dalam kebudayaan Islam, termasuk di Nusantara setelah abad ke-15, karena itu tidak harus penamaan daerah tersebut merujuk pada Nabi Sulaiman. Anda dapat melihat sendiri, terdapat dua versi cerita tokoh bernama Sulaiman yang asli Nusantara, yang menjadi dasar penamaan daerah Sleman.

Ditambah lagi, nama “Sulaiman” adalah pelafalan bahasa Arab. Nama asli beliau dalam bahasa Ibrani adalah “Salomo”. Kalau benar Nabi Sulaiman pernah datang ke Jawa, seharusnya penamaan tempat mengikuti nama aslinya, yaitu Salomo, bukan Sulaiman.

Dalam bahasa Yunani adalah “Solomon”, dan inilah nama yang sekarang digunakan di negeri-negeri Barat. Fahmi Basya mengatakan di bukunya bahwa di sebelah timur Nusantara ada kepulauan yang bernama Solomon. Ini seakan menyiratkan bahwa Nusantara dan Nabi Sulaiman ada hubungannya. Padahal sebenarnya nama Solomon Islands itu diberikan oleh pelaut Spanyol, Alvaro de Mendana de Neira. Ketika dia singgah di kepulauan itu 6 Februari 1568, ia menemukan tanda-tanda tambang emas dan percaya bahwa tempat itu adalah sumber kekayaan Nabi Sulaiman. Lalu dinamakanlah tempat itu sebagai Solomon Islands. Jadi, nama itu kebetulan saja, bukan nama yang ada sejak dahulu kala.


Ini taro di page one aja gan
Quote:Original Posted By anepenjualjujur
tpi itu semua sudah di jelaskan dalam al-qur'an tidak bisa di bantah karna ada surat dan ayat yg benar' jelas buku dan ilmia dia berpedoman pada al qur an sedangkqn anda menurut ilmuat yg landasannya bisa di buat' itu al-qur'an jelas dan tidak bisa di bantah semua serah hidup manusia dan bumi hingga lagit ada di sana klo gk percaya buka aja di surat yg sudah di jelaskan pasti bnr krn saya sudah buka ayat itudan bnr


Quote:Original Posted By anepenjualjujur




oke klo memang tafsiran salah di aman sisah kehilangan candi boko yang mirip dengan birigan brobudur...? bagai mana dengan gambar yang ada di brobudur apa kamu bisa jelaskan mengenai burung...? di kitap budan dan hindu yang saya baca tidak ada...? bahkan koin yang di anggap dari cina knp ada kali grafinya....? tolong di jelaskan...? bukan kah jaman sailendra menggunkan bahasa dari tibet itu sepenggetahuan saya....?emoticon-Matabelo




Berarti anda kurang membaca
Ini di kaskus sudah ada yg membuat thread bacaan relief sesuai kitab Buddha.
Lalitavistara di Borobudur
Quote:Original Posted By seno.panyadewa




Berarti anda kurang membaca
Ini di kaskus sudah ada yg membuat thread bacaan relief sesuai kitab Buddha.
Lalitavistara di Borobudur


Nah... hit and run doang dia
Sekalian nyundul
Quote:Original Posted By anepenjualjujur

oke klo memang tafsiran salah di aman sisah kehilangan candi boko yang mirip dengan birigan brobudur...? bagai mana dengan gambar yang ada di brobudur apa kamu bisa jelaskan mengenai burung...? di kitap budan dan hindu yang saya baca tidak ada...? bahkan koin yang di anggap dari cina knp ada kali grafinya....? tolong di jelaskan...? bukan kah jaman sailendra menggunkan bahasa dari tibet itu sepenggetahuan saya....?emoticon-Matabelo



hanya krn pendapat Fahmi Basya seorang anda melupakan pelajaran sejarah di sekolah. beberapa relief2 dicandi brobudur adl cerita jataka, yaitu kisah sang Buddha sebelum menjadi lahir menjadi Sidharta. dikelahiran2 sebelumnya kadang dia menjelma sbg hewan, jd beberapa kisah jataka berbentuk fabel.
ada kan di pelajaran sejarah? atau jangan2 sewaktu pelajaran sejarah anda ga memperhatikan.

(kisah fabel sendiri jg udah ada sejak jaman hindu, salah satu fabel yg terkenal itu pancatantra berkisah persahabatan seekor lembu & singa, bisa agan cari sendiri di google)

nah, kisah2 fabel jataka ini sudah ditulis oleh agan Seno dibukunya, ada bbrp kisah bisa ane ceritakan sedikit disini, antara lain:

1. seorg brahmana diberi persembahan oleh beruang, serigala & kelinci. beruang & serigala mempersembahkan buah2an sedangkan kelinci yg ga punya apa2 memberikan dagingnya sendiri utk brahmana tsb

2. seekor anak burung puyuh yg welas asih, krn sifatnya dia ga mau menyantap makanan hewani (cacing, dsb) yg diberikan oleh induknya.

3. seorg raja menyelamatkan seekor merpati dari cengkraman burung elang, utk meyelamatkan nyawanya, raja tsb mengganti dagingnya sendiri utk diberikan ke elang agar tdk memakan burung merpati. si fahmi basya dng enaknya mengatakan relief ini sulaiman sdg ngobrol dng burung hud2 emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)

trus ada relief yg oleh fahmi basya dikatakan burung yg bisa berbicara yaitu burung berkepala manusia, sebenernya itu kinnara, makhluk surgawi dr mitologi hindu & buddha

makanya drpd penasaran, mending beli bukunya agan Seno, bukan utk promosi, tp buku itu emang dibikin utk dibaca org2 awam macem kita agar ga terjerumus cocoklogi dr fahmi basya

bangsa syailendra memakai bahasa sansekerta & jawa kuno, bukannya bahasa tibet emoticon-Bingung (S)
kayaknya bukan gan emoticon-Bingung (S)
emoticon-Ngakak

Dan ini masih ada aja yang bikin tread
http://www.kaskus.co.id/thread/54329...-orang-islam/1

Kan makin menggila pembodohan ini
Update review.... ada lagi yg udah baca?
sundul ah biar banyak yg ngerti..

btw dari fahmi basah sendiri ada tanggapan mengenai bukunya seno ga gan?
Quote:Original Posted By haheho XD
sundul ah biar banyak yg ngerti..

btw dari fahmi basah sendiri ada tanggapan mengenai bukunya seno ga gan?


saya belum liat
entah emang ga tau atau pura pura gak tau
Quote:Original Posted By seno.panyadewa


saya belum liat
entah emang ga tau atau pura pura gak tau


doi lagi ngumpulin bahan x gan emoticon-Malu (S)
di pasar baru banyak tuh bahan..
ikut nyimak aja gan. ane kurang begitu tau tentang klaim2 kelompok tertentu. dengan berjalannya waktu mungkin akan terungkap siapa yang benar.
Ini kemana sih fansboy nya fahmi basya.
Ditungguin gak muncul2
Menurut ane sih sebenernya ga perlu dibantah segala. Anggap aja yang klaim itu pelawak yang mau jualan buku. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Kalo orang waras sih cuma ketawa aja denger klaim peninggalan nabi.
sekilas ane baca DARI WEB,NYA http://www.thesolomoncenter.org KH Fahmi Basya menggunakan teknik yang sangat populer pada masa ini yaitu teknik cocoklogi emoticon-Ngakak
×