darkslay3rAvatar border
TS
darkslay3r 
[Review] Happy Hacking Keyboard Professional 2
Hari yang ditunggu datang juga untuk mereview keyboard idaman, Happy Hacking Keyboard atau biasa disingkat HHKB. HHKB yang akan saya review yaitu Professional 2 dengan force 45g uniform atau merata untuk seluruh switchnya. Dengan menggunakan switch Topre khas Jepang, bagaimana performa dari keyboard yang memiliki size super mini 60% ini ? Check this out, guys emoticon-Big Grin

Spesification


- 60-Key modified US ANSI Layout
- 45gram sensitivity, 4mm travel Topre Electrostatic Capacitive Key Switches
- Dimensions: 294 x 110 x 39.9mm (11.6 x 4.3 x 1.6in)
- Detachable USB mini-B interface, 1.8m cable included
- Integrated USB 2.0/1.1 Hub (Current supply limited to 100mA)
- High durability PBT (polybutylene terephthalate) keycaps (Spacebar is ABS)
- Long life dye-sublimated keycap labeling (Dark gray)
- Keyboard mode selection dip-switch
- Weight: 530g (1 lb 3oz)
- Made in Japan

Packaging


Ini merupakan packaging tersimple yang pernah saya liat untuk ukuran keyboard apalagi dengan harga yang lumayan mahal. Yang saya temukan hanya instruksi berbahasa Jepang, keyboard, dan detacable cable mini usb to usb.

Spoiler for Package:


Design & Fungsi


HHKB memiliki layout 60%, terbilang super mini dan super portable. For me, this sexy badass fulfill my need. Dibalut warna dark gray untuk housing dan printing sublimated dye dengan warna black on dark gray untuk keycaps, terlihat seperti ninja bagi saya emoticon-Ngakak (S). Simple namun tetap dengan khas Topre keyboard yaitu elegan.



Bahan dari housing ini sendiri pun terbilang sangat bagus, berbahan plastik PBT, bisa dibayangkan seberapa solid material keyboard ini. Untuk keycaps juga memiliki bahan PBT namun dengan kelas sangat tinggi, jauh dari PBT seperti pada FC700R.

Pada bagian bawah tombol FN terdapat logo dari HHKB.



Pada bagian atas keyboard terdapat 1 port mini usb yang berfungsi sebagai konektor keyboard dan komputer, 2 port usb, dan dip switch. Dip switch ini ditutupi oleh slider.



Berfungsi untuk mengatur beberapa tombol, akan saya jelaskan nanti.



HHKB juga memiliki keyboard stand namun berukuran lebih kecil dari keyboard lainnya.



Juga memiliki keyboard feet berjumlah 2 buah.



Karena menggunakan desain layout 60%, maka otomatis ada beberapa fungsi yang digabungkan menjadi 1 dalam 1 tombol, sehingga diperlukan fungsi FN untuk keyboard ini. Pada awalnya saya merasa aneh dengan layout tombol keyboard ini, ada yang asing bagi saya pada peletakan tombolnya. Tetapi setelah saya beradaptasi dengan layoutnya, saya merasa nyaman dengan layoutnya, malah ketika pindah ke Realforce 87U saya, ada beberapa tombol yang salah ditekan karena perubahan layout yang drastis.



Ada pula fungsi multimedia pada HHKB ini seperti Volume Up, Volume Down, Mute dan Eject. Dapat diaktifkan dengan perpaduan tombol FN tentunya.



Dan ini dia beberapa tombol yang memiliki lebih dari 1 fungsi sehingga untuk menggunakannya perlu perpaduan tombol FN.

Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Pada bagian bawah keyboard terdapat pula informasi mengenai model, serial, dan yang terpenting fungsi dari dip switch itu sendiri. Pada HHKB saya, dip switch yang saya gunakan yaitu untuk menukar fungsi tombol delete dengan backspace dan juga menggunakan mode Macintosh agar fungsi FN dapat berjalan.



Perbandingan size HHKB dan RF



Untuk feel mengetik sendiri sangat khas switch Topre yaitu soft tactilenya. Impresi pertama saat menggunakan HHKB, sangat smooth, cepat, dan solid. Jika dibandingkan dengan CherryMX, saya malah lebih sering merasa miss type, berbeda dengan switch Topre yang seakan-akan membantu saya untuk dengan mudah melanjutkan huruf demi huruf. Mungkin kalimat saya agak aneh namun intinya disini jika dibandingkan dengan switch CherryMX, pengalaman mengetik Anda akan sangat berbeda, seakan tidak mau berhenti untuk terus menggunakannya, agak sulit memang untuk dimengerti namun Anda akan segera tahu ketika langsung mencobanya. Dengan memiliki force 45g uniform, saya merasa nyaman untuk pengetikan berjam-jam. Key travel yang ringan dan juga feel tactile yang super lembut dan enak, juga bottoming out yang cepat, sungguh sangat nyaman bagi typist.

Jika dibandingkan dengan Realforce, HHKB pada saat pengetikan lebih cenderung berisik. Feel yang dirasakan pun lebih mirip terhadap Type Heaven namun tentu lebih enak feel di HHKB karena faktor keycaps yang sudah PBT emoticon-Malu (S).

Build Quality


Seperti yang kita semua tahu bahwa Topre memiliki durability super panjang. Dan tentu saja berlaku juga pada HHKB ini. Memiliki bobot yang terbilang sangat ringan, bahkan lebih ringan dari Poker 2, HHKB memiliki build quailty yang luar biasa, saya sendiri tidak mengerti apa yang telah dibuat dari orang Jepang, super ringan dan sangat solid, entah material apa yang mereka gunakan. Ketika diketuk, ada 1 bagian yang sedikit kopong yaitu di tulisan HHKB. Tidak masalah bagi saya karena overall sangat solid untuk bagian lainnya.



Conclusion


Sampai juga pada akhir dari review ini, singkat kata saja untuk menggambarkan keyboard ini, mungkin boleh saya sebut mini monster saja. Berukuran kecil, ringan namun tanpa kehilangan kesan solid khas Topre. Keyboard ini saya gunakan untuk di kampus saya, biasanya tanpa membawa tas alias ditenteng tangan saja. Dengan bobot yang ringan saya tidak merasa terganggung ketika ditenteng tangan. Like a boss i think emoticon-Metal. Saya sarankan bagi yang menginginkan untuk menggunakan HHKB atau membelinya, pastikan ini adalah keyboard secondary Anda, menurut saya agak kurang cocok untuk dijadikan keyboard primary karena Anda akan kerepotan untuk menghafal masing-masing fungsinya. Contoh misalkan untuk menggunakan CapsLock saja harus menekan tombol FN+Tab agar dapat berfungsi. Kemudian tidak adanya ketersediaan LED indikator ON/OFF CapsLock sehingga Anda yang harus mengingat sendiri apakah sudah dimatikan atau masih aktif.
Overall, akhir kata saya HHKB layak dijadikan sebagai wishlist bagi Anda yang menginginkan keyboard secondary yang memiliki build solid dan stylish, jujur saja untuk seri Topre, HHKB adalah yang paling keren dan eyecatching emoticon-Ngakak (S). Untuk sementara HHKB tidak tersedia di Indonesia sehingga bagi yang mau membeli harus mengimport sendiri dari negaranya yaitu Jepang menggunakan eBay atau Amazon karena memang hanya tersedia disana saja.

Good job untuk Topre atas kehadiran mini keyboard ini emoticon-Blue Guy Peace
0
3.5K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan