badakimut2013
TS
badakimut2013
KONYOL : Jokowi: 80 Persen Pendidikan di SD Harus Menyangkut Akhlak dan Mental
JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai perlunya ada evaluasi atau perubahan dalam sistem pendidikan Indonesia. Menurut Jokowi, pendidikan di sekolah dasar (SD) seharusnya sebagian besar membicarakan masalah pembentukan karakter, akhlak, dan mental peserta didik.

"Menurut kami, pendidikan SD itu 80 persen harus bicara masalah yang berkaitan dengan pendidikan karakter, akhlak, mental, sikap dan mental, baru 20 persennya pengetahuan," kata Jokowi dalam acara debat capres/cawapres di Hotel Gran Melia, Jakarta, Minggu(15/6/2014). Tema debat kali ini mengenai pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial. Jokowi menjawab pertanyaan capres lainnya, Prabowo Subianto yang menanyakan apakah dia setuju untuk meneruskan program wajib belajar 12 tahun yang memerlukan investasi tambahan Rp 40 triliun.

Sementara itu, menurut Jokowi, materi pendidikan di sekolah menengah pertama sedianya terdiri dari 60 persen pembangunan karakter, dan sisanya 40 persen mengajarkan pengetahuan. "Di SMK SMA, baru, 20, 80. Sebanyak 20 persen pengetahuan dan keterampilan," sambung Jokowi.

Dia juga menilai pendidikan sedianya menjadi hal utama yang diperhatikan pemerintah. Jokowi menyatakan akan menggelontorkan dana APBN berapa pun nilainya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Jokowi tidak keberatan dengan program wajib belajar 12 tahun yang membutuhkan suntikan dana sekitar Rp 40 triliun. Menurut Jokowi, dana Rp 40 triliun itu bisa diperoleh Pemerintah dengan efisiensi bahan bakar. Misalnya, kata Jokowi, menggani bahan bakar minya dengan gas atau batubara.

"Untuk memasukkannya ke bidang pendidikan enggak masalah, 12 tahun hal yang jadi kewajiban kita bersama agar menjadi manusia yang produktif dan berdaya saing tinggi agar kekayaan alam dikelola kita sendiri, itu bisa dilakukan kalau kita punya manusia yang berpendidikan, produktivitas tinggi, dan daya saing tinggi," papar Jokowi.

emoticon-Ngakak
Isinya pelajaran agama ama PMP doang emoticon-Cape d... (S)



Quote:


Quote:


Masukan dari johanjalil untuk anda renungkan
Quote:


Masukan dari kaskuser
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

Quote:


Quote:
Diubah oleh badakimut2013 17-06-2014 15:57
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
33.9K
758
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan