the.statsAvatar border
TS
the.stats
SEDERHANA TIDAK SAMA DENGAN MISKIN


" Sederhana bukan miskin, miskin bukan sederhana "

Banyak orang yang salah memahami perbedaan antara hidup sederhana dengan hidup miskin. bahkan banyak orang yang terjerumus hidup miskin untuk mendekatkan diri kepada tuhan. Padahal Tuhan memerintahkan hidup sederhana bukan hidup miskin.

1. SEDERHANA PUNYA TABUNGAN, MISKIN PUNYA HUTANG
Orang yang hidup sederhana punya tabungan, karena mereka sesungguhnya orang yang produktif, mereka tidak konsumtif sehingga penghasilan yang mereka peroleh bisa mereka sisihkan untuk ditabung.

Orang yang hidup miskin punya hutang, orang miskin bisa punya hutang karena penghasilan mereka lebih kecil dari kebutuhan mereka.


2. SEDERHANA ITU KESADARAN, MISKIN ITU TERPAKSA

Orang yang hidup sederhan dan orang yang hidup miskin sesungguhnya punya satu persamaan, mereka sama-sama tidak berlebih dalam mengkonsumsi sesuatu. makanan mereka tidak berlebihan, pakaiana mereka tidak berlebihan, kendaraan mereka tidak berlebihan.

perbedaannya adalah orang sederhana melakukannya dengan kesadaran, sedangakan orang miskin melakukannya karena terpaksa. orang yang hidup sederhana bisa saja makan berlebihan karena mereka memiliki tabungan tetapi mereka tidak melakukannya karena mereka sadar konsumsi berlebihan itu tidak baik untuk diri mereka dan lingkungan mereka. sebaliknya orang miskin tidak bisa hidup berlebihan karena memang mereka tidak memiliki kemampuan finansial untuk hidup berlebihan.



Fernando Lugo semasa menjabat sebagai orang nomer satu di Paraguay sehari-hari makan singkong rebus, nasi putih dan daun kol cacah serta ikan . makanan sehari-hari rakyat jelata di Paraguay.



3. ORANG SEDERHANA BISA MENOLONG, ORANG MISKIN HARUS DITOLONG

Tidak ada ajaran agama yang memerintahkan manusia untuk hidup miskin, yang ada hanya perintah untuk hidup sederhana. karena orang miskin sudah pasti memiliki banyak keterbatasan. kadang kala orang miskin bukan saja tidak punya harta, tetapi juga tidak punya waktu dan ide untuk diberikan.

Orang yang hidup sederhana memiliki kemampuan menolong orang lain, karena dengan kesederhanaannya dia bisa menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membantu orang lain, sedangkan orang miskin adalah orang yang perlu ditolong karena mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan mereka sendiri.


Bai Fang Li seorang pengayuh becak yang menyumbangkan pengasilannya selama 20 tahun sebesar Rp. 570.000.000 untuk pendidikan orang-orang miskin


Spoiler for "TRIT EKONOMI DAN INVESTASI":
Diubah oleh the.stats 06-08-2014 12:45
0
7.2K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan