polymorphic404Avatar border
TS
polymorphic404
Tempat Uji Nyali Seorang Programmer


Spoiler for InsyaAllah No Repost:


Selamat siang para kaskuser hari ini ane akan bahas tempat tempat yg cocok dijadikan uji nyali oleh seorang programmer, biasanya kalau di tv acara uji nyali itu di bawah air terjun, di dalam goa, di gedung tua, di rumah tak berpenghuni, di makam atau dimana aja lah yang penting gelap dan spooky yang membuat bulung kuduk merinding gak karuan. Atau juga ada yang tantangannya ekstrem misal harus bungee jumping, flying fox, atau loncat indah yang membuat jantung berdegup kencang. Itu semua untuk orang – orang pada umumnya yang menguji kekuatan fisik dan mental.



Nah kalau programmer uji nyalinya dimana nih? klo seorang programmer uji nyalinya sangat spesial bro selain menguji kekuatan fisik dan mental kekuatan problem solving, coding, dan algoritmik juga menjadi parameter yang akan di uji bagi seorang hobi coding atau programmer emoticon-Big Grin. Uji nyali ini biasanya berupa lomba coding yang diikuti oleh banyak tim. Lomba coding ini biasanya diselenggarakan oleh perguruan tinggi (misal: ITB, UI, ITS) atau lembaga resmi di bidang computing seperti ACM dengan ACM-ICPC nya.

Di dalam lomba coding ini Anda harus bertarung melawan waktu dengan memecahkan problem set super greget yang disediakan oleh panitia. Misal ada persoalan dimana kita harus menyelesaikan titik koordinat sebuah titik terhadap 10 titik yang diberikan oleh mesin penguji. Contoh lainnya misal berapa banyak macam jenis barang yang dapat disimpan di sebuah stockpile di sebuah gudang karena perbedaan lebar dan panjang setiap barang berbeda. Setelah Anda mengerjakan soal, source code yang telah Anda coba di komputer dan berhasil harus langsung dikirim ke online judge untuk dievaluasi kebenaran dari source code tersebut. Biasanya akan muncul info seperti time limit exceeded, compile success, atau compile failed.

Memang gak jarang ketika mengikuti lomba coding gak aneh kalau misalnya ada salah satu teman dari tim kita atau yang berbeda tim, raut wajahnya cemberut banget, ada yang ngacak – ngacak rambut, ada pula yang sampai nangis, dan mungkin ada yg pingsan karena mumetnya menyelesaikan problem set emoticon-Ngakak. Tapi disitulah letak menariknya, kalau kita bisa mengendalikan diri pasti problem set yang kita hadapi akan lebih lega. Dan jangan salah, lomba coding biasanya menghadiahkan uang jutaan kepada sang pemenang.

Kalau lomba coding biasanya tahunan atau per semester atau mungkin dalam periode yang tidak ditentukan. Lalu bagaimana dengan kita yang tidak sempat ikut lomba tapi pengen coba uji nyali dengan menyelesaikan problem set emoticon-Mewek . nah di thread ini ane akan share beberapa online judge yang bisa digunakan sebagai latihan sebelum perang coding untuk sebuah kompetisi, latihan coding untuk UAS (karena ada beberapa perguruan tinggi yang memakai online judge untuk sistem UAS mata kuliah Algoritma dan Pemrograman), atau menguji nyali Anda ketika liburan.

Berikut adalah daftar online judge yang dapat Anda coba sekarang juga:
Quote:


Quote:




Quote:
0
7.7K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan