littleCrabAvatar border
TS
littleCrab
Kok Bisa ya Hasil Quick Count Beda-Beda? Ini Penyebabnya Gan!
Selamat Datang Buat Agan-Agan/Sista-Sista yang Ganteng-Ganteng/Cakep-Cakep
emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)


Spoiler for First:

Agan-Agan/Sista Tambah Ganteng/Cakep deh Kalo ngasi Cendol emoticon-Malu (S)
Spoiler for 2Cend:


-------------------------


Berhubung masih dalam suasana pesta demokrasi yang lagi anget-angetnya, maka ane juga ga mau kalah bikin thread yang bernuansa pemilu seperti agan-agan/sista-sista yang lain ah! emoticon-Big Grin

Kalau kemarin kita di-'anget-angetin' oleh hawa panas sebelum pencoblosan, kini setelah pencoblosan, hawa anget itu beralih ke media-media TV ato internet yang saing bersaing untuk selalu up-to-date memberi informasi kepada publik tentang perhitungan cepat (atau bahasa kerennya 'Quick Count') mengenai hasil perolehan suara masing-masing calon pasangan presiden-wakil presiden.
Saking angetnya, sampe-sampe melupakan hasi pertandingan Brazil x Jerman kemarin emoticon-Ngakak (S)

Masalahnya, coba deh agan pantengin berbagai stasiun TV yang ada di tanah air. Lihat hasil quick count yang di tampilkan di layar kaca (mau LCD atau LED, terserah emoticon-Blue Guy Peace) agan, apakah hasilnya sama semua?
Tentu saja tidak kan? Kalo perbedaan itu tipis, misalnya 0-2% masih kita anggap wajar. Lah ini.... Bisa kita liat sendiri, perbedaannya cukup signifikan! Di stasiun TV X (katakanlah), A : B = >52% : 48%. Di stasiun TV Y, A : B => 47% : 53%.
Kok bisa begitu? Mengapa TV stasiun tertentu hanya menampilkan beberapa lembaga survei tertentu yang hasilnya berbeda dengan lembaga survei lainnya yang di tampilkan di stasiun TV lainnya? Ada apa sebenarnya? Jadi mana yang bisa dipercaya?!
Tapi, bukan itu yang ane bakal bahas di sini gan/sista. Tenang...

Yang mau ane bahas di sini ialah, salah satu penyebab kenapa lembaga survei yang berbeda memberikan hasil quick count yang berbeda pula.

Selanjutnya, cekidot...

Quote:


Jujur, prosedur penghitungan cepat ini ane ga tau caranya gimana. Apakah lembaga survei tsb meminta setiap TPS di setiap kota untuk meng-sms hasil perhitungan suara tersebut, atau bagaimana, entahlah... Yang jelas, margin of error itu akan selalu ada! Tidak ada yang 100% di dunia ini. Karena yang 100% hanyalah Tuhan!

Demikian thread ane gan/sista! Semoga Agan-Agan/Sista-Sista bisa paham dengan penjelasan ane di atas.
Semoga thread ini ada hikmahnya ya emoticon-Smilie

Siapapun yang terpilih nantinya menjadi presiden dan wakil presiden, harus kita terima dengan lapang dada. Berbeda pendapat itu biasa, kalah menang itu biasa. Mari wujudkan pesta demokrasi yang adil, rukun, dan aman. Buang jauh-jauh tabiat buruk seperti yang telah lalu. Mari kita buktikan bahwa kita telah dewasa, bukan hanya secara harfiah, tapi juga secara kepribadian dan jati diri.
Mari kita jaga kesatuan NKRI! Hidup Indonesia!
emoticon-I Love Indonesia

Quote:

Quote:


Quote:


Quote:


Diubah oleh littleCrab 10-07-2014 18:40
0
33.2K
198
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan