CantSayNoToHopeAvatar border
TS
CantSayNoToHope
[Tips & Sharing] Landscape Photography
Kalau kemaren-kemaren, ane udah share tip & tricks fotografi konser dan human interest, sekarang ane mau share sedikit tentang landscape fotografi. Ini salah satu cabang fotografi yang banyak banget peminatnya. Sekalian jalan-jalan emoticon-Traveller dan menikmati alam, begitu mungkin pikiran banyak peminat fotografi landscape. Tapi nggak segitu gampangnya kita ambil foto yang kita mau sesuai dengan apa yang mata kita lihat karena sensor kamera belum bisa menangkap perbedaan yang cahaya yang begitu besar dalam cahaya dalam 1 foto.

Sebelum ane share basic tips & tricks fotografi landscape, apa sih sebenarnya itu fotografi landscape? Banyak banget definisi yang udah ditulis sama banyak fotografer. Kurang lebih fotografi landscape ini cabang fotografi yang menangkap pemandangan alam baik itu di darat atau di laut baik itu di pedesaan atau perkotaan. Walaupun misalnya fotonya terdapat objek seperti manusia, hewan tapi objek tersebut menjadi elemen pelengkap bukan elemen utama, yang utama adalah tetap pemandangannya itu sendiri.

1. Magic hour.
Yang pasti ini bukan waktunya untuk sulap emoticon-Stick Out Tongue emoticon-Hammer2 tapi waktunya untuk mengambil foto landscape, kurang lebih 1 jam sebelum dan sesudah matahari terbit dan 1 jam sebelum dan beberapa saat setelah matahari terbenam. Kenapa dinamakan magic hour? Karena matahari pada saat tersebut cahayanya lebih lembut dan sinarnya lebih merata dan tidak terlalu kontras. Tapi kalau agan dan aganwati susah bangun pagi misalnya, jangan takut, masih bisa kok ambil foto landscape yang bagus, jeli-jeli aja melihat momen dan mengatur komposisi.

2. Komposisi
Yang paling umum adalah "rule of thirds". Jadi kalau agan bayangin frame foto itu dibagi tiga bagian yang sama ukurannya baik horisontal dan vertikal, maka obyek fotonya agan posisikan sepertiga di kanan/kiri atau sepertiga di atas/bawah.

3. Maksimalkan Depth of Field.
Karena seluruh yang kita foto adalah obyek dalam fotografi landscape, maka kita perlu membuat obyek foto ini tajam dan terlihat jelas. Yang diperlu dilakukan adalah men-set DoF (Depth of Field) sekecil mungkin (angka f nya sebesar mungkin) seperti f/8, f/16 atau f/22. Lalu fokus ke subyek yang ada sekitar 3 meter dari kamera atau fokus ke obyek yang kurang lebih ada di tengah-tengah frame ketika kita lihat di view finder.

4. Gunakan filter seperti ND dan Polariser.
Seperti ane bilang di atas, sensor kamera belum bisa mengambil cahaya yang begitu besar beda nya antara langit dan daratan, makanya kita perlu alat pembantu seperti filter gradual ND yang berguna untuk mengurangi cahaya yang masuk. Oh ya, jangan sampai salah beli ya, gan sama filter ND. Sama-sama ND (singkatan dari Natural Density) tapi yang gradual ND pengurangan cahaya hanya setengah di atas bukan seluruhnya seperti filter ND.
Satu lagi filter yang berguna di fotografi landscape adalah polariser, gunanya untuk mengurangi refleksi cahaya matahari di atas air dan juga membuat langit lebih biru

5. Gunakan tripod
Memang sih malas bawa tripod. Udah bawa kamera dan lensa yang berat, masih bawa tripod lagi, nambah-nambahin beban emoticon-Cape deeehh tapi seringkali kita menggunakan efek slow speed dalam fotografi landscape. Teknik slow speed dipakai misalnya untuk mendapatkan gerakan ombak di laut atau membuat air terlihat lembut. Kalau memakai teknik slow shutter speed berarti speed yang kita pakai di kamera benar-benar lambat seperti 1/2 detik, 2 detik, 8 detik atau bahkan lebih dari itu. Tentu saja tangan kita tidak mungkin bisa tidak goyang sedikitpun menahan kamera selama itu. Inilah gunanya tripod. Kalau memang lupa bawa tripod (seperti ane, gan emoticon-Hammer2 emoticon-Ngacir ), bisa taro kameranya di suatu tempat datar yang kuat (kursi, batu, misalnya). Improvisasi sedikit, gan emoticon-Ngakak

Kurang lebih begitu, gan sedikit tips & tricks dari ane. Yang pasti sering-sering lihat hasil karya fotografer lain, belajar dari foto-foto tersebut, sering-sering keluyuran untuk motret, nggak harus ke tempat wisata terkenal untuk mendapatkan foto landscape yang keren. Selalu mencoba, eksplorasi untuk mendapatkan nggak hanya foto yang bagus tapi "stand out", unik dan beda dari yang lain emoticon-Jempol

Silakan kalau ada agan atau aganwati yang mau tanya-tanya atau komentar, ane akan jawab sebisanya emoticon-shakehand emoticon-Cendol (S)

Di bawah ini, sedikit foto-foto landscape yang ane pernah ambil selama ini.

Spoiler for Padang Rumput:



Spoiler for Bromo dan Semeru:


Spoiler for Sunrise:


Spoiler for Reflection:


Spoiler for Empty Road:



Spoiler for Pagi Hari:


Quote:

Diubah oleh KASKUS.Editor 25-06-2014 05:03
0
22.5K
171
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan