arizandroAvatar border
TS
arizandro
Masjid Tiban Desa Baujeng dan Jin Penghuninya

Masjid Tiban merupakan masjid yang tertua di Di Desa Baujeng Dusun Nyangkring Kec. Beji Kab. Pasuruan. Tiban dalam bahasa jawa artinya muncul dengan sendirinya, artinya sulit diketahui secara pasti siapa yang membangun dan kapan dibangun. Menurut mitos keberadaan Masjid Tiban adalah dibangun secara ghaib, dimana pembangunannya bukan dibuat oleh manusia, melainkan makhluk ghaib. Fenomena(mitos) ini tidak hanya di Desa Baujeng saja, di beberapa daerah lain pun juga ada Masjid Tiban dengan cerita/mitos yang berbeda.
Menurut cerita, sesepuh Desa Baujeng bahwa keberadaan Masjid Tiban ada dengan sendirinya. Awal mulanya posisi/letak Masjid Tiban berada di Dusun Tanggul Desa Baujeng, namun entah bagaimana kemudian pindah ke Dusun Baujeng, dan yang terakhir letak lokasinya di Dusun Nyangkring. Konon perpindahan tempat ini disebabkan karena sedikitnya jumlah jamaah masjid penduduk setempat.
Dari dulu masjid ini sudah dikenal dengan keberadaan jin penghuninya hingga saat ini. Penduduk sekitar banyak yang mengakui dan bersaksi atas keberadaa jin di masjid tersebut yang biasanya menunjukkan aktifitasnya dimalam hari. Sebagaimana yang masyarakat ceritakan, jin penghuni masjid tiban lebih terasa aktifitasnya daripada tempat-tempat yang lain. Hal ini pernah dibuktikan oleh keluarga penulis sendiri, khususnya ibu, yang mulanya kurang percaya omongan orang-orang mengenai katifitas jin di masjid tiban. Suatu ketika saat malam lailatul qadr, ibu pergi ke masjid bersama santriwati salah satu pondok pesantren di Baujeng. Ibu menceritakan saat di dalam masjid, terasa ada aktifitas di dalamnya terutama di bagian atap, seperti ada orang berjalan, pukul-pukul benda, dll. Andaikan suara itu adalah dari tikus, tidak mungkin segaduh itu. Uniknya suara-suara gaduh tersebut tidak hanya didengar oleh ibu saja, melainkan hampir semua pengunjung. Kalau penampakan sangat jarang terjadi. Konon ada cerita bahwa dulu pernah ada orang yang tidur dalam masjid dipindah tempatnya oleh Jin. Bahkan ada yang pernah dupukul oleh Jin penghuni Masjid
.


The investigation plan:
Quote:

emoticon-2 Jempol
Diubah oleh arizandro 30-06-2014 06:08
0
9.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan