alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Lampu Senter / Flashlight /
☚ ☚ ☚ ℱ.₳.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ☛ ☛ ☛
4.47 stars - based on 15 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009188274/q---tanya-jawab-seputar-senter

☚☚☚ ℱ.₳.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ☛

Tampilkan isi Thread
Halaman 270 dari 407
permisi, mau nanya seputar senter utk dimiliki dan sebagai equip bawaan sehari2

Spoiler for source 1xAA / 1x14500:


sebelum masuk ke forsen, sempat jalan2 n baca2 di web dan sempat bikin list

Spoiler for ListSentolop:


mungkin disini ada yang berkenan memberikan masukan senter mana yang layak dimiliki, atau mungkin ada saran dari pabrikan yang lain

seebelumnya saya tuliskan terimakasih atas perhatiannya emoticon-Smilie

regards,
-wd-
Diubah oleh uneeku
Quote:


Armytek partner a1
Quote:

logika dasarnya listrik AC dimana RMS voltage 220v, tapi peak to peak bisa 300v lebih.
led sendiri juga ada perubahan chromatic dari arus yg masuk ke led. contoh XML dimana 350mA, 1A, 2A, 3A, dan 4,5A, terjadi sedikit perubahan warna.
paling sederhananya, sebuah filter merah, bila dikasi cahaya putih 100lm dan 1000lm, merah yg dihasilkan berbeda. jarak sumber cahaya ke filter, dekat atau jauh juga berbeda.
lebih sederhananya lagi speaker. tapi speaker memang tidak bisa disamakan dengan led, karena keterbatasan yg dapat dimainkan pada led.

tint tetap ada. bisa diminimalisirkan dan juga bisa dimaksimalkan, tapi memang gak bisa dihilangkan.

Maaf klo oot mau nanya kalau tritium pecah efeknya apa ya?
Quote:


maksudku apa hubungan ( pwm = pulse with modulation kalo ane gak salh inget) dengan color tint????? ente jelasin puanjang lebar itu gak ada bahas pwm sama sekali... itu bahas voltage dan curent ( v dan i ) emang kedua faktor itu bs membuat color tint sedikit berbeda jila led tetsebut di under atau over driven. pwm nya mana???? setau ane gan yang pengetahuan ane masalah elektro msh dangkal, pwm pada driver itu berfungsi untuk putus nyambungin arus ke led dengan frequensi tertentu untuk mendapat kan mode tertentu ( low misalnya ) lha kalo di hubungin dengan ngakali color tint itu kok aneh menurut ane. kalo led ingin berubah color tintnya misal xml netral white pengen jadi cool white gampang gan. kasi aja tegangan 3,7v dengan arus 10amper tak jamin jadi cool white tar color tintnya. malah ada bonus warna birunya gan emoticon-Traveller

ane cuma ngelindur gan. hehehe
Quote:


mas kukuh tak jawab disini ya. tritium itu unsur radio aktif walaupun di terhitung residu radio aktif dengan nama lain hidrogen3. tritium dah dinyatakan aman yang sudah di masukin tabung kaca boro silikat. kalo pecah??? asal waktu pecah gak langsung bersinggungan dg organ/kulit kita,tidak tertelan,tidak terhirup( tritium berwujud gas) kontak dengan organ tubuh secara langsung(tabung kaca pecah)bisa menyebabkan penyimpangan atau mutasi sel tubuh(karsinogen). harap sangat hati hati kalo nyimpen atau mau masang tritium.
PWM : Pulse-width modulation

bahasa awam nya : on-off-on (dalam rentang waktu se-permilidetik)
bahasa canggihnya : monggo...silahkan di klik tulisan yg di bold biru....emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh Buying $elling
saya review post saya sebelumnya.

Quote:


Quote:


saya tidak mengatakan menggunakan PWM untuk mengubah neutral white menjadi cool white, tapi saya sedang membahas meminimalisirkan tint yg tidak diinginkan yg kadang berwarna kuning-kehijauan, kuning-kebiruan, ataupun biru kehijauan, yg biasa timbul di cool white led.
sebagian orang mengatakan menggunakan PWM bisa menghilangkan total kuning-kehijauan, kuning-kebiruan, ataupun biru kehijauan dari cool white led, tapi dari pengalaman saya, tint tsb tidak hilang. hanya saja tidak begitu terlihat.

mengenai logika mengapa bisa demikian? saya sudah kasih tau konsep dasar logic PWM. mengerti atau tidak, bisa atau tidak, silahkan coba sendiri.

dan mengenai xml yg lari 3,7v 10A,
jika kamu bisa membuat XML lari 10A, saya kasi jempol untuk kamu. record tertinggi yg saya tau adalah 7,5A
Quote:




Quote:


coba saya di kasi link orang orang yang bisa meminimalisir atau merubah color tint led ( pernyataan ente yang saya blok merah ). jujur ane ini taunya dari mbah google, ane ini newbie yang masih harus belajar. Dan ane gak bisa bikin xml lari gan, kalo bawa lari xml bisa, karena senter edc saya juga ada yang pake xml dan sering juga nemenin ane lari lari gan emoticon-Matabelo
Diubah oleh flashaholic
Quote:


ni ada hubungannya sama pelajaran fisika dulu masi jaman sekola ga ya? yg me-ji-ku-hi-bi-ni-u emoticon-Amazed

nonetheless, makasi dah jawab gan emoticon-thumbsupemoticon-shakehand

Quote:

kamsudnya cmana ni om? emoticon-Amazed

suka sebagai penggunaan pribadi ato suka sebagai barang dagangan neh emoticon-Peace

Quote:


thx for the answeremoticon-thumbsup

btw, yg gw bold, itu ga typo dan maksud sebenernya itu Neutral White ya? emoticon-Amazed

apa jangan2 gw yg gagal paham neh emoticon-Hammer
Quote:


wah... jd makin penasaran neh maen2 thrower dengan Neutral White ditempat berkabut seperti apa yaa emoticon-Amazed

tapi buat tikus juga dia lebi cepet noticed cool white ya? malah langsung kabur emoticon-Ngakak (S)

thx for the answer emoticon-thumbsupemoticon-shakehand

Quote:


thx gan, mantab banget jawaban luh, beda emang ne dukun senter emoticon-thumbsupemoticon-shakehandemoticon-Ngakak (S)

pecaya dah selera luh kalo Neutral White, itu triple dari kediri dirumah jd favorit buat ceiling bounce kalo mati lampu, udah banyak kerja keras dia emoticon-thumbsupemoticon-Ngakak (S)

Quote:


ok gan, makasih jawabannya emoticon-thumbsupemoticon-shakehand
nubie ikut juga gan.

kalo saya suka cool whitenya XM-L atau XP-G S2 gan. putih tapi agak kekuningan dikit.

kalo outdoor di perkotaan, cool white saya rasa udah cukup gan. kecuali kalo outdoor masuk hutan atau pedalaman, mungkin neutral white atau warm white yang berguna.

emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:


ikut nyamber kek bajaj ye gan emoticon-Cool

IMHO, kalo buat penerangan jarak 100-300 meter, keknya lebih baik pertimbangin format batre yg lain. gw menganjurkan untuk sekalian naek kelas ke 1x18650 sii.. ato setidak2nya 2xAA deh. penggunaan jarak 100-300 meter buat gw bakalan berbeda sama senter yg gw pake untuk jarak dekat. thrower dipaksain buat penggunaan jarak dekat malah ga enak, kalo mode low, agak kekecilan cakupan cahayanya, dinaekin ke mode lebi tinggi.. silaauu meen! emoticon-Ngakak (S)

yg jd EDC gw bbrp bulan ini untuk sehari2 dan jarak dekat, Saber 1A (bukan versi terbaru), dan gw sangat puas. spacing (jarak antara mode) nya gw demen banget...low (moonlight)nya bener2 low... jd kalo masuk kamar anak2 tengah malem, gw bisa pake moonlight dan ga akan ngeganggu mereka yg lg tidur, untuk ngecek pipinya digigit nyamuk sekalipun emoticon-Smilie

medium nya udah cukup buat kegunaan gw pribadi, khususnya yg jarak dekat, kek ganti accu mobil bini malem2 emoticon-Nohope high mode nya lumayan bikin senyum... meski cuman dikisaran 169 lumens.

gw juga seneng dengan ukurannya yg super compact, gw ga ada masalah sama sekali dengan hanya twist mechanism, malah besukur krn ga pernah kejadian nyala ga sengaja dikantong. gw pun sangat senang bahwa untuk ganti2 mode, kaga perlu lewat disco mode (strobe) emoticon-Busa:

untuk versi 2014nya, gw liat Saber dijual dengan 2 body berbeda untuk 1 head, bisa pake 1xAA atau 1xCR123 emoticon-Smilie

selaen itu, yg banyak disuka disini sepertinya itu Zebralight SC52, Olight s15 & Armytek Partner

Have fun! emoticon-Angkat Beer
Ini cuma menjembatani saja, cuma dari pengalaman juga. Sebetulnya bukan PWM-nya yang bikin tint hijaunya hilang tapi lebih karena underdriven-nya karena saya punya senter yang linear drive itu pada wkt mode medium dan low itu lebih tidak keliatan tint hijaunya.

@Flashaholic & Sawang13, maksudnya flashaholic sih itu saya bilang guyon sarkasme waktu bilang overdriven 10A karena itu pasti kaput LEDnya makanya keluar warna biru duluan.

@coffeeman : iya khusus untuk senter thrower dengan tujuan membikin orang lebih cepat notice, saya prefer cool white tint. Tapi kalau untuk yang saya perlu pelototin kembali maka saya prefer neutral white.
Quote:


thx jawabannya gan emoticon-thumbsupemoticon-shakehand

jd berimbang neh cool white dan neutral white..

memang kembali pada penggunaan dan selera emoticon-Smilie

Quote:


thx gan emoticon-thumbsup

ga salah emang berarti penggunaan gw emoticon-Big Grin
Quote:


PWM vs constant current for driving LEDs
1 link cukup?

yg XML lari 7,5A juga perlu link?
Diubah oleh sawang13
Quote:


dikutip dari link yang agan sawang berikan :

Advantages of PWM:
1. No tint shift at lower settings. Most white LEDs tend to shift towards an ugly greenish tint when driven at low current. Since a PWM'd LED is always run at max power there's no tint shift no matter how low you run it.

1. Tidak ada pergeseran warna pada pengaturan rendah. Kebanyakan LED putih cenderung bergeser ke arah warna kehijauan jelek ketika didorong pada arus rendah. Karena LED PWM'd selalu dijalankan pada daya max tidak ada warna pergeseran tidak peduli ( di terjemahkan oleh google translate )

ini kalo pemahaman saya PWM pada driver tidak mengubah warna tint led. karena pwm selalu main di max power. jadi jika led ada bawaan tint unsur warna ijo tetap ada warna ijo. kesimpulan newbie seperti saya setelah baca artikel pwm tetap gak mengubah color tint. tidak ada pernyataan tentang pwm dapat mengubah warna / tint led. ini cuma kesimpulan pribadi dari newbie loh gan. untuk xml drive lari 7,5amper saya gak heran sama sekali, saya sering kok bawa lari xml 15km emoticon-Ngakak
Quote:


Quote:


terimakasih masukannya gan

Permisi agan agan semua mau minta pendapat nih. Saya perlu senter yang untuk standby di mobil terus. Batt pakai cr123 ( biar bisa awet kalau di simpan di mobil jadi kalau pas perlu tetap siap dan mungil)
Lumen nggak perlu terlalu besar (200 lumen cukup. Juga untuk kejar lama nyalanya)
Buget 250k max.
Thanks sebelumnya untuk saran nya.

Nb: sebelumnya saya pakai trustfire q5 1mode batt cr123 ( lupa type senternya) itu sudah cukup memadahi tapi terakhir saya kasih ke adik saya perempuan karena dia pobia gelap.
Diubah oleh henkijo
Quote:


ada XTAR WK21 gan mungkin bisa buat referensi agan
Quote:


Klo mo merk branded rasanya ga da yang harga segitu gan...
Nambah 100k lg bisa dapet Xtar WK21 yang dibilang om flashaholic di atas ato Olight i1...
Halaman 270 dari 407


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di