JustapeAvatar border
TS
Justape
RAGAM AKSARA NUSANTARA


Aksara Nusantara merupakan beragam aksara atau tulisan yang digunakan di Nusantara untuk secara khusus menuliskan bahasa daerah tertentu. Walaupun Abjad Arab dan Alfabet Latin juga seringkali digunakan untuk menuliskan bahasa daerah, istilah Aksara Nusantara seringkali dikaitkan dengan aksara hasil inkulturisasi kebudayaan India sebelum berkembangnya Agama Islam di Nusantara dan sebelum kolonialisasi bangsa-bangsa Eropa di Nusantara. Berbagai macam media tulis dan alat tulis digunakan untuk menuliskan Aksara Nusantara. Media tulis untuk prasasti antara lain meliputi batu, kayu, tanduk hewan, lempengan emas, lempengan perak, tempengan tembaga, dan lempengan perunggu; tulisan dibuat dengan alat tulis berupa pahat. Media tulis untuk naskah antara lain meliputi daun lontar, daun nipah, janur kelapa, bilah bambu, kulit kayu, kertas lokal, kertas impor, dan kain; tulisan dibuat dengan alat tulis berupa pisau atau pena dan tinta.

Dibawah ini akan ane share wawasan tentang ragam Aksara daerah yang ada di Nusantara, bersumber dari Wikipedia dan picnya dari google.



Spoiler for Aksara Jawa:


Spoiler for Aksara Lampung:


Spoiler for Aksara Sunda Baku:


Spoiler for AKsara Bali:



Pandangan TS : Lestarikan serta tumbuh kembangkan pusaka tata bahasa dan tulisan di berbagai wilayah di Nusantara emoticon-I Love Indonesia (S)


Dipersilahkan bagi bradah & sistah jika ada yang ingin menambahkan pustaka aksara daerah lainnya emoticon-Cool

Dan....

Ane gak akan menolak jika dari thread ini agan2 melempar dengan emoticon-Cendol (S), cukup terbantu jika ada memberi emoticon-Rate 5 Star, akan bahagia jika banyak yang coment membangun dan pada alhirnya ane berterimakasih untuk semua respon yang diberikan oleh agan2 semua emoticon-Cool


emoticon-SalamanTAMBAHAN DARI AGAN2 PEMERHATI BUDAYA emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:


Quote:



Quote:







Diubah oleh Justape 09-05-2014 12:52
0
16.7K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan