radheadewiAvatar border
TS
radheadewi
Curhat Ane Bekas Tinggal di Negara yang Lebih Eco Friendly dari Indonesia
Selamat datang di trit ane yang pertama di Green Lifestyle

To the point aja ya gan, ane mau cerita pengalaman ane yang berhubungan sama Green Lifestyle waktu ane ikutan pertukaran pelajar ke Italia. Menurut ane, Italia emang bukan negara yang eco friendly banget, tapi, masih jauh lebih mending daripada Indonesia yang menurut ane sangat tidak ramah lingkungan. emoticon-Sorry

Ane dulu tinggal di kota Cesena, gan, setahun, pada 2010 - 2011. Penduduk Cesena berjumlah kurang lebih 100 ribu orang.
Spoiler for Cesena:


Di Cesena, hampir setiap rumah punya mobil. Mobil nya sebagian besar mobil berkapasitas 4 - 5 orang (kayak Honda Jazz). Meski punya mobil, orang-orang sangat mengutamakan jalan kaki atau naik sepeda. Alat transportasi umum berupa bis menjangkau semua sudut kota, dilengkapi kamera CCTV (aman), dan murah, sehingga banyak orang tidak ragu naik bis. Jalur sepeda pun tersedia di sepanjang jalan dan diberi pembatas, sehingga sangat aman bahkan buat ngebut sekalipun. Anak-anak sekolah naik sepeda, sedikit banget yang naik sepeda motor seperti di Indonesia.
Spoiler for SMA di Cesena:


Yang ane salut, keluarga angkat ane selama di sana sangat peduli dengan lingkungan. Mereka dengan rapi membuat lima jenis tempat sampah, yakni sampah basah, sampah kertas, sampah plastik, sampah kaca, dan sampah tak terkategori. Sampah tersebut dibuang ke tempat sampah terdekat yang juga terdiri dari lima kategori tersebut.

Di rumah tersebut, ane ngga pernah lihat kantong plastik yang populer di Indonesia! Di Supermarket pun ngga pernah memberikan kantong plastik. Ibu angkat ane selalu membawa tas kain yang besar dan banyak jumlahnya saat berbelanja. Ane ngga pernah berbelanja di toko, baik toko jajanan, toko alat tulis, toko buku dikasih kantong plastik. Paling ane pernah dikasih kantong kertas coklat tipis waktu beli buku.

Spoiler for Tas Belanjaan Ibu Angkat Ane:

Spoiler for Kantong Plastik Indonesia:

Spoiler for Kantong kertas coklat tipis:


Kamar mandi dan toilet pun mempunyai sistem yang hemat air, dengan shower otomatis mati setelah beberapa menit, dan bisa dinyalakan lagi setelah semenit. Pemanas ruangan pun hanya dipakai ketika dingin sangat menyergap. Mencuci baju dengan tangan sangat terlarang, karena sangat boros air. Air di sana barang yang langka, gan. Ngga kayak di Indonesia, berlimpah ruah.

Pas ane balik ke Indonesia, mata ane sangat terbuka dengan kondisi di negeri ini. Menurut ane, orang-orang Indonesia sebagian besar masih sangat tidak peduli dengan lingkungan. Ane asli Banjarbaru, Kalimantan Selatan, gan. Penggundulan hutan di sini jumlahnya dramatis. Kendaraan bermotor jumlahnya luar biasa jika dibandingkan dengan negara-negara di Eropa. Ane maklum kalau penduduk Indonesia memang jumlahnya banyak, tapi di Indonesia, jarang banget ada transportasi umum. Rumah ane di Banjarbaru aja ngga terjangkau angkutan umum, padahal ane tinggal di tengah kota.

Di rumah ane, sampah basah, kertas, plastik, kaca, dll, digabung jadi satu. Ane sudah usaha memisahkan sampah basah dan sampah kering. Tapi ortu ane dan adik-adik malah ngebuang itu tempat sampah gan (ane sediain tempat plastik khusus sampah basah) emoticon-Turut BerdukaMereka malah ngetawain. TPA di komplek ane lumayan deket, tapi adek dan ortu ane tiap buang sampah, selalu naik motor, ngga mau jalan. Waktu ane jalan kaki ke TPA, ane diketawain emoticon-Turut Berduka Sungguh, ane stress gan, ngelihat kelakuan yang ngerusak bumi kayak gitu.

Ortu ane gengsi banget naik sepeda motor gan, maunya naik mobil kemana-mana dan maunya mobil berkapasitas 8 orang, padahal cuma dipakai 1-2 orang, yaitu ayah atau ibu ane. Ane pernah naik sepeda gan kemana-mana. Dulu pas SMA, tiap hari ane terpaksa naik motor ke sekolah karena harus nganterin 2 adik dulu ke SD dan SMP. Sorenya, pas les bimbel, ane naik sepeda. Tetangga ane nyeletuk : "Ada acara apa, sih, tiap hari naik sepeda?" Keluarga ane juga ngetawain ane, bahkan temen-temen les ane sinis liat ane sepedaan emoticon-Turut Berduka . Ane cuma bisa geleng-geleng, gan. Di Indonesia, green lifestyle itu diketawain dan dipandang sinis.

Sekarang, pas kuliah kebiasaan temen-temen ane yang parah banget menurut ane, yakni pas makan. Masa ada yang beli makan di wadah plastik, minta kantong plastik. Ngga sampai 5 menit, dia buka tuh kantong plastik, dan makan, terus dibuang ke tempat sampah, padahal ga kotor sama sekali emoticon-Turut Berduka Apa-apaan itu gan... Di luar sana, kantong plastik udah dianggap barang primitif, di negeri ini, kalau belanja ga dikasih kantong plastik, malah minta, dan ga dimanfaatkan berulang kali emoticon-Turut Berduka Sampai sekarang ane belum dapat cara untuk mengubah kebiasaan ini, gan. Yang bisa ane lakukan, sebisa mungkin ane ga menerima kantong plastik dari penjual. Tapi kadang ane lupa, karena jarang banget ada yang ngingetin, gan emoticon-Turut Berduka

Jujur aja, ane pengen banget lihat masyarakat Indonesia yang jumlahnya >250 juta menjadi eco friendly, gan. Tapi usaha untuk mewujudkan itu, masih sangat butuh kesabaran dan waktu. Maaf kalau trit ane kepanjangan dan lebay, tapi inilah suasana hati ane, gan. Ane cinta lingkungan, dan berharap sekali Indonesia bisa ramah lingkungan, sehingga udaranya lebih segar, manusianya lebih sehat, dan lebih sejahtera.

Terima kasih sudah baca trit curhat ane.
Diubah oleh radheadewi 17-10-2013 17:20
jonwongndeso
jonwongndeso memberi reputasi
1
128.5K
1.5K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan