nathanhaelAvatar border
TS
nathanhael
[KEYBOARD] Review Corsair Vengeance K95 Mechanical Gaming Keyboard
Newbie mau coba review salah satu mechanical keyboard yg paling jarang disebut apa lagi direkomendasikan di dunia mechanical keyboard wkwk emoticon-Ngakak (S)



Yup, gak salah lg yaitu Corsair Vengeance K95 Mechanical Gaming Keyboard dengan Cherry MX Red Switch
Produk ini merupakan keyboard variant tertinggi keluaran corsair setelah sebelumnya diduduki oleh sang adik, (Vengeance k90). Vengeance K90 pada masanya mendapat bnyk kecaman dan kritikan. emoticon-Berduka (S)
Semoga saja hal itu tidak terjadi sama saudaranya ini dan saudaranya satu lg yg katanya sedang dlm proses produksi (Vengeance RGB 2014) emoticon-Cendol (S)

Overview
- Full Mechanical Layout
- Cherry MX Red Switch
- Individually Customizable Backlit Keys
- 18 Programmable G-keys
- 6 Multimedia Keys
- Anti Ghosting 20-Key Rollover via USB
- Black anodized brushed aluminum chassis

Nah mari kita mulai detail reviewnya
Unboxing
Spoiler for Box:

Pertama kali lihat kotaknya sih biasa aja, tp setelah ane perhatiin dari dekat ternyata cukup bagus. Pada gambar keyboard, tulisan merek K95 vengeance, dan gambar close up detail-detail fitur keyboard di cetak emboss dengan lapisan bening seperti laminating. Lihat gambar keyboardnya, jangan lihat yg lain.

Spoiler for box2:
Di dlm kotak terdapat kotak lg dengan bahan yang cukup tebal. Ane teken dan pencet-pencet benaran tebal itu kotak karton. Yg di pencet kartonya, jgn pencet yg lain

Spoiler for Inside the box:
Terlihat keyboard beserta kabel tertata rapih di dalam, tp yang ane heran corsair ga pke bubble warp atau spons sejenisnya utk melindungi keyboard dri benturan. Mengingat bobotnya yg mayan berat jd agak riskan kalau jatuh. Corsair hanya menggunakan cover plastik biasa dan menghandalkan kotak karton coklat yg memang lumayan tebal.

Isi box:
- Keyboard K95 with cable
- Wristpad
- Dokumen
Spoiler for Documents:


Build

Tentu sebaga keyboard yg menyasar pangsa pasar high end userdengan harga yang cukup tinggi, saya pun mengekspetasikan standard yg tinggi. Ane yakin bukan cuma ane yg berharap demikian. Kaskuser yg lain juga pasti samaemoticon-I Love Kaskus (S)

Mari coba kita tengok
Spoiler for k95:

Spoiler for k95:

Spoiler for Perbandingan dgn logitech G510:

Pertama kali lihat, yg sangat ketara adalah keyboard layout nya. Dengan adanya penambahan macro/G-Keys membuat keyboard ini terlihat lebih panjang dari pada keyboard pada umumnya. Serta dilengkapi multimedia keys.

Kemudian jarak antara keycaps dgn dasar bawah cukup jauh emoticon-Ngakak (S)
Kalo diperhatikan sih sebenarnya sama aja dgn keyboard mechanical lain, cuman design corsair yg simple namun cukup unik membuatnya terlihat sangat berbeda dari mechanical keyboard lain.
Corsair mengilangkan bezel/frame (maap klo slh sebutemoticon-Malu (S)) yg biasa ada pada keyboard umumnya, yaitu semacam tutup body yg mengelilingi tombol-tombol sesuai dengan segmen"nya. Contohnya : Esc, Numpad, tombol F1 sampai F5, F6 sampai F9 dan lain-lain.

Oke, Itu semua yg terlihat dari luar. Skrg bahas yg diraba-raba. Yg diraba keyboard nya, jangan yg lain
Spoiler for Vengeance:

Spoiler for Vengeance:
Bermodalkan aluminium unibody dgn tebal kurang lebih 2mm, jelas keyboard ini terasa sangat rigit dan kokoh. Serta kesan premium yg di berikan sangat kental. Thumbs up untuk hal ini emoticon-thumbsupemoticon-thumbsupemoticon-thumbsupemoticon-thumbsup
Thumbs up loh ya, bukan hands up, klo hands up surrender namanya emoticon-Hammer (S)

Pada saat digunakan dlm ruangan AC, aluminiumnya dgn sgt cepat mengikuti suhu sekitar. Jd ane sering raba-raba body nya hanya untuk sekedar sensai dingin. Perlu di catat, Gejala setrum menyetrum yg bnyk di bicarakan org tidak ane rasakan di keyboard ini. Sepertinya grounding sudah di sempurnakan oleh corsair. emoticon-shakehand

Tapi ya...ane sedikit kecewa pas liat daerah G-Keys yg masih menggunakan plastic ABS emoticon-Najis (S). IMHO, sepertinya alasan cost production akan keluar dri mulut pihak corsair sebagai jawaban dri pertanyaan "Lah knpa ga sekalian semuanya di bikin aluminium??"
Padahal hal ini merupakan salah satu kritikan yg di lemparkan pada pendahulunya (Vengeance K90).
Spoiler for G-Keys:
Spoiler for G-Keys:
Setelah ane sidik lebih lanjut, trnyta ABS Plastic nya cukup tebal dan tidak kopong. Dan yang lebih mennenangkan lg, trnyta dudukan G-Keys switches nya menggunakan plat besi. Setidaknya satu tingkat lah di atas plastic emoticon-thumbsup


Pada bagian bawah keyboard, seluruhnya di kemas dengan bahan ABS yg juga cukup tebal. Saya coba ketok-ketok suara yg di keluarkan tidak memalukan, tetap terkesan rigit. Tp ada yg ane kecewakan di sini. yaitu adanya plastic feet yg menurut ane bikin kacau jika keyboard digunakan dengan extended legs dilipat. Rubber feet ada 4 dan plastic feet ada 3. Nah karna rubber feet di corsair ini konturnya sangat empuk, maka plastic feet mendominasi. Bukan rubber yg berpijak, tp malah plasticnya.
Dampaknya apa? jika extended legs di lipat keyboard gampang bergeser bila di senggol dari kiri. (3 plastic feet letaknya di daerah kiri)
Spoiler for Bottom keyboard:
Solusi? ente harus merentangkan extended legs supaya posisi keyboard lbh stabil dan tidak gampang geser.


Cable wire
Menggunakan braided cabel dgn kualitas yg sangat baik dan sangat tebal, tebal karena ada fitur USB pass through (port usb tambahan pada keyboard). Namun sayangnya masih menggunakan ports usb biasa, yaitu USB 2.0 dan belum Gold plated.
Spoiler for maaf lupa foto ujung USB nya:



KEYS / Switches

Yup bener, sebagai produk penyempurna dari K90 pendahulunya, keyboard ini sudah di persenjatai dengan 100% Full mechanical switches. Inget kan dlu Vengeance K90 di bully-bully sebagai mechanical keyboard banci, alias setengah jadi, setengah hati emoticon-Ngakak (S)karena hanya main keys nya aja yg pake mechanical.

- Switch yg di gunakan adalah Cherry MX Red Switches
- Stabilizer cherry MX juga

Cheery MX Red Switch benar-benar sangat empuk. saking empuk dan mulusnya ane suka slh pencet atau lupa sudah di pencet atau belum emoticon-Malu (S). Sepertinya ane lebih cocok Black switch yg lebih berat atau Blue switch yg berisik dan ada tactical supaya lebih berasa feedback dri switch nya.
Spoiler for G-keys lagi:
Spoiler for switches:
Spoiler for Rubber Dome:
Ternyta tidak semua tombol di keyboard ini mechanical, masih ada yg rubber dome. Yaitu multimedia keys. Tdk masalah menurut ane, toh dgn adanya tombol multimedia saja sdh bagus dan lumayan klo lg kangen rubber dome bisa pencet-pencet daerah sini. emoticon-Peace



KEYCAPS

Keycaps menggunakan bahan ABS dengan lapisan cat yg sangat tebal. Bahan cat seperti doff (sedikit kasar) dengan teknik pengecatan UV Coating.
Jujur pertama kal pakai jari jemari sangat kagok. bahannya ga enak bgt kena kulit emoticon-Cape d... (S)kasar-kasar gimana gitu. beda sama rubber coating. Tp lama kelamaan ane terbiasa dan lama-lama cat sudah tidak terasa kasar lg, entah terkikis krna sering dilap atau memang sdh terbiasa.
Sepertinya lapisan kasarnya diakibatkan dri finishing cat yg kurang baik. CMIIW

Satu lg, lapisan catnya semakin kasar dibagian sisi depan semua keycpas, gampangnya raba-raba sisi depan F keys. Ane ampe ngilu sendiri pas raba-raba, seperti raba papan kapur (Maklum ane dari kampung, jd sempet ngerasaain papan dan kapur sarjana). Inget ya yg diraba F keys, jangan yg lain. Klo yg lain ane ga tanggung jawab.

Spoiler for Logo sudah menggunakan Windows 8:

Spoiler for keycaps:
Terlihat G-keys keycaps lebih pendek dari tombol lainnya, selisih sekitar 3mm yg menurut ane pribadi cukup bikin kagok pas kelingking atau jari manis ane mau pencet tombol g-keys dengan posisi jari-jari lain masih stand by di atas tombol WASD.


Nih saking kasarnya lapisan depan keycaps, kuku ane ampe kegores di keycap nya sewaktu lepasin keycap dari switch. Setara ama Amplas 3000,Jenis amplas yang paling halus, klo dalam dunia amplas di bilang super halus, tp klo di dlm dunia keycaps?? You name it lah emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Spoiler for Amplas 3000 :

Spoiler for Amplas 3000 setelah di bersihkan:



Wrist-Rest

Ada yg unik di sini, yaitu selain 2 mounting standard, terdapat juga 2 mounting tambahan yg berupa skrup agar dapat dibaut pada keyboar. Sepertinya corsair benar-benar menjaga agar wristrest nya tidak akan pernah terlepas walaupun keyboard ini di lempar emoticon-Ngakak (S)
Spoiler for Wrist-rest:
Spoiler for wrist-rest:
Spoiler for karet pada mounting wrist-rest:
Corsair benar-benar memperhatikan sektor ini. Terbukti dengan adanya baut serta karet di bagian mounting yg melindungi agar aluminium body keyboard tidak tergores saat cabut pasang wrist-rest ini.

Wrist-rest ini sendiri dibalut dengan soft rubber coating. Dimana bahan ini terasa sangat nyaman pada kulit, apa lg dgn hasil finishing sehalus ini betul-betul menjadikannya nilai plus.



Features

- Key-by-key customizable backlighting, 4 Mode
Bisa atur tombol mana yg nyala lampunya. Warna LED fixed white dgn 3 tingkat pencahayaan. Sangat terang, ane cukup pake tingkat paling redup.
Mode pencahayaan mengikuti tombol yg kita pencet jg ada. Jd total ada 4 Mode (Key by key, Follow fingers, Full On, OFF)emoticon-thumbsup
Spoiler for Key-by-key customizable backlighting:


-Macro Keys/ G-Keys
Mampu menyimpan 3 set profile macro dari 18 G-Keys. Jd totalnya 54 macro.
Ada opsi untuk mengregister fungsi basic pada macro, seperti paste, copy dll.
Dengan dilengkapin on board memory, semua dpt dilakukan on the fly. tanpa dibutuhkan software. emoticon-thumbsup
Spoiler for 3 set macro switch (M1, M2, M3):


- Multimedia Keys
Salah satu alasan ane memili keyboard ini krna ada tombol independen untuk multimedia. Kebanyakan mechanical keyboard lain menyempatkannya pada Fn key yg menurut ane repot musti pencet Fn dulu
Volume keys model scroll. sangat-sangat memudahkan.
Spoiler for Multimedia Keys:


- USB Pass Through and selectable BIOS mode
Spoiler for USB Pass through:


Conclusion
Sebagai mechanical keyboard, corsair vengeance K95 memiliki nilai plus tersendiri. Yang mana menurut ane cukup menjanjikan dan memberikan kesan pengalaman berbeda dari yg lain. Tiga macro keys row, full mechanical build, aluminium construction, serta lighting system yg kompleks.

Berbahagia lah buat MMORPG gamers. krna memang keyboard ini di design untuk ente. Sedangkan untuk ane pribadi yg cuman gamer biasa dan jarang ngetik sebenarnya keyboard ini overkill emoticon-Malu (S)emoticon-Ngakak (S)

Pros
- Premium Build quality
- Full Mechanical
- Aluminium Construction
- Fitur Berlimpah
- Design Wrist-Rest dan Keyboard bagus (Relatif)
- Very bright LED
- Anti debu

Cons
- Lapisan bawah masih menggunakan plastic ABS
- Keyboard gampang geser jika extended legs di lipat
- USB belum gold plated (Relatif, lebih keren aja klo gold emoticon-Malu (S))

Harga? relatif
Menurut ane harga keyboard ini berbanding lurus dgn kualitas dan fitur yg diberikan. emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup

Sekian review dari newbie, mohon maaf klo berantakan dan bahasanya aneh.emoticon-Malu (S)
NB: Review ini diketik menggunakan Corsair Vengeance K95


Gallery Tambahan
Spoiler for 1:


Spoiler for 2:


Spoiler for 3:


Spoiler for 4:


Spoiler for 5:


Ini ad celah dispacebar, ane tutupin pake sticky note supaya ga msk debu
Spoiler for Modif dikit wkkwk:
Spoiler for modifdikit:
Diubah oleh nathanhael 05-05-2014 19:12
0
17.3K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan