jualinjualanAvatar border
TS
jualinjualan
KECEWA DAFTAR BPJS (pejabat bpjs tolong baca!!)
terimaksih buat moderator, admin, officer kaskus, serta kaskuser yg udah ngejadiin thread ini jadi HT


Spoiler for HT BPJS:


Sudah Hampir 2 Tahun Thread ini saya buat, semoga Thread ini bisa menjadi masukan buat pihak BPJS Kesehatan, dan wawasan buat para pembaca..
semoga mulai saat ini Tidak ada lagi calon peserta BPJS yg merasa kesulitan saat mengurus pendaftaran bpjs kesehatan. Terima Kasih.

assalamualaikum wr.wb.
Permisi gan saya mau cerita tentang pengalaman pribadi saya dalam proses membuat BPJS..
Saya tinggal di daerah koja, Jakarta Utara.
Awalnya rumah saya dekat sekali dengan kantor bpjs yg ada di jalan Enggano tanjung Priok, tetapi ketika saya mau membuat kartu bpjs di kantor cabang tersebut, ternyata kantornya sudah tutup.
Saya diberi tahu orang yg ada disitu, katanya kalau mau buat langsung ajah di pusat yg di jl. Let.jend suprapto, cempaka putih ( samping hotel c-one, sebrang itc ).

Kamis, 20-Maret-2014.
2 hari stelah saya dari kantor bpjs enggano yg tutup, saya dan adik saya yg ingin membuat kartu bpjs juga memutuskan untuk langsung ke bpjs cempaka putih (terpaksa saya izin kerja).
Sampai sana Jam 9 pagi, saya tanya ke satpam:
Saya: pak, kalau mau buat BPJS bagaimana prosesnya?
satpam: mas harus ambil nomor antrian dulu, tapi nomor antriannya sekarang udah abis mas, kalo mau besok subuh jam 5 ambil nomor kesini.
Saya: loh, ini kan baru jam 9 pak, masah sudah abis nomor antriannya, saya mau daftar yg bayar perbulan 60 ribu itu pak, bukan yg gratis.
Satpam: owh mas mau yg bayar, tunggu sebentar (si pak satpam mengambilkan formulis yg ad di posnya). Ini mas isi dulu kalau sudah langsung keloket kasih berkasnya sekalian bilang saja mau bikin yg bayar.
saya: *speeshless dan mikir panjang (kok aneh yaa)

Okelah skip, Setelah saya isi saya langsung ke loket dan ternyata benar saya langsung dilayani, tp agak diperuslit juga.
Semua persyaratan saya lengkap, tp proses pembuatan saya tidak dapat dilayani krn alasan saya harus membawa kartu kk yg asli, sementara saya hanya bwa fotocopyan saja.
(tp jelas2 di brosur yg dikasih satpam td, ada bacaan fotocopy ktp, dan fotocopy kartu kk)
Si mba2 loketnya nyruh saya datang besok lg, dan ini percakapan saya dengan mba nya:

Saya: mba kok cuma gara2 gk bawa kartu kk asli, gk boleh bikin? Ini di brosurnya boleh kok fotocopyan ajah.
Mba: (nada ketus) itu kan brosur kemaren, sekarang prosedurnya beda lagi pak.
Saya: tapi saya kerja mbak, gak mungkin saya izin kerja terus, masa gk bisa dibantu?
Mba: owh kalo gt, diwakilin ajah sama adiknya, bikin surat kuasa bermaterai seperti ini, ( sambil dia kasih contoh surat kuasa)
Dengan, perasaan sedikit kesal saya dan adik saya pun pulang.

Jumat, 21-Maret-2014.
Hari ini saya tidak ke kantor BPJS, tapi adik saya yg kesana. Karena dia mau bikin, sekalian saya titip semua berkas saya beserta surat kuasa bermaterai 6000 yg sudah saya buat seperti contoh yg mba bpjs kasih kemaren.
Adik saya sampai sana sebelum jam 8 pagi, kantornya pun belum buka.Sore hari setelah saya pulang kerja, saya langsung tanya apakah kartu bpjs saya udah jadi, begini percakapan saya.

Saya: gima kartu bpjs gw udah jadi.
Adik: belum, tadi cuma buat kartu bpjs saya ajah, itu pun jadinya hari selasa suruh balik lagi.
Saya: loh kenapa?
Adik: karna kata petugasnya gak boleh diwakilin kalau saya juga buat, kecuali kalau saya gk buat kartu bpjs, baru boleh diwakilin.
Saya: HAH!!!??? Kemaren kan katanya bisa.
Adik: iya katanya sekarang gak bisa, terus td banyak calo juga, dia nawarin mau dibantu gak dibuat, terus gw bilang gak usah, biar besok kakak saya kesini ajah (calonya orang dalem juga)
Saya: (kesel bgt) ywdah ntr deh senen/selasa gw kesana lg.

Selasa, 25-maret-2014.
Hari ini saya ke kantor bpjs cempaka putih lagi, karena saya ada kerjaan dikantor jadi saya masuk kantor sebentar dan izin lg ( gak enak sama bos, saya disangka bohong masa izin terus bikin kartu ajah gk jadi2)
Jam 10 pagi saya sampai, dan seperti biasa disana sudah ramai.
Karna saya sudah ada semua berkas, saya gak ke pos satpam lg. Saya langsung ke loket dan menyerahkan seluruh berkas saya.
Dan apa yg terjadi?? Begini percakapan saya dengan bapak2 belagu, sengak, dan ketus (petugas bpjs)

Saya: pak saya mau buat bpjs, ini persyaratan saya sudah lengkap baik yg asli dan fotocopyannya ada, kemaren sudah 2 hari saya buat gak bisa terus, sekarang harus jadi yak pak. (saya langsung to the point).

Saya pun kaget, mendengar jawaban si bapak sengak, begini:
Bapak: gak bisa mas, mas harus punya nomor antrian dulu, tpi sekarang sudah abis nomornya, (jam 10.15 pagi) kalau mau besok kesini lg jam 4 pagi buat ambil nomor antrian.

saya: (emosi memuncak) Woy pak!! Bapak mau mainin saya?? Saya sudah beberapa hari izin kerja mau buat bpjs, saya mau bayar pak!!! Kenapa harus dipersulit?? Kenapa setiap hari prosedurnya berubah?? (diliatin orang2 gan)
Bapak: (gugup) iya mas, maaf sekarang peratunnnya emang berubah.
Saya: Fuck lah!!!

jujur gan saya emosi bgt, saya langsung tinggal ajah.. Duduk dibawah tenda sambil menyelidiki keadaan sekitar..
Saya ngobrol sama bapak2 dan ibu2 yg daftar bpjs juga tp yg kelas 3 (gratis)
mereka: mas kenapa td marah2?
Saya: (saya jelasin dari awal kejadian)
Mereka: di sini mah banyak calonya mas, orang saya ajah dateng ke pos satpam jam 2 malem buat ambil nomor, dapetnya nomor 257.
Saya: hah?? Jam 2 malem? (gila waktunya orang istirahat masih harus berjuang ambil nomor, itu pun udah nomor jauh gan 200-an)
Mereka: coba ajah liat mas keadaan disini.

Setelah saya perhatiin, banyak juga calo yg tukang ambilin nomor gan, dan calonya adalah: satpam, OB, petugas bpjs (yg pake baju biru) sampe tukang parkir..

saya pun akhirnya pulang, hopeless gan, persyaratan udah lengkap ajah masih dipersulit, apalagi saya ambil yg pakai premi sebulan 60ribu, karena buat saya ini program bagus, gpp deh bayar selain mendukung program bpjs, sekalian membantu orang2 juga. Tapi kenapa repoot bgt yaa? Katanya wajib tapi dipersulit.
Ane coba buka websitenya buat daftar online, haduuuuuh nih website down terus, apagi call center yg sibuuuuuuk muluuuu.
Sampai saat ini saya belum punya kartu bpjs gan, gak tau deh mau bikin kapan lg, jujur saya ada kerjaan dan gak enak sama perusahaan saya kalo saya harus izin kerja terus.. Tp apa pihak bpjs mau ngerti?

semoga karyawan bpjs kesehatan, dan pejabat tingginya bisa membaca ini, menjelas kepada saya, dan menjawab pertanyaan sya?
1. Sebenernya prosedur yg benar seperti apa? Baik yg urus gratis ataupun bayar?
2. Knp ngambil nomor mesti malam hari/ subuh, percuma dong yg datang pagi, kalah sama calo2 yg ngambilin nomor.

Saran saya, harusnya pengambilan nomor jgn dilakukan diluar jam kerja, itu gak fair karena banyak orang yg ngambil nomor banyak.
Lebih baik ambil nomor ketika kantor bpjs buka saja (jam 8 pagi), tp dibatasin misal 500 nomor, kalo gak kebagian, yah besok suruh antri ajah jam 8 pagi setelah kantor buka.

Ini sebenernya program bagus, ane ngedukung krn ini program kemanusiaan, tp banyak oknum keparat yg menyalahgunakan, dan buat pihak bpjs juga harusnya lebih ketat dalam sistem pembagian nomor, lebih baik buat sistem antrian ajah dikantor bpjs, jadi ketika dateng langsung ngantri ambil nomor, jangan paka ambil nomor jam 2 malem. Sekali lagi itu gak fair, coba bayangin yg si A rumahnya deket dia ngambil 5 nomor sekalian buat keluarganya, kalo ada 30 orang saja seperti Si A sudah ada 150 nomor keluar.
Nah si B yg rumah jauh, dateng pagi jam 8, bisa kebagian nomor 200 terpaksa dia harus nunggu paggilan.
Udah gitu si A datengnya siang pula, mentang2 udah megang nomor, jadi misalnya nomor antrian udah nomor 300, si A yg dpt nomor 70 dateng telat langsung dilayani..
Udah curang, gak antri, nyelak antrian pula...

Semoga cerita ini bisa jadi masukan dan koreksi buat pihak BPJS.
Semoga yg lain tidak mengalami hal serupa seperti saya.

**UPDATE:
- saya coba hubungin teman saya yg kerja di bpjs palembang, dia bilang kalo di palembang gak ada tuh sistem ambil nomor diluar jam kantor..jadi kalo mau buat silahkan dateng jam berapa ajah dan antri tapi dilayaninya tetap jam 8 pagi (ini lebih fair buat saya)

buat saya pribadi mungkin gak semua kantor BPJS Kesehatan seperti ini, ada juga kok yg buatnya gampang dan prosedurnya jelas..mungkin saya yg lagi apes ketemu oknum kaya begini.
jadi agan2 silajkan saja baca komentar2 dari kaskuser disini yg sudah buat biar tau lebih jelas, tidak hanya dari sudut pandang saya saja.

maaf kalo ada kata2 yg salah, mohon jangan dibata.. kalo memang bisa memberikan informasi dan masukan yg baik, saya tidak menolak cendolnya gan..

*Btw page one udah abis gak bisa posting dan quote lebih banyak utk taroh di page one.

Spoiler for pertanyaan yg masuk ke ane:


Komentar Agan2 yg udah buat BPJS dan masukan dari kaskuser
Spoiler for kata mereka:
Diubah oleh jualinjualan 22-02-2016 13:45
0
224.3K
1.1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan