kusmardiyantoAvatar border
TS
kusmardiyanto
[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
Bismillahir rohmanir rohim

Sebelumnya saya bingung akan saya taruh kemana thread ini, apa mau saya taruh di FS atau di DC. Setelah lama menimbang nimbang maka saya putuskan untuk saya taruh di DC. Petimbangan saya adalah kalau saya taruh di DC tentu saya akan mendapat masukan-masukan yang berharga yang berupa kritikan-kritikan, sehingga ini akan sangat bermanfaat bagi saya untuk penyempurnaan lebih lanjut. Oke saya mulai,

Apa Penciptaan itu?

Penciptaan adalah suatu pandangan theologis (Theological View). Kenapa? Karena Penciptaan itu tersimpulkan dari makna tersurat dari wahyu Tuhan yang ada dalam teks-teks Kitab Suci , dalam ayat-ayat-Nya (Al-Qur’an, yang ada pada kita). Banyak ayat-ayat-Nya yang menunjukkan Penciptaan, diantaranya

QS 10 ayat 3, lafalnya, “ inna robbakumul lohul ladzi kholaqos- samawati wal ardho…”, yang artinya, “ Sesungguhnya robb (tuan, tuhan) kalian adalah Alloh (swt) yang (telah) menciptakan langit-langit dan bumi…”

QS 7 ayat 54, lafalnya, “ …ala lahul kholqu wal amr …”, yang artinya, “ …ingatlah bagi (hak) Dia (Alloh swt) penciptaan dan urusan…”

QS 25 ayat 2, lafalnya, “…wa kholaqo kulla syai-in faqoddarhu taqdiro…”, yang artinya, “ …dan (Dia, Alloh swt) menciptakan segala sesuatu lalu menetapkan takdir (nya)…”

Jadi jelas bahwa Penciptaan adalah suatu pandangan theologis. Suatu pandangan theologis bukan berarti tidak bersentuhan dengan kenyataan, ya tentu akan bersentuhan dengan kenyataan, karena dalam pandangan ini menganggap Tuhan sebagai sesuatu yang nyata adanya, dibuktikan dengan adanya wahyu Tuhan itu sendiri. Oleh karena sebagai suatu pandangan theologis maka pengingkaran terhadap Penciptaan dengan sendirinya menunjukkan ketidak- berimanan.

Penciptaan adalah konsepsi dari manusia (Human’s Conception). Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak manusia yang memikirkan dan mengkonsep tentang Penciptaan. Karena manusia itu bermacam-macam ya konsepsinya tentang Penciptaan juga bermacam-macam. Ada Penciptaan menurut seorang Muslim, Kristen , Yahudi, Hindu, dll. Dan tentu saja Konsep Penciptaan menurut seorang Muslim akan berbeda dengan seorang Kristen dan lainnya. Konsepsi Penciptaan menurut seorang Muslim itu terinspirasi oleh Kitab Sucinya (Al-Qur’an), dan ini bisa tepat dan bisa tidak tepat tergantung kepada ketepatan penafsiran atas Kitab Sucinya (Al-Qur’an), dan oleh sebab ini boleh jadi konsep Penciptaan seorang Muslim berbeda dengan Muslim lainnya. Tapi bisa juga konsepsi seseorang tentang Penciptaan adalah murni dari pemikiran orang itu sendiri.

Penciptaan sebagai teori sains (Science Theory). Nah ini perlu dirumuskan, tapi nampaknya belum ada yang merumuskannya karena hampir semua penganut Penciptaan merasa cukup dengan konsepsinya masing-masing tanpa atau belum sempat merumuskan hal ini. Penciptaan sebagai teori sains membutuhkan asumsi-asumsi dasar, pendefinisian, methode-methode, dll. Misalnya asumsi dasarnya diantaranya adalah adanya Sang Pencipta (Tuhan), karena nggak mungkin Penciptaan tanpa adanya Sang Pencipta. Definisi Penciptaan, misalnya, Penciptaan adalah suatu proses pengadaan dari suatu yang tidak ada (atau belum bisa disebut ada itu) menjadi ada, misalnya manusia diciptakan dari pertemuan sperma dan sel telur (yang belum bisa diisebut sebagai manusia) lalu berproses di dalam rahim…dst…menjadi manusia . Dan ini memerlukan perumusan yang sungguh-sungguh, tapi biarlah nanti orang belakangan yang merumuskan ya bagi yang berminat. Dan suatu teori dibuat untuk menjelaskan suatu fakta yang diamati.

Selanjutnya saya akan fokus pada Penciptaan menurut konsepsi saya sebagai seorang Muslim.

1. Keniscayaan Penciptaan
2. Bagaimana Penciptaan Itu
3. Apa Yang Diciptakan?
4. Awal Penciptaan
5. Penciptaan (7 lapis) Langit dan Bumi
6. Definisi Penciptaan
7. Penciptaan Manusia
8.Penciptaan Makhluk Hidup Lain
9. Keragaman Makhluk Hidup Berdasarkan Penciptaan
Diubah oleh kusmardiyanto 01-06-2014 02:18
anakjahanam721
pakisal212
pakisal212 dan anakjahanam721 memberi reputasi
0
166.9K
4.4K
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan