CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ngerasa Pinter? Pemikir? Filsuf? jawab pertanyaan ini!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/533634d0faca1731070003b9/ngerasa-pinter-pemikir-filsuf-jawab-pertanyaan-ini

Ngerasa Pinter? Pemikir? Filsuf? jawab pertanyaan ini!!

Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 4
Quote:


Setuju gan..
ane pengen jawab tapi takut otak ts gak nyampe, terpukul, kemudian emosi emoticon-Cool.

Silahkan TS ke sf DC

Maunambahain

Ane mau nambahin aja dari komen di atas ane.

Jadi gan, di Alquran surat Al-Baqoroh ayat 30 dijelaskan dengan gamblang bahwa manusia itu di dunia diturunkan agar menjadi khalifah. Kalau cerita mengenai Adam dan Hawa memakan buah terlarang itu bukanlah penyebab utama manusia turun ke bumi.

Kutipan ayatnya:

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".
Karena salah satu sifat Tuhan adalah Maha Berkehendak.
Silahkan anda ajukan pertanyaan itu jika anda sudah berhasil mengetahui apa kehendak Tuhan hingga saat ini. emoticon-Big Grin
orang atheis kayaknya lebih mudah menjawabnya emoticon-Big Grin
TS nya ga jelas,
Udah jelaskan itu pertanyaan yg terlalu rasional soal Allah, sedangkan banyal hal2 yg tidak bisa dilogika,

Even angle ask, buku pemurtadan umat,
Ada takdir mubram dan ada takdir muallaq gan, Allah SWT selalu memberikan pilihan, arti kebaikan dan keburukan sama saja seperti surga dan neraka. emoticon-Big Grin
Spoiler for HERE:


Kejahatan berasal dr setan/iblis. Setan/iblis adalah ciptaan Tuhan.


Spoiler for HERE:


Dosa Adam tidak diturunkan ke anak cucunya tapi dampak dr dosa tersebut yang dirasakan anak cucunya. Bedakan kedua hal tersebut.


Spoiler for lagi:


Sudah tapi ada setan/iblis yang memang mendapat ijin langsung dr Tuhan utk berupaya menyesatkan manusia termasuk membuat kerusakan di bumi.


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
ane coba ah... hehehe emoticon-Malu
sebenernya kalo kata om einstein tuhan ntu kaga nyiptain kejahatan, katanye kejahatan ntu karena ketidak ada an kebaikan makanya disebut jahat sama kayak dingin tuhan kaga nyiptain dingin yang ada ketik ada an dari panas, emoticon-Matabelo


kalo masalah adam sih cepat ato lambat pasti diturunin ke bumi kan uda tujuannya ngerawat bumi, munkin kalo nggak di goda setanpun tetep turun ke bumi cuma ceritannya jadi agak beda aja, emoticon-Ngakak emoticon-Sorry

hmmm... kalo yang pertanyaan terakhir.... ane jawab dari awaban pertanyaan no 1 ye... terus kalo kejahatan kaga' ada apa yang nyebapin masalah selama ini.... kalo di agama agama sih namanya nafsu bisa disebut juga keinginan, passion dll lah, dan kalo perasaan ntu kaga bisa dikendalikan ya masalah2 kaya biasanya gini yang timbul, tapi kalau dari awal manusia kagapunya perasaan itu dari jaman adam sampe sekarang kehidupannya ntar statis gan kaga ada kemajuan, kaga ada iph*ne, tipi, sendal, topi, dll karena manusia kaga ada keinginan jadi kaga bisa berkembang kurang lebih kaya gitu lah emoticon-Malu
Coba tonton di discovery science yang acaranya dibawain morgan freeman. Salah satu episode ada judul free will.
saya pernah diposisi TS.. Mempertanyakan hal selogika dan bagaimana semua buruk itu ada kalau memang sudah ditakdirkan Tuhan
intinya di acara itu, takdir bisa saja ada dan kehendak bebas bisa saja ilusi. Tapi kitakan ga pernah tau itu.. Kenyataannya di tingkat sub atom ato apa gitu (lupa), semua seperti sudah ditetapkan bagaimana dia ada dan lalu tiada. Dan itu tidak seperti perlu campur tangan Tuhan juga.. Jadi kayak emang harus jalannya gitu...
coba tonton deh... Set ulang lagi, dunia kamu kira-kira perlu ada Tuhan ato tidak.
Quote:


niat ane sih gak Debat, cuman mancing kitanya aja menanbah iman dengan berpikir kritis. emoticon-Sorry
Jujur gabisa gue ngejawabnya.. Wkwkw.. Bukan pemikir sih
Bedain dulu deh antara Takdir dan Nasib, pertanyaan ente terlalu retorika.

Takdir itu tidak bisa dirubah, contoh: kematian, kelahiran, jenis kelamin, bencana alam, dsb
Sedangkan Nasib itu masih bisa dirubah, contoh kepala ente bocor waktu ente jatuh dari motor, lalu kenapa sy bilang nasib bisa dirubah, ya karena kepala agan gak akan bocor kalo agan pake helm.

Simple kan?!

Lalu kenapa tuhan tidak menciptakan manusia itu agar semuanya menjadi baik?!
Itu tidak Fair gan, justru manusia itu sendiri lah yang berhak menentukan apakah dirinya ingin menjadi baik atau buruk, sehingga mereka sendiri juga yg akan menentukan posisinya di akhirat kelak.

Paham?
nyimak aja gan
ilmu ane belum nyampe
emoticon-Ngakak
Segala sesuatu terjadi atas izin dan kehendak-Nya. Ada yg diridhoi, ada juga yg tdk diridhoi tapi semua tetaup berjalan.
Manusia diberi hak untuk memilih dan bertanggung jawab atas ganjarannya.
Iblis memilih tidak sujud pada Nabi Adam,tidak bertobat,dilaknat sampai akhir zaman.
Nabi Adam dan Hawa memilih untuk memakan buah terlarang, diusir ke bumi, bertobat dan adalah peradaban manusia.
Pertanyaan agan sdh pernah dijawab einstein sblm kuliah...
Quote:


takdir seperti tempat-tempat tujuang yg bisa dicapai dengan cara apapun.
perjalanan ketempat itu adalah tujuan dari hidup.
tipe transportasinya adalah cara hidupnya.
batasan takdir td seperti begini. seseorang yg naik mobil bisa sampai, hanya saja tidak akan bisa melakukan perjalanan layaknya pesawat terbang. bukan tidak bisa sampai.
masalahnya adalah kemana orang ini ingin pergi. apakah ke tempat yg buruk atau yang baik. disitulah peran freewill.
nah tuhan hanya "preprogram" kemungkinan-kemungkinannya saja.

yg kedua saya jawab dengan pengaruh pikiran islam. krn saya islam. soalnya pertanyaannya bertanya soal pandangan agama. sementara ada banyak agama. dan islam sendiri sudah memberikan pandangan seperti apa tuhan. dan hal-hal apa yg dapat manusia pikirkan/pelajari.
eksistensi tuhan tidak sepenuhnya sama dengan ciptaannya. bagian-bagian yg sama adalah, tuhan hanya satu, tuhan tidak beranak, tuhan tidak diperanakkan dan tuhan tidak pernah tidak ada. nah point terakhir adalah satu konsep tuhan dalam islam. pertanyaan seperti ini tidak bisa dijawab tanpa memberi batasan.

dalam islam sejak awal adam memang akan diturunkan ke dunia hanya saja mekanismenya seperti itu. jd ada kemungkinan adam tidak keluar dari surga, tp tetap ada kemungkinannya melanggar larangan tuhan sehingga diturunkan. ini bisa dilihat dari ayat-ayat al quran bahwa bisa diduga adam memang sejak awal akan diturunkan ke dunia. ada satu ayat mengatakan "aku ciptakan manusia untuk menjadi pemimpin di dunia". itu buktinya penciptaan manusia memang untuk ditempatkan didunia. ini berdasarkan ajaran islam.


tidak mungkin memberi jawaban yg mewakili seluruh agama, krn berdasarkan konsep ke-tuhanan, agama-agama di dunia tidak benar-benar sama.
Halaman 4 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di