GPO2AAvatar border
TS
GPO2A
Sering dikencingi warga, baja Jembatan Ampera banyak berkarat
Merdeka.com - Kondisi Jembatan Ampera saat ini makin memprihatinkan. Bahkan, diprediksi terancam ambruk pada 10 tahun ke depan jika jembatan kebanggaan masyarakat Palembang itu tidak terus dipelihara.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Perencanaan Pengawasan Jalan Nasional Kota Metropolitan BBPJN III, Ahmad Taruna Jaya mengungkapkan, selain termakan usia, kerusakan berupa karatan di jembatan penghubung antara Seberang Ulu dan Ilir Kora, Palembang, itu disebabkan ulah manusia, seperti kerap dikencingi warga sedang melintas.

Beberapa titik kerusakan terparah terdapat di bagian bawah tower jembatan dan di baja pembatas antar jembatan. Sehingga air kencing tersebut mengalir hingga ke bawah jembatan yang juga menyebabkan baja-baja penyanggah turut berkarat.

"Ya, memang banyak orang kencing di sana, sudah terbiasa. Wajar jika kerangka bajanya makin berkarat," ujar Taruna kepada merdeka.com, Selasa (18/3) malam.

Agar kerusakan tidak semakin parah, kata dia, anggaran pemeliharaan Jembatan Ampera tahun ini naik empat kali lipat dari tahun sebelumnya. Tahun 2013 lalu hanya dianggarkan Rp 3 miliar sedangkan tahun ini menjadi Rp 12 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum RI.

Anggaran tersebut digunakan untuk melakukan beberapa proyek, di antaranya pengecatan kerangka baja dan struktur beton sehingga mengurangi kemungkinan udara masuk ke dalam kerangka baja.

"Pemeliharaan ini tetap menjadi fokus sehingga paling tidak usia pemakaian jembatan masih cukup lama. Selain itu kita juga meminta warga menghentikan kebiasaan kencing itu di Jembatan Ampera," ujarnya.

(mdk/mtf)

http://m.merdeka.com/peristiwa/serin...-berkarat.html


emoticon-Ngakak (S) emang bisa sampai bikin berkarat emoticon-Bingung (S) butuh berapa liter aiir kencing emoticon-Hammer (S)
0
2.8K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan