shenchenAvatar border
TS
shenchen
[Berita] Jutaan Rakyat Riau Sudah Sekarat Akibat Asap
PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Ketebalan asap di Kota Pekanbaru makin menjadi. Beberapa saat lalu Kamis (13/3) sekitar pukul 13.00 asap tebal menyelimuti di sejumlah ruas jalan di Pekanbaru.

Tidak tahu harus mengadu kemana lagi di dunia nyata ini, semua sekan diam, para facebooker mulai beraksi di dunia maya. Mereka minta tolong pada Presiden, Gubernur dan Wakil rakyat. Karena saat ini rakyat Riau hidup dalam racun asap.

Sudah sebulan lebih harus menghirup udara kotor akibat polusi asap, dampak kebakaran hutan dan lahan, sepertinya membuat kesabaran masyarakat Riau habis. Komitmen penanganan kabut asap oleh pemerintah pusat dan daerah, dinilai berjalan terlalu lambat dan terlihat tidak terlalu berarti. Makin hari asap bukannya berkurang justru makin bertambah tebal, sehingga mengganggu aktivitas bahkan perekonomian rakyat.

Merasa bencana yang mereka alami tak terlalu ditanggapi serius pemerintah, masyarakat pun beramai-ramai memanfaatkan berbagai media sosial, salah satunya laman facebook untuk meluahkan kekesalan mereka.

Yang paling ramai menjadi sasaran kekesalan mereka, siapa lagi kalau bukan jajaran Menteri terkait dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Seperti yang disampaikan pemilik akun FB berinisial AJ. Dalam akunnya ia menanyakan kepedulian Presiden atas derita yang dirasakan hampir 6 juta rakyat Riau dalam sebulan terakhir. Dalam akun FB-nya ia menuliskan kata-kata:

"MANA PRESIDEN ?? MANA MENHUT ?? MANA GUBERNUR?? Pernyataanmu yang mengatakan asap itu sudah tradisi musim kering sungguh menyakitkan. MANA MENKES ?? kalau ngurus kondom kencang. MANA WAKIL RAKYAT DI SENAYAN ?? kalau yg ini aku dah speechless! DI MANA KALIAN SEMUA ?? --JUTAAN RAKYAT RIAU SUDAH SEKARAT, PEDULI PUN KALIAN TIDAK !!".

Status bernada kekecewaan pun datang dari pemilik akun dengan inisial FT. Ia menulis "Rakyat Riau hidup dalam racun asap, Presiden ditemani menteri jalan-jalan ke mall. Nyesal pernah memilih dia. Ibu negara sibuk foto-foto dengan kameranya,".

Ada pula status dengan inisial akun ED, ia meminta agar Presiden SBY berkenan mengunjungi Provinsi Riau."Tolong Pak Presiden, jangan hanya menyatakan keprihatinan saja. Datanglah ke Riau dan hirup udara kotor seperti yang anak-anak kami hirup. Ini sudah bencana nasional kesehatan. Sudah lebih satu bulan kami dibunuh pelan-pelan Pak Presiden,".

Berbagai kecaman bernada sama, juga diarahkan untuk para pelaku pembalakan liar dan perusahaan yang dinilai sebagai dalang aksi pembakaran hutan dan lahan di Riau. Saat ini aparat baru menetapkan satu perusahaan swasta menjadi tersangka pembakaran hutan dan lahan. Sementara lainnya yang dicurigai, masih belum diketahui tindakan hukum yang pasti.


Sumber : http://www.riaupos.co/44506-berita-j...ibat-asap.html

Semoga cepat hujan biar tidak bertambah yang sakit , rakyat riau gimana ngak sekarat nih asap nya sudah tebal sekali

NB: bila link sumber ga nonggol coba lihat di www.riaupos.co
Diubah oleh shenchen 13-03-2014 09:39
0
2.1K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan