sangpetualangAvatar border
TS
sangpetualang
Pasangan Ridho-Bachtiar Kesandung Masalah Gula

Bawaslu saat menemukan gula dari TS Ridho-Bachtiar

LAMPUNG - Pasangan Cagub dan Cawagub Lampung, M Ridho Ficardo dan Bachtiar Basri (Ridho Berbakti) terancam terdiskualifikasi sebagai peserta pemilihan gubernur (Pilgub) Lampung pada 9 April 2014 nanti.

Diskualifikasi tersebut akan berlaku jika pasangan nomer urut 2 yang diusung Partai Demokrat ini terbukti benar secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana membagi-bagikan gula di beberapa kabupaten dan kota.

“Jika hasil pengembangan terbukti TS-nya bagi-bagi gula, mereka (Ridho-Bachtiar) bisa didiskualifikasi sebagai peserta pilgub Lampung. Kami (Bawaslu) pasti menindaklanjutinya. Tapi nggak tahu dengan di pusat, bisa saja masalah ini sudah dilokalisir,” ujar Anggota Bawaslu Lampung bagian Penindakan dan Pelanggaran, Fatikhatul Khoiriyah, Rabu (12/3).

Menurut Fatikhatul, ancaman diskualifikasi itu merupakan tindak lanjut dari hasil temuan panitia pengawas pemilu (Panwaslu), dimana tim sukses Ridho-Bachtiar membagi-bagikan gula di beberapa kabupaten dan kota seperti di Way Lima, Pringsewu, Lampung Tengah, Lampung Barat, Lampung Selatan dan Lampung Timur.

“Di Pringsewu sendiri, gula yang ditemukan sebanyak 7 ton. Kami temukan juga kartu nama dengan foto cagub dan calegnya,” beber Fatikhatul.

Terkait dugaan bagi-bagi gula tersebut, Bawaslu, Polda, beserta Kejati Lampung langsung turun ke lapangan untuk melakukan penyelidikan.

“Bawaslu bersama Polda dan Kejati Lampung telah dua kali melakukan gelar perkara untuk menelusuri masalah ini,” tambahnya.

Hasilnya menurut Bawaslu, dalam kegiatan bagi-bagi gula tersebut termasuk unsur pidana.

“Karena ini unsur pidana, siapa yang menerima dan yang memberi, serta masyarakat bisa menjadi saksi,” pungkas Fatikhatul.

Sebelumnya, Panwascam menemukan bingkisan gula putih sebanyak 627 dus pada 6 Februari lalu. Paket gula yang dibagikan kepada masyarakat itu lengkap dengan stiker bergambar pasangan M Ridho Ficardo dan Bachtiar Basri. [did]


http://www.rmol.co/read/2014/03/12/1...ara-gara-Gula-
Diubah oleh sangpetualang 12-03-2014 18:07
0
1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan