alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
[Tradisi VS Syariah] Mahfud Berang Tahlilan Dianggap Tidak Islami
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/531728240e8b46491c000081/tradisi-vs-syariah-mahfud-berang-tahlilan-dianggap-tidak-islami

[Tradisi VS Syariah] Mahfud Berang Tahlilan Dianggap Tidak Islami

JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menegaskan bahwa tradisi tahlilan tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Menurutnya, kegiatan yang identik dengan aliran ahlul sunnah wal jamaah itu memiliki muatan ibadah.

Hal ini disampaikannya karena khawatir akan muncul anggapan bahwa tahlil bertentangan dengan ajaran Islam. "Saat ini ada gerakan yang amat jahat, menjelek-jelekan ahlul sunnah wal jamaah. Tahlil dianggap jelek," kata Mahfud di sela-sela acara tahlilan 40 hari meninggalnya Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) KH Sahal Mahfuz di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (4/3).

Mahfud mengatakan, tahlil adalah kegiatan yang positif karena mendoakan orang-orang yang telah wafat. Karenanya, guru besar ilmu hukum di Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta itu menegaskan, tahlilan tidak mungkin bertentangan dengan ajaran Islam.

Ditegaskannya, kaum nahdiyin tidak akan berhenti meneruskan tradisi tahlil. PKB, lanjutnya, juga akan ikut melindungi tradisi tersebut.

"Ini akan diperjuangkan PKB. Tradisi metode lama akan diperjuangkan PKB, itu paling masif pengikutnya," ujar bakal calon presiden PKB ini.(dil/jpnn)sumber

Ooh Jadi tradisi ya, tdk ada syariatnya berarti emoticon-shakehand
Silahkan bagi yang menjalankan, yang tidak juga gpp emoticon-No Sara Please
Diubah oleh rebleeding
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 14
Tapi sering salah kaprah pak jadinya suka berlebihan ampe memaksakan diri,

Intinya sih jgn berlebihan .
budaya vs agama , dulu org sih iya2 aja soalnya belum ngerti tulisan dan artinya
Kalau bicarain masalah tahlilan kayak gini emang gak ada habisnya, ane pribadi juga bingung apa hukum dari tahlilan ini. Di Al Quran ama hadist setau ane gak ada hukum tentang tahlilan ini. emoticon-Bingung (S)

Kalau emang udah tradisi jaman dulu boleh lah dilakukan, selama itu belum menyimpang dari ajaran Islam yg benar. Toh di dalam tahlilan juga terkandung banyak hal positif, kayak beribadah (mengagungkan nama Allah, membaca ayat suci Al Quran), bahkan memperat silaturahmi antar warga emoticon-Smilie
Quote:


biasalah gan banyak perusuh yang bikin hadist seenak udelnya

tp mahfud md bisa menangkal
Quote:
yang tahlilan monggo..
yang gak tahlilan monggo ..

gitu aja koq repot .. emoticon-Malu (S)
kalo kata ustad ane dulu sih syarat ibadah diterima ada 2 :
  1. iklhas karena Allah Ta'ala
  2. Mengikuti tuntunan Rasulullah SAW.


emoticon-Smilie
Quote:

ustadz ente emoticon-thumbsup2

wah, musti kudu waspada nih pak! emoticon-army


Quote:
Ya silahkan aja klo yg mo tahlilan klo ada dana lebih, asal jangan dijadikan pemikiran "klo org yg ga tahlilan itu menyimpang atau aneh" padahal mungkin org yg ga tahlilan kebetulan ga ada biaya.

Jujur aja gw ada pengalaman dari 2 taun lalu ampe sekarang tante gw ga pernah mau nyapa ama gw, gara2 awalnya dia bilang "almarhum adiknya (paman gw) islamnya sudah disempurnakan karena pas meninggalnya ditahlilkan" trus gw bales "lah berarti Rasul dan krluarganya ga sempurna dong, soalnya beliau meninggal ga pake acara tahlil! Coba ngomong gitu d arab, gak pake lama dijamin berurusan ama hukum disana karena secara ga langsung menghina Rasul bukan nabi yg sempurna" hahaha
ane setuju sama pak mahfud khan tahlilan itu lebih bnyk manfaat drpd mudharat na.. emoticon-shakehand
Kalo di film sang pencerah,tahlilan itu memberatkan kaum yg tdk mampu,muncul rasa bersalah kalo almarhum tdk ditahlil,pd tdk wajib bahkan ada yg mengatakan bid'ah krn ga ada tuntutan syariat atau hadits emoticon-Malu (S)
gak perlu lebay lah fud, Sederhana dalam sunnah itu lebih baik dari pada bersungguh sungguh dalam hal yang masih syubhat, abu2 & diperdebatkan...

cari yang aman2 aja lah, gak bakalan cukup kok waktu kita seharian untuk mengerjakan yang sudah jelas tuntunannya, lagian ente baru ribut hari gini kemaren2 kemana aja, mau ngambil hati konstituen di akar rumput pake cara lain yg lebih elegan lah, jgn kaya saingan ente sesama capres pekabe, prof. Hj. rhoma tiba2 keliling kuburan keramat, sampe lupa syair lagu sendiri..

emoticon-Traveller
Diubah oleh nashibi....
mau tahlilan gak y urusan yg punya acara lah
toh tahlilalan gak ada ruginya jg kan
malah bisa mempererat sesama tetangga ..
apalagi diperkotaan dmn pas ada acara tahlilan baru bisa kumpul2
si mahfud sekarang tumben sering banget komen soal agama. bentar lagi bakalan ada ustad baru di tipi kayaknya. emoticon-Big Grin
Diubah oleh tole_90
Quote:


betul. ane setuju sama agan ini. selama syahadatnya msh sama, rakaat dan bacaan sholatnya masih sama, ga masalah. toh banyak manfaatnya koq.
Quote:


Dulu! Karena mempererat silaturahim sesama muslim, coba sekarang hari pertama tahlilan ente sediain aer putih doang trus lu liat hari berikutnya yang dateng berapa org!?
Baru keliatan mana yg tulus mana matrealis

Quote:


Sebenernya konsep awal tahlil itu menghibur saudara (sesama muslim) yg sedang berduka

Contoh kayak gini ente lagi kena musibah, gw sebagai temen ente ya punya kewajiban dong ngebantu dan menghibur

Klo skarang apalagi di kota, jujur gw hampir susah bedain mana yang lgi hajatan mo kimpoian mana yg lagi tahlilan
1.nabi gak pernah ngadain tahlilan

2.sunan kalijogo ''klo mereka sudah memeluk agama, maka akan di tinggalkan(tahlilan)

3.muktamar NU pertama ''selamatan sesudah kematian adalah bid'ah yang hina''

Post ini telah dihapus oleh blue_danube
Post ini telah dihapus oleh blue_danube
ya tinggal pilih mana, budaya atau agama?? klo agama sudah tidak nyaman,, banyak larangan tidak sesuai dengan tradisi ya tinggal pindah agama aja ke agama yg memperbolehkan tradisi seperti itu
Halaman 1 dari 14


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di