alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Basuki Curiga Bus Transjakarta Terbuat dari Seng
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53167d230d8b469a7f8b45a6/basuki-curiga-bus-transjakarta-terbuat-dari-seng

Basuki Curiga Bus Transjakarta Terbuat dari Seng

Basuki Curiga Bus Transjakarta Terbuat dari Seng


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menduga, bus-bus transjakarta dan bus kota terintegrasi busway (BKTB) yang didatangkan dari China beberapa waktu lalu, spesifikasinya dibuat sesuai dengan permintaan pembeli. Dan ia curiga, perusahaan pemenang tender telah memesan bus dengan spesifikasi yang buruk, demi menekan harga.

Basuki menjelaskan, di China, pembeli barang memang bisa memesan sendiri spesifikasi barang sesuai keinginannya. "Sama kaya bus, bisa saja spesifikasi mesin dan CC-nya benar, tapi metalurgi pengecoran logam, seng-nya lebih banyak 70 persen. Makanya, lewat hawa laut saja langsung berkarat. Karena sengnya terlalu tipis," kata pria yang akrab disapa Ahok ini di Balaikota Jakarta, Selasa (4/3/2014).

Karena itu, Ahok berharap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera turun menyelidiki proyek tersebut. Kalaupun nantinya tidak ditemukan kesalahan dalam proses pembelian, ia berharap, KPK mengambil tindakan seperti yang mereka lakukan saat menyelidiki proyek pengadaan truk pemadam kebakaran beberapa tahun lalu, yakni dengan cara membedah barang proyek yang tengah diselidiki.

"Karena harganya murah, dibedah saja kaya kasus Damkar, dibandingkan dengan di China. Wajar enggak metalurgi seperti itu. Sasis, badan juga, kalau pakai pelat seng biskuit Khong Guan itu beda lho," ucap Basuki.

"Makanya saya tunggu KPK periksa saja. Tidak usah saya yang lapor juga sudah orang lain yang lapor, KPK mesti bergerak dong. (Nilai proyeknya) Rp 3 trlliun lho, masak tidak mau bergerak?" katanya lagi.

Basuki mengakui selama ini dia telah kecolongan. Ia tidak menyangka jika pengawasan 50 orang anggota Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), pengawasan internal dari Inspektorat Provinsi, serta ditambah sikapnya yang galak, tak juga membuat jajarannya takut untuk melakukan penyelewengan.

Beberapa saat lalu, sejumlah warga Jakarta yang menamakan diri Forum Warga Jakarta telah melaporkan dugaan penyelewengan proyek tersebut ke KPK. Hal itu menyusul penemuan lima unit bus baru transjakarta dan 10 unit bus baru BKTB yang beberapa komponennya mengalami rusak dan berkarat.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengungkapkan, pihaknya telah menindaklanjuti dugaan penyimpangan pada kasus pengadaan bus transjakarta dan BKTB. "Kalau KPK yang selidiki, kita kan tidak akan menyampaikannya kepada publik karena itu kan sudah kegiatan intelijen," ujarnya saat berkunjung ke Balaikota Jakarta, Selasa (4/3/2014) siang.

Inspektorat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah selesai melakukan penyelidikan kasus dugaan korupsi pengadaan bus transjakarta dan BKTB pada pekan lalu. Hasilnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta terbukti melakukan penyimpangan pada pengadaan bus. Berkas laporan dari Inspektorat DKI nantinya akan segera ditindaklanjuti oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)


http://megapolitan.kompas.com/read/2...buat.dari.Seng
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
gw punya temen pengusaha orang chinese.

barang china itu KW nya sesuai permintaan, ada harga ada kualitas.

motor china merk2 jialing aja di china cukup laku, karena KW 1 disana produksinya, kalo di indonesia Kw2, makanya gampang jebol.
Quote:


la trus standar layaknya utk sebuah brg gmn? klo misal angka 6 di indo hitam, apa disana juga sama?
Quote:


saya kira sih di semua tempat seperti itu ganemoticon-Ngakak
enek rego enek rupo
KW BOOOOOOOOOM. Inilah bahayanya pemimpin modal media. Cuma bisanya cuap2 dan kalau ada yg salah, nyalahin anak buah. Ngakunya anak buahnya diawasi ketat, tp ya gitu, bacot doang. Yang penting masuk koran.
Jokowi mana Jokowi ... jangan2x bangku taman juga KW10
emoticon-Bingung
Quote:


Standarisasi masih problem diChina, cara yg paling bagus buat kontrol kualitas adalah menempatkan org sendiri disana untuk mengawasi prosesnya, persaingan usaha disana sangat ketat, jd kl mau untung biasanya mainin dikualitas, kl konsumen ga teliti bisa2 kualitasnya diturunin.

mereka bisa bikin barang yg penampilannya 100% mirip , tp kualitasnya 10% aja, cm memang biasanya disana barang murah untuk dijual murah.
Quote:


Lu kira pemperov DKI itu seperti perusahaan kecil yg semuanya bisa dipantau langsung? Bagian2 tugas didelegasikan kekepala dinas,tp disuruh abcd tp tetap melakukan cbde ya kepala dinasnya harus mempertanggungjawabkan.




Quote:


setubuh ane sama pendapat ini..
masih duga-duga koh ?

bukannya sudah di cek inspektorat ? Harusnya kan sudah dapet nih lembar pengecekan dan serah terima emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
nggak sekalian dari kardus emoticon-Ngakak
selama Atapna Pake multirup, masih aman lah....emoticon-Cool

Gak serius...

Dengan dana 5,8 Milyar per bus kok cuma dapat bus china.....

Beuuuuuuuh...

Beberapa daerah yang punya mirip-mirip trans jakarta jauh lebih serius pengadaan busnya...

1. Mercedes Benz
Basuki Curiga Bus Transjakarta Terbuat dari Seng

Basuki Curiga Bus Transjakarta Terbuat dari Seng

2. Mitsubishi
Basuki Curiga Bus Transjakarta Terbuat dari Seng

Basuki Curiga Bus Transjakarta Terbuat dari Seng

3. Hino
Basuki Curiga Bus Transjakarta Terbuat dari Seng

4. Hyundai
Ahoax nyalahin A-SENG berarti emoticon-Ngakak (S)
jika memang salah , semoaga bisa diusut tuntas dan pelaku penyelewengannya bisa dihukum setimpal
ono rego ono rupo...

permintaan sesuai harga
BANDAR Miras, Judi Bola, Pelacuran, Money Game cabang Surabaya bersabda :

Ahok ini.. masa demi kemuliannya, membuka aib Bandar dan sodaranya sih..
Sesama sodara jangan saling jegal-lah emoticon-shakehand

--------------------------------------------------- o0o ---------------------------------------------------




Quote:
Kalo curiga dibuktiin aja pak, lempar itu tj pak batu kalo "teng" berarti seng kalo "tok" berarti besi, gitu aja kOk repot emoticon-Bingung
Quote:


Inspektorat kan cuma mengecak dokumen2nya saja,untuk pembuktiannya apakah body mesinnya KW,mesinnya KW ya harus ahli bus dalam hal ini mungkin BPPT atau ada yang independen mungkin..emoticon-Big Grin


Cina ditipu Cina emoticon-Hammer (S)
maksudnya sengman gitu?
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di