panbalehAvatar border
TS
panbaleh
DILEMA MENYEWA TEMPAT USAHA
Sering kejadian, ketika kita menyewa tempat untuk usaha, menurut kita sudah bagus, loaksi dan harga cocok, ketika usaha kita berkembang, pemilik tempat usaha yg kita sewa bertindak semena2. Menaikkan harga sewa dengan nilai yg tak wajar.

Mereka berharap mendapat keuntungan banyak, karena kalau kita pindah, kita akan kehilangan banyak pelangan, yang tidak tau lokasi baru kita. otomatis kita terpaksa membayar kenaikan harga sewa tersebut, walaupun kita masih berdarah2 bersusah payah merintis usaha tersebut.

Bagaimana untuk menghindari kejadian serupa, ada beberapa tips yg bisa agan2 gunakan yg berasala dari pengalama pribadi dan orang lain:

1. Kenali prilaku pemilik lokasi. Apakah orang baik dan bisa bekerjasama tanpa menimbulkan kerugian. Caranya, tanya tetangga kanan kiri atau minta no kontak pengontrak sebelumnya, tanya kenapa dia tidak disana lagi? Bagaimana sifat pemilik tempat?

2. Buat kontrak jangka panjang dengan pembayaran terminnya dibagi per tahun.
Misal sewa per tahun saat ini Rp20.000.000,-, kalau menurut agan lokasinya bagus dan agan yakin usaha agan akan berkembang, ambil sewa langsung 5 tahun dengan perjanjian diatas materai beserta saksi bahwa sewa selama 5 tahun kedepan tidak berubah dan agan2 bayar sewa tiap tahun. Atau test dulu beberapa bulan, ketika usaha mulai rame, buat kontrak serupa bahwa sewa diperpanjang dan nilai sewa tetap untuk sekian tahun kedepan.

Sekian tips dari saya, yg mau menambahkan silahkan

https://www.facebook.com/pages/OMG-M...94564520672985
0
2.3K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan