duta.pertamaxAvatar border
TS
duta.pertamax
Penuh Sampah, Bandung Dibilang "The City of Pigs"
Quote:

Lihat Tumpukan Sampah di Cicadas, Ridwan Kamil:
"Sekalian Saja Sampai Tengah Jalan"

http://news.detik.com/read/2014/01/3...i-tengah-jalan

Bandung - Matahari pagi mengiringi langkah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menuju agenda pertamanya pagi ini, Kamis (30/1/2014). Dengan menggunakan sepeda biru kesayangannya, sekitar pukul 08.30 WIB ia menuju kawasan Cicadas. Ia datang dari arah Pasar Cikutra, lalu memarkirkan sepedanya tak jauh dari lokasi. Dengan memakai kemeja kotak-kotak, dibalut blazer biru dan celana jeans biru, ia berjalan memantau kondisi sekitar. Langkah kakinya pun terhenti saat melihat tumpukan sampah pertama di dekat Pos Polisi Cicadas.

... dan apa yg dilihat pak Ridwan kamil ?!
Tumpukan sampah tersebut lebarnya hampir memakan setengah badan jalan, dengan panjang sekitar tiga meter. Melihat kondisi tersebut, alisnya berkerut. Didampingi Camat Cibeunying Kidul Deny Sani, ia meneruskan langkahnya ke seberang jalan yang menuju ke arah Pasar Cicadas. Di sana ia menemukan lagi tumpukan sampah. Tak hanya sampah rumah tangga saja, kasur bekas hingga kursi rusak pun

"Nyewa orang sok berapa, saya carikan uangnya, jangan menunggu PD Kebersihan," kata Emil kepada camat dan lurah setempat. Ia lalu melihat petugas kebersihan yang sedang ada di lokasi. Kemudian ia meminta stafnya untuk memanggil petugas sampah tersebut. "Coba panggil itu petugas sampah," ujar Emil. Seorang petugas sampah bernama Risman menghampiri Emil, ia kemudian mengatakan bahwa ia sudah memberi tahu petugas sampah kewilayahan agar tidak membuang sampah ke pinggir jalan, tapi tetap membandel.

"Ini bukan hanya warga saja pak, tapi petugasnya juga yang suka buang sampah ke sini, bukan ke TPS. Petugasnya bandel," ujar Risman. Emil kemudian meminta pihak Kecamatan Cibeunying Kidul, Cibeunying Kaler dan Kiaracondong untuk merapatkan masalah sampah tersebut. "Besok pagi ya, kita rapat. Saya ingin masalah ini cepat selesai," ujar Emil.

Raut wajah Emil terlihat kesal karena melihat beberapa titik tumpukan sampah, ia pun kemudian menelepon Camat Kiaracondong terkait tumpukan sampah di wilayahnya. "Pak Camat ini gimana ada tumpukan sampah di depan eks Matahari. Besok menghadap saya ya," tegas Emil. Sambil berlalu, Emil berseloroh. "Ini sekalian saja saja sampai ke tengah jalan,"ujar Emil kesal.
----------------------------------------------------------------------------


Sehebat apapun kepala daerahnya, secanggih apapun konsep yg dilaksanakan, akan seperti asap saja kalau perilaku masyarakat sendiri yg sudah tidak lagi mencintai kotanya. Gimana pak Ridwan, punya konsep jitu ga untuk mengubah perilaku masyarakat Bandung yg begini ??
Spoiler for :

Diubah oleh duta.pertamax 04-02-2014 12:16
0
106.6K
1.6K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan