tedyimoetAvatar border
TS
tedyimoet
Menhan Periksa Kandang Leopard
Menhan Periksa Kandang Leopard di Markas Batalyon Kavaleri 8/2 Pasuruan


SURYA Online, PASURUAN- Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Purnomo Yusgiantoro, bersama Panglima TNI Jendral Moeldoko, meninjau kesiapan garasi tank Leopard dan Marder. Selain itu, juga turut hadir Pangdam V/Barwijaya Mayjen TNI R Ediwan Prabowo, Panglima Divisi 2 Kostrad Mayjen TNI Agus Kriswanto, Komandan Yonkav 8/2 Tank, Letkol Otto Sollu, serta sejumlah petinggi TNI.

Garasi tank yang mampu menampung sebanyak 40 unit tank itu, dibangun di markas Batalyon Kavaleri 8/2 , Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan. Dibangunnya garasi tersebut, menyusul rencana kedatangan kiriman tank milik TNI yang dibeli dari Jerman.

Menhan mengatakan, tank tempur utama Leopard (Main Batle Tank Leopard) dan tank tempur medium Marder yang dibeli dari Jerman itu akan dikirim secara bertahap. Dijadwalkan, kiriman pertama akan tiba di Indonesia pada Oktober 2014, dan sisanya dijadwalkan dikirim secara bertahap pada 2015, tahun depan.

Rencananya, sebagian dari tank akan ditempatkan di dua divisi Kostrad dan sebagian di perbatasan Kalimantan. "Semuanya, yang akan datang 105 tank Leopard dan 50 tank Marder. Akan ditempatkan di divisi satu dan dua Kostrad. Ada pemikiran juga, akan ditempatkan di wilayah perbatasan," kata Menhan, Purnomo Yusgiantoro, saat ditemui, usai melakukan peninjauan Senin (27/1/2014) siang.

Purnomo mengatakan, pada awalnya TNI hanya berencana membeli 40 tank dari Jerman. Namun, akibat terjadi perubahan kebijakan di Jerman dan juga negara di Eropa yang cenderung lebih mementingkan pembangunan kekuatan tempur udara, TNI berhasil mendapatkan sebanyak 105 Leopard dan 50 tank Marder.

“Ada perubahan geo politic di Eropa, mereka (negara-negara Eropa) memperkecil angkatan darat dan memperbanyak angkatan udara, itu yang kemudian kita tangkap, sehingga kita bisa dapat lebih banyak (tank). Kita untung, dengan budget 40 tank, kita bisa dapat Leopard 105 dan Marder 50,” jelas Purnomo sambil tersenyum.

Sementara itu, Panglima TNI Jendral Moeldoko mengatakan, Yonkav 8/Tank Beji yang masuk dalam Divisi 2 Kostrad sudah siap untuk ditempati tank Leopard dan Marder. “Kami ke sini untuk meninjau kesiapan dan tadi sudah dipaparkan semua. Yonkav 8 sudah siap,” kata Moeldoko.

Dikatakannya, selain kesiapan prasarana, beberapa prajurit yang akan menjadi kru Leopard dan Marder sudah disiapkan sebelumnya. Mereka, telah dikirim ke Singapura untuk mempelajari, dan selanjutnya bisa sharing dengan calon kru lainnya. Selain itu, separo kru juga akan dikirimkan ke Jerman, yang menjadi negara pembuat tank Leopard dan Marder.

Moeldoko menambahkan, pengembangan alutsista TNI harus terus dilakukan kekuatan militer Indonesia tidak kalah dengan negara tetangga. “Kalau di lingkungan kita (negara tetangga) belanjanya lebih tinggi dari kita terus, ya nanti kita bisa keok. Kita juga harus di atas mereka. Ini (Leopard dan Marder) termasuk senjata paling canggih saat ini,” kata Moeldoko.

http://surabaya.tribunnews.com/2014/...ri-82-pasuruan
=====================================================
Setelah dari Karang tekok lanjut mampir Pasuruan..........emoticon-Malu (S)
0
29.2K
178
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan