chodoetz
TS
chodoetz
mungkinkah petani jadi profesi langka?
Assalamualaikum


Jakarta: Badan Pusat Statistik memberi angka sementara statistik pertanian. Terungkap 5,04 juta orang berhenti menjadi petani.

Kepala BPS Suryamin menjelaskan, dalam 10 tahun terakhir penurunan jumlah rumah tangga petani mencapai 1,75%.

"Memang di dalam ilmu ekonomi, negara makin maju semakin bergeser dari sektor pertanian ke sektor lainnya yakni industri, perdagangan, konstruksi, jasa. Walaupun mengalami penurunan, harus diupayakan produktivitas (pertanian)-nya harus lebih tinggi," ujar Suryamin ketika bicara di kantornya, Senin (2/9).

Komposisi sebaran petani juga berubah yakni semakin sedikit petani yang berada di Pulau Jawa. Dari 57,48% di Jawa, komposisinya turun menjadi 51,38% dari total. Sisanya berada di luar Pulau Jawa.

Catatan BPS, jumlah terbesar keluarga yang berhenti mencari nafkah dari bertani terjadi di Jawa Tengah di mana 1,47 juta keluarga berhenti bertani.

Adapun di beberapa daerah di luar Jawa, terdapat lokasi di mana jumlah petani justru bertambah pesat. Di Papua disebutkan ada 158,1 ribu tambahan rumah tangga usaha tani baru.

Data jumlah perusahaan berbadan hukum pada sensus awal adalah sebanyak 5,49 ribu dan usaha pertanian lainnya 6,17 ribu. Dalam 10 tahun, jumlah perusahaan di bidang pertanian naik 1.475 perusahaan atau tumbuh 36,77%.

Seperti pada 10 tahun lalu, konsentrasi perusahaan berbasis pertanian lebih besar di luar pulau Jawa. Komposisinya juga mengalami sedikit pergeseran yaitu dari 61,46% di luar Jawa pada 2003 menjadi 64,45% di luar Jawa pada 2013. Namun, catata BPS jumlah tambahan perusahaan pertanian terbesar justru berada di Jawa Barat, yakni 215 perusahaan. Sedangkan, di Kalimantan Barat ada 75 perusahaan yang tutup.

Data tambahan yang disebutkan BPS adalah adanya 6.170 usaha pertanian lainnya. Usaha pertanian lainnya adalah pertanian yang dikelola oleh pesantren, seminari, kelompok usaha bersama, tangsi militer, lembaga pemasyarakatan, dan lain-lain yang juga mengusahakan pertanian.

bagaimana menurut agan2 kaskus ??
mohon maaf kalo ada salah kata dll emoticon-Toast

Spoiler for sumber:


kalo mau ngasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)ga nolak tapi jangan ngasih emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan emoticon-2 Jempol
0
1.6K
28
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan