alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52b9329ec1cb17282c8b4580/skema-ponzy-mmm-sergey-mavrodi-hati-hati-indonesia
skema ponzy MMM Sergey-Mavrodi hati-hati Indonesia
skema ponzy MMM Sergey-Mavrodi hati-hati Indonesia

Setelah sekian money games dan skema ponzy
menghantam bangsa indonesia antara lain :
vgmc, speedline, speedreturn, goldquiz dll
kini hadir lagi MMM Indonesia, Arisan Berantai dari Rusia


keterbelakangan pendidikan dan ekonomi bangsa indoensia
telah membuat jutaan warga terpedaya,
sebagian memanfaatkan sebagian besar yang lain,
anehnya para penguasa dan pihak berwenang mendiamkan saja


Bagi Anda penggemar facebook mungkin Anda telah mendapat tawaran bisnis dari teman atau friend baru berupa cewek cantik berwajah Eropa Timur. Bisnis baru tersebut bernama MMM (Mavrodi Mondial MoneyBox), sebuah ‘peluang bisnis’ hasil kreasi seseorang bernama Sergey Mavrodi asal Rusia.

Namanya juga peluang bisnis tawaran yang disampaikan cukup menarik. Anda tidak perlu membeli produk sebagaimana bisnis Multi Level Marketing (MLM) tetapi cukup menanamkan sejumlah uang untuk ‘membantu’ orang lain. Lalu Anda akan menerima bantuan setiap bulan. Atau jika Anda menanamkan uang Anda sebanyak misalnya $500, lalu diamkan selama 3 bulan, Anda akan menerima $1860!

Wow, tawaran yang menggiurkan. Apalagi MMM mengklaim telah merekrut 35 juta orang sedunia sebagai member. Berbagai jadwal seminar termasuk di Indonesia disampaikan lewat website mereka di mmmindonesia.com.

Sejarah MMM

MMM didirikan 1989 by Sergei Mavrodi, Vyacheslav Mavrodi, dan Olga Melnikova. Ketiganya menggunakan nama keluarga mereka sebagai nama usaha. MMM bermula dengan usaha jual beli computer dan peralatan kantor. Akan tetapi pada bulan Januari 1992 MMM dituduh menggelapkan pajak. Kasus ini mengakibatkan kebangkrutan. Lalu MMM banting setir ke usaha jual beli saham. Usaha ini pun tidak mendatangkan hasil yang baik.

Bulan February 1994 MMM memulai usaha pyramid scheme atau phonzi. Pyramid scheme atau phonzi yaitu usaha mengumpulkan dana masyarakat dengan iming-iming pengembalian atau profit yang tinggi. Investor juga wajib merekrut member lain untuk menyetor dananya. Usaha ini biasa disamarkan dalam aneka bentuk seperti kospin, MLM, atau aneka bisnis investasi gadungan lainnya. Untuk info lebih lanjut, baca juga: Tipuan Piramid dan Bisnis Online.

Dimasa itu MMM mengumpulkan dana masyarakat dengan janji hasil investasi 1.000% setahun! Rakyat Rusia yang sedang dalam masa transisi reformasi berbondong-bondong menanamkan duitnya. MMM berhasil mengumpulkan dana rakyat Rusia dalam jumlah yang sangat besar, sampai mencapai USD50 juta (Rp500 M) per hari! Bisnisnya tetap berjalan karena Pyramid Scheme merupakan usaha legal di Rusia.

skema ponzy MMM Sergey-Mavrodi hati-hati Indonesia

Sergey Mavrodi: Jagoan arisan berantai (Pyramid scheme)

Akan tetapi pada bulan July 1994 MMM ditutup pemerintah Rusia karena tuduhan pengelakan pajak. Saat itu, MMM berhutang antara 50 Milyar – 100 trilyun Rubel (mata uang Rusia) kepada para investornya. Wikipedia menyebut setidaknya 50 orang investor bunuh diri karena tidak mendapatkan uangnya kembali. MMM kemudian dinyatakan bangkrut pada bulan September 1997.

Sergey Mavrodi sempat menghilang. Ada yang mengatakan ia pindah ke AS, ada juga yang meyakini ia tetap di Moskow sambil memanfaatkan uang masyarakat yang telah dikumpulkannya. Dari persembunyiannya, Mavrodi dengan dibantu rekan dan kerabatnya masih sempat mencoba usaha yang sama. Kali ini dengan menggunakan bisnis ‘permainan saham’ dengan janji pengembalian investasi 200%. Meski pernah jatuh, bisnis Mavrodi masih menarik minat banyak orang. Tidak lama kemudian, bisnis ini kembali bangkrut dan sekitar 20.000 – 275.000 orang kehilangan uang mereka. Kerugian para korban ditaksir mencapai USD5,5 juta (sekitar Rp50 milyar).

Tahun 2003 Mavrodi ditemukan lalu dijebloskan ke dalam penjara. Ia dihadapkan pada sejumlah tuntutan. Ia baru bebas dari hukuman pada tanggal 22 Mei 2007. Tidak kapok-kapok, Mavrodi kembali menjalankan bisnisnya, kali ini dengan nama MMM-2011. Dengan gamblang Mavrodi menyatakan bisnisnya sebagai bisnis pyramid dimana ‘orang memberi saling memberikan uangnya, tanpa alasan yang jelas.’ Entah mengapa, pada bulan Mei 2012 ia menutup MMM-2011.

Tetapi ditahun 2011 ia telah meluncurkan MMM di India yang disebut MMM India. Beberapa bulan terakhir MMM Indonesia juga telah beroperasi. Member menyetor uang, lalu merekrut member lainnya, kemudian member mendapatkan bonus dari hasil setoran member di bawahnya. Dapat dipastikan MMM hanya akan beroperasi di negara-negara berkembang karena negara-negara maju jelas menetapkan pyramid scheme seperti ini sebagai bisnis terlarang dan illegal.

Tidak Ada Jaminan Investasi?

MMM jelas bukanlah bisnis investasi. Dalam website atau video-video yang ditayangkan oleh MMM, secara gamblang dijelaskan bahwa MMM tidaklah melakukan investasi atau memutar uang tersebut dalam suatu industri atau bisnis tertentu. Uang yang dibayarkan kepada member semata-mata berasal dari member yang menyetor sebelumnya. Betul-betul bisnis murni piramida atau phonzi.

Karena tidak ada jaminan, bisnis ini (katanya) didasarkan atas rasa saling percaya di antara member. Suatu hal yang tentu tidak mudah karena para member sendiri belum tentu saling kenal. Sistim jual beli poin diistilahkan Give Help (‘Membantu’) saat join /membeli poin dan Get Help (Minta Bantuan) saat menjual poin alias menarik dana.

Member yang akan bergabung membeli sejumlah unit poin yang disebut MAVRO. Keuntungan member nantinya ditentukan oleh nilai MAVRO ini. Setiap bulan nilai MAVRO dinaikkan dan diatur secara pribadi oleh Tuan Mavrodi sendiri (hebat ya…). Dengan kata lain, makin lama harga untuk bergabung ke MMM akan semakin naik karena nilai poin akan dinaikkan.Secara sederhana digambarkan bahwa jika saat ini nilai 1 Mavro = Rp. 1000, maka jika Anda bergabung dengan uang Rp 1 juta, Anda bisa membeli 1000 poin Mavro. Bulan depan, nilai Mavro mungkin naik 30% sehingga menjadi 1 Mavro = Rp1.300 (saat tulisan ini diturunkan MMM menjanjikan keuntungan 30% – 55%). Anda yang menjual poin Anda (Get Help alias menarik dana) akan mendapat Rp1,3 juta atas 1.000 poin yang Anda miliki. Disaat yang sama, seseorang yang punya uang Rp1 juta, hanya bisa memperoleh 769 Mavro (Rp1 juta : 1.300) karena MAVRO telah dinaikkan nilainya; demikian seterusnya.

Dengan semikian nilai poin Mavro ditentukan secara pribadi oleh Tuan Mavrodi. Poin ini jelas berbeda dengan hitungan poin dalam investasi sebenarnya seperti asuransi unit link atau reksadana. Dalam investasi yang sebenarnya, uang investor ditanamkan dalam berbagai jenis usaha, sementara di MMM, uang Anda tidak diinvestasikan dalam bentuk apapun. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa Anda akan memperoleh keuntungan dari dana orang lain. Peserta MMM menyebutnya, menerima bantuan alias GET HELP.

Jadi MMM bukanlah investasi.

sumberl

Mohon yang reply dan komen sesuai topik dan jangan ngejunk, thx
PERTAMAX DI SINI emoticon-Request
klo VSI gimana om? scara dia MLM juga
masalah mlm toh. hahaha
Quote:Original Posted By ordinaryegi
klo VSI gimana om? scara dia MLM juga


yang jadi masalah MMM adalah money game
atau skema ponzy yang akan membuat rugi member (masyarakat)
bayangkan dinegara asalnya saja sergey-mavrodi
telah membuat sekian banyak orang bunuh diri
gara-gara stress kehilangan banyak uang
karena sebagian masyarakat tidak banyak tahu

kalau MLM masih sah-sah saja emoticon-Smilie
mending jauh" da dari bisnis ginian
ane nyimak dlu ya gann emoticon-Matabelo
ane belum pernah denger gan. tapi kalo didirikan di indonesia bisa bahaya gan.. taulah gimana indonesia.. emoticon-Cool
udah banyak yg ginian gan.

mending ga sah ikutan. terakhir di tempat ane bnyak yg kena korban spitlin emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By clipbird
ane belum pernah denger gan. tapi kalo didirikan di indonesia bisa bahaya gan.. taulah gimana indonesia.. emoticon-Cool


pemerintah indonesia acuh bin cuek dengan hal begini,
padahal sudah berapa uang warga dirampok
macam di speedline, speedreturn

juga di MMM ini pas kita PH kok semua rekening bau rusia/eropa timur
nah pasti ada yang tak beres dengan sistem ini emoticon-Mad (S)

masyarakat indonesia memang senang dengan yang serba instan,siapa sih yang tidak mau dapat 30% dari uang yang kita miliki hanya dengan daftar,membantu/mentransfer atau dibantu/ditransfer lalu dapat 30%.ada beberapa hal yang mungkin dapat dijadikan ukuran
1.dengan catatan kehidupan tuan Sergey Mavrodi yang kelam layakah kita
percaya.
2.jika uang yang ada di MMM tidak digunakan untuk aktifitas bisnis semisal penanaman modal,dari manakah 30% yang akan didapat,jawabannya jelas uang yang 30% dari member yang ada,bagaimana jika para member manarik uangnya atau jika tidak ada member yang mendaftar uang yang mana lagi yang akan diputar untuk mencukupi pembayaran kepada membernya sebesar 30% oleh MMM
3.adakah perusahaan yang memberi keuntungan 30% pada orang yang meng
investasikan dananya dengan nilai antara 100rb - 10juta,jawabnya hanya
MMM yang berani melakukan itu.(silahkan tannya pada orang yang ahli da
lam bidang perekonomian dan investasi)
4.perusahaan yang legal,jelas penanggung jawabnya,jelas kantornya masih
ada yang nakal,bagaimana dengan MMM yang tidak jelas legalitasnya,tidak
jelas dimana kantornya,siapa yang bertanggung jawab jika ada persoalan.
5.ini mirip dengan arisan berantai namun dikemas dengan lebih cantik.

udah psti sasaran pasar nya negara ece ece kaya india dan indo,,
bisnis ap apahan ini hhahahha emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Lebih tepatnya dia cm brani maen di negara berkembang gan,tanya kenapa..karena pola pikir masyarakat di negara berkembang itu msh bnyk yg dbawah rata2 dibandingkan dengan negara maju..bayangkan ponzi scheme ada di negara maju,pasti diketawain dgn masyarakat sana...dan jg hukum negara berkembang blm tegas hukuman dgn perusahaan2 sperti ini..berbeda jauh dgn negara2 maju,uda jelas2 hukum berat prusahaan sprti ini.

Just my opinion...suku bunga deposito aja palingggg besar yg pernah sy temuin di bank2 ato badan sekuritas ato lainya itu hanya MAKSIMAL 5-7% SETAHUN,brati SEBULAN HANYA DAPAT 0,4-07% SEBULAN....itu msh ktor blm ptong pajak dll..kl smpai ada perusahan smpai ksi bunga 30% sebulan..apa g garuk pala...
ada pro ada contra...
ada kebaikan ada keburukan....
jng biarkan hal ini membuat kita bercerai berai... emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By BM70COM


yang jadi masalah MMM adalah money game
atau skema ponzy yang akan membuat rugi member (masyarakat)
bayangkan dinegara asalnya saja sergey-mavrodi
telah membuat sekian banyak orang bunuh diri
gara-gara stress kehilangan banyak uang
karena sebagian masyarakat tidak banyak tahu

kalau MLM masih sah-sah saja emoticon-Smilie


berdasar khan analisa agan, kira2 kapan MMM akan tutup yah, mengingat jumlah penduduk indonesia mencapai 250jt dan setahu ane, member tidak mengumpul khan duit nya ke sergey tapi di transfer antar member nya emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By TaoMingTze
Lebih tepatnya dia cm brani maen di negara berkembang gan,tanya kenapa..karena pola pikir masyarakat di negara berkembang itu msh bnyk yg dbawah rata2 dibandingkan dengan negara maju..bayangkan ponzi scheme ada di negara maju,pasti diketawain dgn masyarakat sana...dan jg hukum negara berkembang blm tegas hukuman dgn perusahaan2 sperti ini..berbeda jauh dgn negara2 maju,uda jelas2 hukum berat prusahaan sprti ini.

Just my opinion...suku bunga deposito aja palingggg besar yg pernah sy temuin di bank2 ato badan sekuritas ato lainya itu hanya MAKSIMAL 5-7% SETAHUN,brati SEBULAN HANYA DAPAT 0,4-07% SEBULAN....itu msh ktor blm ptong pajak dll..kl smpai ada perusahan smpai ksi bunga 30% sebulan..apa g garuk pala...


setahu ane, MMM itu bukan perusahaan loh, tapi komunitas yang saling bantu membantu aja sich.
sama seperti kita membantu bank untuk menambah aset kekayaan mereka bukan? apa bila bank profit 100% apakah pihak bank akan jujur membagikan profit secara fair emoticon-Smilie
Ikut nyimak Gan.
Quote:Original Posted By Halim91
ada pro ada contra...
ada kebaikan ada keburukan....
jng biarkan hal ini membuat kita bercerai berai... emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-Ngakak


ane setuju banget dengan agan ini.

menurut pendapat ane gan. semua bisnis ada resikonya.
kalau gak berani menerima resiko jangan ikutan gan.

bagi mereka yg udah ikutan ya berarti sudah siap akan resikonya.
yang penting Happy!!
musik gan... emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By nokige


berdasar khan analisa agan, kira2 kapan MMM akan tutup yah, mengingat jumlah penduduk indonesia mencapai 250jt dan setahu ane, member tidak mengumpul khan duit nya ke sergey tapi di transfer antar member nya emoticon-Smilie



Memang tidak mengirimkan ke pihak Segredi sebagai Admin.
Tapi , Agan tahu kalo dia juga bisa buat rekening Bank ?. .
Ssebagai Admin, dia bisa memprioritaskan akun nya sebagai penerima bantuan utama, dibagi secara merata.

Kelicikannya, dia mengatur 'kerakusannya' mungkin tiap bulan 10-20% dari total peredaran/transfer member masuk ke akunnya.

Ingat gan, kasus penipuan kirim uang ke rekening bank tertentu, setelah di cek alamat, rupanya fiktif.
MMM memang mirip arisan gan emoticon-Ngakak
Jadi skema gagal jika tidak ada yang mau ikut arisan, tapi kalau arisannya menguntungkan kenapa tidak emoticon-Ngakak