alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
{SHARE} Semuanya tentang Karburator....... ( Part 2 ) - Part 1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5258a071bccb177826000010/share-semuanya-tentang-karburator--part-2----part-1

{SHARE} Semuanya tentang Karburator....... ( Part 2 )

Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 391
Quote:


ane juga mau ganti PE/PWL tapi belum laku2 dijual emoticon-Hammer
Quote:


PJ kegedean gan.. Coba di pj 35. Putaran angin antara 1,5 s/d 2,5 putaran. Hasilnya review lg. Posisi jarum buat ke tengah
Diubah oleh mxred1
Quote:


Wah jangan deh, saya udah ngumpulin lama banget buat PWK ini.. emoticon-Mewek

Quote:


Apa gak kekecilan juga gan? PJ nya tuh sama kayak PE kan ya? nanti saya coba beli di bengkel sebelah.. Thanks gan, cek kulkas

UPDATE

Barusan udah beli PJ gan, gak ada nomornya tapi dilihat diterawang lubangnya lebih kecil, mungkin antara 38/35 lah. Colok ke pwk, nyala, lalu seting.

Nah mengikuti saran agan putarannya itu kayaknya masih basah (gak tau juga sih), soalnya kalo digas bensinnya muncrat2. Trus yang bikin kesel itu warna busi gak berubah2 gan tetep aja item. Supaya berubah harus dipake seperti apa gaya bawanya?

Ane udah setel angin gas ditahan trus tutup trus buka dikit ampe mesin raungan paling atas tapi kayaknya kurang enak atau ane aja yang ga bisa ya gan. Cek warna busi tetep aja item.
Diubah oleh ciduh.com
Quote:

gk beli di ane sih, ane kasi murah emoticon-Ngakak (S)
Quote:

ane sndiri gk bgtu ngrti cara cek busi, cuma dlu waktu hbis dipake jalan trus lgsg buka busi emang item, trus coba pake busi lain yg nganggur, hbis dipake jalan trus lgsg buka udah coklat, trnyata emang busi ane yg udah lama blm gnti smpe item. emoticon-Ngakak (S)

eh ya, itu sonicnya bore up / stroke up? di FU ane mesin std pake PWK cuma dapet borosnya, performanya gk bgtu krasa naiknya. emoticon-Cape d... (S)
Quote:


Ini resikonya nyetting PWK. Harus butuh kesabaran. Hehehe. Sekali dapat jossss

Beli PJ yg pakai nomor gan dan satu merk dgn ukuran PJ yg dipakai sebelumnya. Jadi enak nyettinya nanti. PJ nya sama kok dgn PE.

Itu masih kebasahan gan..

Itu pwk merk apa ya?
Kalau koso kan ada bonus jarumnya 10 biji.

Pengalaman ane setting koso 26 di mio ane BU 155 cc susah banget dapatnya.
Terpaksa deh ane tes jarumnya satu persatu dgn clip di tengah.
Cara ngeceknya mulai jarum tipe A s.d J. Stelan gas ane naikin dulu agak tinggi. Waktu itu tipe jarum J yg paling tinggi langsamnya saat di star walaupun masih kebasahan (berarti mendekati ideal), saat digeber jg agak enak. Pilihan jadinya ke tipe jarum J(paling kurus). Kalau pakai jarum agak gemuk atau gemuk suaranya seperti helikopter, saat digeber jg kurang enak, walaupun dikecilin atau dibesarin PJ. Tetap ga dapat settingannya. Stelan angin jg sampai gendeng tetap jg ga enak gebernya. Dari jarum tipe A s.d J busi tetap itam walaupun PJ di kecilin. Feeling ane saat itu nyari tipe jarum yg paling enak di geber walaupun hitam businya. Ternyata benar di tipe jarum J paling enak gebernya.

Setelah disetting ulang dapatnya 35/115 klip paling atas tipe jarum J. Brebetnya tidak ada, tarikan awal tengah sampai atas josss. Hehe..
Masalahnya terlalu basah bawahnya, busi hitam kering dan langsam susah. Rpm agak telat turun saat dinaikkan stelan gasnya. Kalau stelan gas diturunin rpm cepat turun tapi tidak bisa langsam, terpaksa pakai cara ini buat sementara ga usah pakai langsam, berhubung nyari PJ ukuran 25, 28 dan 30 susah nyarinya.

Satu bulan kemudian PJ dari ukuran 25#, 28#, 30# Akhirnya ketemu.
Dan disetting ulang ketemunya di 25/115 clip paling atas. Dipagi hari gampang nyala (berarti tidak kekeringan walaupun ukuran PJ 25), langsam bisa tapi nunggu mesin agak panas, no brebet, busi coklat tua. Boros dikit ga papa deh. Hehe kalau digeber trus busi merah bata.

Kemungkinan hampir mirip kali gan dgn pwk ane. Tapi kalau ukuran spuyernya mungkin ada perbedaan. Soalnya beda durasi cam beda jg ukuran ukuran spuyer.

Sebelumnya jg ane pernah pakai pwk di mx ane. Enaknya pakai jarum gl pro kalau ga salah ingat. Pernah ane coba ke mio ane. Dapat jg langsamnya. Berarti bentuk jarumnya hampir sama dgn tipe jarum J koso.
Kebetulan ane pakai harian, beralih lg ke PE ori thai. Nyari iritnya sih. Hehe
Quote:


keliatannya ga item2 amat bro elektrodanya. kalo udah pemakaian lama jd item bgt dan akhirnya businya mati, harus di setel lg bro anginnya. Biar campurannya ga terlalu kaya atau terlalu miskin. .
Quote:


Ya bener gan, wanrnanya kadang berubah2 bingung jadinya. Sonic ane standar aja gan..

Quote:


Dipostingan sebelumnya ane bilang busi tetep item, tapi udah di set lagi dan busi udah coklat ke merahan gan si bulet2nya itu. Gimana?

Tapi masalah timbul nih gan malem barusan coba geber di trek sekitar 800m. Kok pake PJ kecil jadi gak enak ya? gejalanya begini, ane geber gear 1 sampe 30, masuk gear dua karena rpm dah atas ane buka full gas, tapi kok agak nahan ya gan? pas ane tutup gas perlahan motor malah narik pada bukaan gas gak full jadi ngambil bawah dulu, urut baru ke atas, itu pun harus diurut2.. jadi kalo di kontan itu malah nahan. itu masalah PJ atau MJ? sampe rumah ane rubah lagi PJ ke 42 gan. Besok tes lagi.

Gejala langsam ane alami, kalau digedein telat turun, kalau di kecilin gak ada langsam. padahal langsam penting bgt soalnya buat harian gan. emoticon-Big Grin

Agan domisili mana? kalau bandung tolong setingin motor ane emoticon-Ngakak
Diubah oleh ciduh.com
Quote:


Heheheh.... Yang sabar ya gan..
Ane domisili di luar pulau jawa gan. Kalau dibandung ada tuh suhu firstand I'd kaskusnya.

Saat pakai pj 42 ga bisa langsam kegedean gan.

Kalau pakai pj kecil tapi nomornya ga ada, lalu businya kecoklatan tengahnya mera bata udah hampir dapat settingannya gan.

Kalau pakai kecil dapat ga langsamnya, dinyalain gampang gak?
Kalau susah nyala naik satu step lg.
Seharusnya pakai ukuran gan jadi enak settingnya. Tapi buat sementara coba pakai yg kecil yg ga pakai nomor dulu.

Kalau gas harus diurut berarti MJ kegedean gan. Turun dulu satu step MJ. Atau main clip jarum dulu. Kalau posisi klip di tengah naikkan lg ke klip no urut dua dari atas kalau masih ngurut naikkan ke paling atas kalau masih ngurut jg, turun MJ klip kembali ke tengah. Begitu seterusnya.

Coba pakai pj kecil mj turun satu step . Pwk kan udah dibantu dgn power jet saat bukaan gas full.

Saat pakai PJ kecil harus urut gas itu pakai mj berapa? Clip posisinya dimana? Berapa putaran anginnya.

Quote:


Waktu pakai PJ kecil langsam bisa gan, no brebet bawahnya. Pokoknya kondisinya sama dengan PJ 42. Ukuran PJ110 klip posisi tengah, putaran 2,5 sesuai yang agan sarankan. Tapi gitu, kalo narik sih bagus gan, cuma setelah tutup gas, masukin gigi, buka gas itu nahan (no brebet) motornya, putaran gas ditutup dikit baru nylonong..

Oke, jadi sy pakai PJ kecil dulu maen klip naekin ke nomor 4? (jika dihitung dari bawah). Begitu seterusnya kalau tetep aja baru turunin MJ? Oke gan. Ane bongkar lagi sekarang. nanti ane kasih report
Quote:


Wah...Kalau penjelasan seperti diatas sepertinya pj kurang gede.

Ane salah ngerti dgn penjelasan pertama.

Coba pj yg kecil, putaran sekitar 1,5 kalau masih ada jeda buat klip kebawah, (nomor dua dari bawah, kalau masih ada jeda/nahan turun ke nomor satu dari bawah) kalau masih nahan berarti. Di PJ 40 jadinya seandainya pj yg kecil ga pakai nomor ukuran 38

reviuw lg gan hasilnya kalau naik turunya clip dan perubahan PJ.

Sepertinya di MJ ga masalah tuh gan menurut penjelasan yg sekarang. Ane salah ngerti dgn penjelasan yg pertama.
Diubah oleh mxred1
Quote:


Oh sukur gan kalo agan ngerti maksud saya, jadi nahannya itu kalo udah ganti gigi (dalam kondisi rpm tinggi) masuk gear 2 kalo skep terbuka sepenuhnya tuh nahan tapi begitu skep diturunkan setengah motor baru nylonong bertenaga. Jadi gak bisa buka skep penuh. kudu setengah baru rpm naik cepet (normal), kalo skep buka penuh nahan. begitu pun dengan gear2 selanjutnya.
Quote:

kalo beli pj mj klo bisa satu merk om.. biasanya antar mek ukurannya lobangnya gak sama walaupun tertulis sama2 ukuran 35. belinya juga jangan yg abal2 gan biayanya ukuran lobang sama yg tertulis gak sama. mending pake day*ona om.

pwknya merknya ktc y om?? pwk ktc kan ada power jetnya, ente juga mesti seting ukuran power jetnya di kemasannya ada power jet yg ukurannya beda2. gak enaknya karbu pake power jet gitu om.. kita mesti cari kombinasi ukuran pj,mj sama power jetnya juga. tapi sekalinya ketemu ajib bngt, terutama atasnya.
Quote:


itu juga ane nyetingnya udah lama, wktu itu iseng pengen cek busi sama setelannya. jadi gak harus ganti pj mj lg y om??
kalo warna busi seperti ini gimana suhu...

Spoiler for Warna busi:


Spoiler for warna busi lagi:


karbu PWK33 SUDCO PJ 38 airscrew 2.5 putaran klip no 2 dari atas (1 lean, 5 rich) MJ 128. mongtor GL

keluhan, rasanya kok akselerasinya agak lemot <5000 rpm.
Quote:


Iya gan. Update nih, tadi pake PJ yang kecil, putaran 1,5, clip paling atas, busi merah bata mantap. Memang pembakaran udah sempurna tapi kok perasaan di tarikannya pada beberapa titik kadang nahan kadang ndut2an gan, kayak limit tapi bukan limit. Gak enak aja sih atasnya, apa harus turunin MJ? saya pake 110. Kayaknya emang tengah keatas kurang top.

Saat ini udah ane balikin ke setingan semula pake PJ42 lagi, karena kemaren businya item pake PJ ini clip tetep paling atas, untuk ngurangi bbm siapa tau jadi agak kering.

Quote:


Pakai pj kecil, tarikan bawah udah oke, busi merah bata. Tarikan atasnya ndutndutan sama aja itu brebet gan.. MJ ke gedean.

Coba pakai Pj kecil dan mj 108 klip kembali ketengah. Kalau masih ndutndutan turun mj ke 105. Kalau masih ada ndutndutan naikkan satu persatu klip keatas.
gan mau tanya buat yang pada pake Karburator PE 28 Ori Thailand di Yamaha Byson, kalo di bawa kedaerah yang dingin pada brebet parah gak? kayak bensin kecampur air gitu berebetnya,. mohon infonya gan ama solusi biar gak berebet lagi gimana yah? emoticon-Bingung
Agan suhu semua ane mau tanya.. karbu ane kok ga mau di setting ya angin nya?jadi pas keadaan angin nutup trus di buka.. kok rpm na ga naik ya malah melempem aja.. biasanya kan putaran angin di buka satu putaran aja rpm ddah mulai naik.. nah ini ngga...trs pas di cobain.. rpm tengah ke atas nya brebet kaya yang mau mati..itu kira2 knp ya.. ( karbu pwl 26 )
Quote:



Kyk punya tiger standard ya tuh mj ma pj nya? Ga kegedean ya bro?
para suhu ane minta masukannya dunk...
karbu standar scorpio ane mau ane ganti ke pe28..
setingan pj/mj yg enak buat harian di angka brapa..
kondisi mesin mash standar..
emoticon-I Love Indonesia (S)
gan, ane mau turing nemu masalah ni haduu emoticon-Berduka (S)

pilotjet ane dirojok bengkel, skrg jadi keborosan, niatnya mau ngecilin tuh pj, nyari di toko2 parts ngga ada jual tipe pj kek ane,

Spoiler for pj ane:


pertanyaan ane:
1. itu pj motor apa ya gan? (katanya salah satu toko itu punya megapro monosok keluaran baru jadi belum banyak di pasaran)

2. kalo ga nemu juga di toko, apa bisa ane ganjel kabel tembaga (bakal ngeganggu ngga ntar) atau ada tips lain brgkali?

3. di mana cari pj kecil (25 s/d 35) untuk karbu pwk / pwl / pe ?

trimss gan emoticon-I Love Kaskus (S)
Diubah oleh bocahtress
Halaman 8 dari 391


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di