anakpantiasuhanAvatar border
TS
anakpantiasuhan
Jamannya SBY, jamannya beli... beli... beli....
Pupuk Indonesia Ditugasi Akuisisi Perusahaan Ternak di Australia

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memutuskan menunjuk PT Pupuk Indonesia untuk membeli peternakan sapi di Australia. Hal ini disebabkan skema bisnis PT Pupuk Indonesia dinilai terbaik dibandingkan tiga BUMN lain.

Menurut Dahlan, pada awalnya ada empat BUMN yang melakukan kunjungan ke Australia. Keempatnya adalah PT Pupuk Indonesia, PT Badan Urusan Logistik (Bulog), PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), dan PT Berdikari.

"Ternyata dari empat itu, skema terbaik adalah milik PT Pupuk Indonesia," kata Dahlan kepada wartawan saat jumpa pers di Gedung Surveyor Indonesia, Jakarta, Kamis (29/8/213).

Menurut Dahlan, dalam skema bisnis tersebut, PT Pupuk Indonesia langsung melibatkan perbankan di Australia. Dengan cara ini, Indonesia dapat mengurangi risiko kesalahan pemilihan perusahaan di Australia sebagai mitra usaha.

"Sebab, memang hanya bank yang paling tahu, apakah perusahaan ini kinerjanya maupun reputasinya bagus atau tidak. Apalagi kami selama ini belum punya usaha di Australia, tentu harus hati-hati," kata mantan Direktur Utama PT PLN tersebut.

Sejauh ini, perbankan di Australia yang diajak bekerja sama oleh PT Pupuk Indonesia, yaitu Commowealth Bank, menunjukkan antusias besar dalam bisnis pembelian peternakan sapi di Australia. "Kami harapkan sebelum akhir tahun ini sudah terlaksana," sambung Dahlan.

Dahlan menambahkan, dalam bentuk kerja sama tersebut, PT Pupuk Indonesia mendominasi kepemilikan saham.

"Selain itu, perusahaan Australia memungkinkan untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan Indonesia dalam bisnis penggemukan sapi. Karena di Indonesia memang yang terbaik peluangnya," kata Dahlan.
http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...k.di.Australia
---------------------------------------------
Selain Sapi, RI Juga Ditawari Investasi Lahan Kedelai di Australia

Jakarta - Selain menawarkan lahan peternakan sapi, pemerintah Australia juga menawarkan lahan yang cocok untuk ditanam kedelai kepada calon investor asal Indonesia. Hal ini karena kebutuhan kedelai di tanah air cukup tinggi.

Perlu diketahui kebutuhan kedelai memang di Indonesia cukup tinggi rata-rata sebesar 2,2-2,5 juta ton/tahun, sementara produksi nasional hanya 700-800 ribu ton/tahun. Salah satu pemicu rendahnya produksi kedelai nasional adalah terkendala masalah lahan.

"Saya juga mendorong kerjasama di bidang tanam kedelai yang memerlukan iklim subtropis. Di sana ada daerah yang laik untuk tanam kedelai," ungkap Duta Besar Indonesia untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema saat ditemui detikFinance di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (17/10/2013).

Menurut Nadjib, lahan yang cocok untuk menanam kedelai di Australia cukup banyak dan sangat luas. Lahan-lahan tersebut kini banyak yang digunakan untuk ditanami gandum dan kedelai dalam jumlah yang sedikit.

"Lahannya ada di perbatasan Australia Selatan dengan western teritorial dan Australia Barat serta Queensland Utara. Di sana ada lahan yang sangat luas. Saat ini banyak menanam gandum dan kedelai sedikit sekali nggak banyak. Jadi hal ini bisa dioptimalkan dan saya sudah dorong," imbuhnya.

Pemerintah Australia sangat terbuka dan memberikan kemudahan bagi para calon investor. Bahkan disebut para petani gandum di tempat itu rela mengganti tanamannya asalkan market kedelai di Indonesia cukup tinggi.

"Bisa saja itu terjadi dan pemerintah sana sangat welcome. Bahkan para petani gandum di sana rela untuk menggusur 50% lahan gandumnya jika pasar kedelai di dalam negeri ada dan sangat tinggi," katanya.
[url]http://finance.detik..com/read/2013/10/17/171617/2388489/4/selain-sapi-ri-juga-ditawari-investasi-lahan-kedelai-di-australia[/url]
------------------------------------------
Tidak hanya menerima investasi asing, indonesia kini mulai berekspansi bisnis ke luar negri
Kalau dulu jaman soeharto, habibie, gusdur, dan mega indonesia cuma bisa obral SDA dan perusahaan, sekarang jamannya SBY kita beli... beli... beli....

Emang SBY is the best emoticon-Recommended Seller
Diubah oleh anakpantiasuhan 19-10-2013 01:59
0
8.1K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan