deniapriantoAvatar border
TS
deniaprianto
[TIPS] APPLY VISA TURIS UK Untuk Pengusaha Online / Kerja Freelance
Halo agan-agan,setelah ane cari di mbah google sepertinya belom pernah ada yang share untuk case ini, banyak mungkin dari agan2 yg ingin ke UK/Europe masih bingung dengan beberapa rules untuk apply Visa,disini ane mau share tentang pengalaman ane Apply Visa UK sebagai seseorang yg tidak kerja dan hanya bermodalkan Usaha Online dari rumah yang tidak memiliki SIUP dimana hal tsb tadinya ane pikir menjadi hambatan karena keterikatan dengan Indonesia tidak kuat, jika agan-agan termasuk orang yang bekerja kantoran atau memiliki usaha yg besar,mungkin sudah banyak info bagaimana tips dan apa saja yg dibutuhkan untuk apply visa ke UK, untuk yang Usaha Online dari rumah atau berjualan di kaskus / Freelance ane mau berbagi tips,langsung aja ini tips dari ane

Syarat Utama Apply Visa UK dari salah satu thread di Kaskus,dan ane akan tandain bold bagian mana saja yang ane anggap bisa menjadi hambatan

*BRITISH / INGGRIS
Lama proses 3 Hari - 3 Minggu
a)Paspor minimal masa berlaku 6 bulan saat keberangkatan + lampirkan paspor lama

b)paspor lama juga harus dilampirkan ( jika pernah punya paspor ) Bila paspor lama tidak ada (hilang atau ditarik imigrasi),pax harus membuat surat pernyataan ditandatangani diatas materai 6000 dengan alasan yang jelas.

c)2 lembar pas photo berwarna: size 3,5 x 4,5 cm (proporsional ) latar belakang harus putih (foto terbaru max 6bulan terakhir)

d)surat sponsor dalam Bahasa Inggris ( diatas kop surat perusahaan)

e)fotocopy kartu keluarga

f)bukti rekening koran 3 bulan terakhir. Jumlah nya tidak ditentukan.

g)bukti referensi bank yang menyatakan bahwa anda adalah nasabah di bank tersebut.dicantumkan nilai nominal dan juga nomor account yang anda miliki di bank tersebut. ( untuk bank asing – tidak perlu )

h)Jika sering ke Inggris, referensi bank tidak perlu.

i)Mengisi formulir visa U.K secara online di website : www.visa4uk.fco.gov.uk( setelah diisi lengkap, di print dan di tanda tangani oleh pax )

j)Print out ticket


Hal-Hal yang bisa menjadi hambatan dan Tips-nya

*Surat Sponsor
Sebagai seorang yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan hanya usaha online,ane jelas tidak memiliki sponsor jadi bisa dikatakan mensponsori diri sendiri,dan untuk seorang pengusaha salah satunya adalah memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) nah karena usaha ane Bisnis Online dari rumah,ane juga gak ada SIUP dan ane pikir ini bisa menjadi kendala.

Tips:

1. Bikin Surat / Keterangan sejelas-jelasnya tentang usaha kita kepada kedutaan,ane bikinnya 1 halaman dalam bahasa inggris, terangkan apa usaha kita dengan rinci mulai dari jenis usaha dan tunjukan dimana kedutaan bisa melihat usaha kita,kalo ane kmarein cantumin FB sama Twitter usaha ane, lalu sudah berapa lama usaha kita,berapa pendapatan yg bisa kita terima selama sebulan, yakinkan kalo usaha kita ini menjanjikan dan memiliki prospek yang bagus sehingga kita tidak akan mencari kerja di UK karena kita punya bisnis yang menjanjikan di Indonesia walaupun tanpa SIUP

2. Tidak semua usaha perdagangan wajib memiliki SIUP, ane juga copy 1 halaman keputusan menteri perdagangan tentang SIUP dimana ada beberapa usaha yg memang diperbolehkan untuk tidak memiliki SIUP, ini keterangannya:

Payung hukum mengenai Surat Izin Usaha Perdagangan didasari oleh Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No.289/MPP/Kep/10/2001 Tanggal 5 Oktober 2001 Jo. Permerindag RI No.09/M-DAG/PSR/3/2006, Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 36/M-DAG/PER/92007, tentang Penerbitan Surat Izin Perdagangan dan Peraturan Daerah masing-masing Pemda. Secara umum, jenis SIUP dibedakan menjadi tiga berdasarkan skala usaha dan modal dari perusahaan dagang tersebut, yaitu SIUP Kecil, SIUP Menengah, dan SIUP Besar.

• SIUP Kecil adalah surat izin usaha perdagangan yang wajib dimiliki oleh suatu perusahaan yang mempunyai modal kekayaan sampai dengan dua ratus juta rupiah.
• SIUP Menengah diberikan kepada perusahaan yang mempunyai modal kekayaan bersih (netto) secara keseluruhan di atas dua ratus hingga lima ratus juta rupiah.
SIUP Besar wajib dimiliki oleh suatu perusahaan yang jumlah kekayaan modalnya di atas lima ratus juta rupiah.

Modal-modal usaha yang dihitung tersebut tidak termasuk tanah dan bangunan. Namun, tidak semua usaha di bidang perdagangan wajib memiliki izin usaha perdagangan. Ada beberapa perusahaan yang dibebaskan untuk memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan, antara lain:

• Cabang sebuah perusahaan yang menjalankan usahanya di suatu daerah. Cabang atau perwakilan usaha tersebut biasanya menggunakan SIUP milik Perusahaan induknya (pusat).
• Perusahaan-perusahaan kecil milik perseorangan yang tidak berbadan hukum atau persekutuan. Perusahaan kecil yang dijalankan dan dikelola sendiri atau bersama keluarganya. Perusahaan kecil perseorangan yang profitnya hanya semata-mata untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Mengenai perusahaan kecil ini masing-masing daerah mempunyai kriteria yang berbeda.
Para pedagang keliling, pedagang kali lima, pedagang kelontongan, asongan, dan pedagang pinggir jalan seperti warteg.


Keterangan2 tsb sangat membantu kita untuk meyakinkan kedutaan akan usaha kita yang memiliki potensi sehingga kita akan pulang lagi ke Indonesia, hal terpenting adalah keterikatan kita dengan Indonesia,jika kedutaan yakin kita punya ikatan kuat dengan Indonesia dan bakal balik,mereka tidak ragu untuk memberikan Visa, terbukti keterangan ane tentang usaha ane yg ane tulis 1 halaman full dan surat rekomendasi bank tidak dikembalikan ke ane (berkas lain dikembalikan waktu pengambilan visa) ada 1 kasus temen saya yg ounya pacar orang UK apply visa, semua disponsori sama pacarnya,tapi visa nya ditolak karena temen ane gak punya kerja dan baru lulus kuliah, kedutaan takut dia gak balik dan bakal cari kerja di UK


*Rekening Koran dan Surat Referensi Bank

Jumlah pasti berapa rekening yang ada di tabungan kita memang tidak disebutkan secara gamblang,tetapi ane dpt info dari beberapa temen ane yg sudh berpengalamn ngurus visa,boleh percaya dan boleh tidak,jumlah minimal yg harus ada di rekening adalah 50 jt, tetapi jangan tiba2 masukin 50 jt or duit masuk secara tiba2,itu akan bikin Embassy curiga, silahkan atur gmn caranya agar dalam 3 bulan agan bisa mengatur rekening agan dan memiliki dana min 50 jt atau lebih malah bagus, boleh pinjam orang tua jika kurang,tapi ingat buat secara bertahap emoticon-Smilie

Surat Referensi bank bisa anda minta ke bank dimana anda membuka rekening dan surat ini juga menurut ane sangat berpengaruh karena didalamnya bank juga menyertakan keterangan kalo kita mampu membiayai sendiri perjalanan kita selama ke UK, surat refernsi bank ane gak dibalikin sama kedutaan, untuk bank M*andir* 1 hari jadi, untuk bank BC* 4 hari jadi dan saldo minimal 50 jt untuk buat referensi bank


*Cap Imigrasi Paspor

Oiya makin sering kita keluar negeri,makin kuat posisi kita karena embassy akan ragu untuk memberikan visa jika kita belom pernah keluar negeri,temen saya visa nya ditolak karena paspor nya baru 1 kali ada cap Singapore

Spoiler for Visa UK:


Visa ane jadi dalam waktu 13 hari kerja dan dapat 180 hari valid untuk 6 bulan plus multiple entry jadi bisa keluar masuk UK dalam 6 bulan, Semoga tips dari ane membantu dan untuk yang mau tanya2 monggo,bisa via kaskus or email
Diubah oleh deniaprianto 15-10-2013 10:22
tata604
tata604 memberi reputasi
1
19.5K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan