alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Agan ga semangat kuliah? Mungkin 5 tips sedikit ini membantu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523dae57f7ca173f1c000006/agan-ga-semangat-kuliah-mungkin-5-tips-sedikit-ini-membantu

Agan ga semangat kuliah? Mungkin 5 tips ini sedikit membantu

Assalamualaikum


Spoiler for sebelumnya:


Ane nyubi mau nyoba buat bikin thread pertama kalinya. emoticon-Malu (S)
Langsung aja gan, berawal dari forum kecil di kelas ane beberapa hari yang lalu dimana temen2 ane pada ngerasain nilai IP turun di semester ini dibanding semester sebelumnya. Nah, disini ane juga ngalamin turunnya nilai juga gan emoticon-Malu (S)
Tapi ane akan bagi2 tips buat agan2 yg mungkin punya masalah yg sama.


1. Ingat tujuan awal kuliah
Buat agan2 yg mulai ga fokus dan bosen sama kehidupan kampus dan sempet pengen berhenti kuliah, mungkin tips ini sedikit membantu. Coba agan inget2 lagi kenapa agan jauh2 dari kampung halaman ke kota buat kuliah? Apa untuk kehidupan yang lebih baik, membanggakan orang tua, membantu menyekolahkan adek2 agan? Coba tulis semua tujuan2 itu di tembok kamar agan/meja belajar agan.

2. Pilihan? Konsekuensi? Resiko?
Setiap pilihan yang agan ambil, pasti ada konsekuensi yang mengikuti. Dalam hal ini, menurut pengalaman beberapa temen ane, mereka gagal dalam manajemen waktu untuk membagi kuliah dengan organisasi. Tapi tenang gan, coba ambil nafas dalam2 dan hembuskan perlahan dan sejenak berpikir. Apa yang agan dapatkan di organisasi/kegiatan di luar kuliah? Pikirkan baik2 dan ingat tujuan agan ikut kegiatan tersebut. Jika memang banyak manfaat yang didapat, mulailah tuliskan skala prioritas agan dengan tidak mengabaikan tujuan awal agan kuliah seperti poin pertama.

3. Tuliskan target nilai
Nah, tips ini ane dapat dari temen ane yang meraih peringkat pertama dikelas dengan nilai IP 4,00 bulat. Ketika ane tanya gimana dia bisa fokus kuliah meskipun dia banyak project dan kerja di luar, ternyata tipsnya adalah membuat target nilai tiap - tiap mata kuliah. Sekarang, coba agan tuliskan mata kuliah yg paling agan sukai dan berikan target tinggi, sedangkan untuk mata kuliah yang kurang agan sukai, bisa agan turunkan sedikit dari target yang mungkin agan bisa capai.

4. Belajar dari pengalaman sendiri/orang lain
Cobalah ikut seminar - seminar dimana narasumbernya bisa dijadikan inspirasi bagi agan. Ane sendiri ketagihan dan selalu ngerasa semangat naik ketika ada orang yang menceritakan kegagalan yg bertubi2 sebelum akhirnya sukses atas hasil usahanya.

5. Bayangkan orang tua di depan kelas
Tips terakhir dari ane adalah bayangkan ketika agan kuliah, ortu agan ada di luar jendela / di depan kelas sedang mengawasi agan. Coba bayangkan betapa mereka akan kecewa ketika agan cuma main2 dan tidur di kelas saat dosen memberikan materi. Mulailah fokus dan konsentrasi, bayangkan ortu agan bangga melihat agan semangat saat kuliah, sehingga mereka ga akan menyesal kerja keras buat biayain kuliah agan.


Tips tambahan (penting gan!)

Jangan lupa ibadah, sekeras apapun usaha agan, akan sia - sia jika agan mengabaikan kekuatan Tuhan.

sekian trit pertama ane, mungkin agan punya tips lain untuk dibagikan, silakan post dibawah. semoga membantu dan menambah semangat kita semua.


Spoiler for jangan dibuka gan:


tambahan tips dari agan2:
Quote:


Spoiler for makasih gan:
Diubah oleh nyak.il
Halaman 1 dari 4
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
ane udah lulus gan emoticon-Sorryemoticon-Sorry
betul gan ane dulu sih selalu inget ortu ane yg harus kerja keras buat nyekolahin gw emoticon-Cool
Diubah oleh warungmadju
iya ni9h kalo ngga lulus taun ini ane do gan hahahahahahahaha
mantaap gan, sangat menginspirasi ane. thanks , ane maba xixi
sama klo bisa cari pacar yg bisa bantu agan menuju kesuksesan, ya contohnya jd temen belajar, pengingat klo ada tugas atau matkul, alarm pagi, penyemangat, dll. jgn csri pacar yg kebalikannya loh emoticon-Big Grin
Quote:


haha, bisa dicoba gan! emoticon-Ngakak
ini nih yg hrsnya pada baca nih Agan ga semangat kuliah? Mungkin 5 tips sedikit ini membantu Agan ga semangat kuliah? Mungkin 5 tips sedikit ini membantu emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
Quote:

mungkin bisa bagi tipsnya pas jaman kuliah dulu gan emoticon-Malu (S)

Quote:

iya gan, kalo udah ngomongin ortu, itu udah kekuatan paling manjur gan emoticon-Matabelo

Quote:

semangat biar lulus dong gan! emoticon-Ngakak

Quote:

hehe, apalagi maba, bisa langsung nyoba tips2 ane gan emoticon-Malu (S)

Quote:

hehe, iya gan emoticon-Malu (S)
alhamdulilah udah lulus ane gan emoticon-Malu (S)
skalian curhat ah,ane kan pengennya kuliah di ksokderan gan,cman nasib yg ane buat berkata lain,ane malah msuk di teknik kimia...pdhal ane dan oortu ane ngebetnya di kdokteran..rasa2nya jdi gk niat ane kuliah...apalgi dngar kata2 abang seniornya seblumnya..kudu ngannggur 2-3 thun bru bisa kerja di perushaan,disisi lain zaman skarang banyak yg ngundurin dri dri prusaahann gara2 sd outsourching.. gtu..ane tkut msa dpan ketika ane dah tua mlah kehilangan pkerjaann..atau msih sibuk dngan urusan finansial...ko di kdokteran kan,,emang awalnya agkak sakitgan,,,,kudu sabar...cman...peluang kerjanya enak...trus klo seandainya juga pensiun kan,msih bisa buka praktek sendiri...sorry klo long post...tpi ane cobain dlu sat thun nih,klo sreg ane lanjugtin...klo nggak ane coba ikut sbmptn lgi thun dpan...smoga uktnya nggak kena yg mahal ane...n bisa dpat beasiswa..kyak ane di prodi yg ane pilih...jujur gan,klo seandainya ane gk dpat beasiswa...ane mah mlas kuliah di prodi ane...cman karana ad beasiswa..itu yg buat ane bertahan...dan trus belajar
kalo ane dulu inget cita2 ane gan....
gara2 itu ane jadi semangat buat kuliah dan alhamdulillah bisa lulus hanya 3,5 tahun. (S 1 ya gan) emoticon-Big Grin
Bersyukurlah buat agan2 yg bisa kuliah,

Quote:

bagi tipsnya dong gan emoticon-Malu (S)

Quote:

kalo dari ane sih, jalanin dulu aja gan. bbrpa temen ane ngerasa salah jurusan juga kok. tapi ada kemauan ada jalan. adek kelas ane, dari SMK jurusan pendingin (semacam teknisi AC/kulkas), eh kuliah malah masuk Informatika (jurusan ane gan). bbrpa saat dia ngerasa kuliah di IT berat, tapi lama2 dia punya tekad dan kemauan buat bisa gan. tiap malem dia ke rumah temen ane buat belajar pemrograman dari nol.
kalo masalah kerja sih, itu udah nasib dan rejeki gan. tapi nasib itu agan sendiri yg nentuin, masa depan agan adalah buah dari apa yg agan lakuin sekarang. kalo kata temen ane, pesen buat org2 yg salah jurusan:
adaptasi dengan keadaan yg sekarang dengan benar, atau keluar cari bidang yg kamu suka dan jadilah yg terbaik di bidang itu. emoticon-Malu (S)
Ane ingat ortu makanya smngat slesaiin kuliah gan
klo inget ortu kebawa nangis pasti. . emoticon-Embarrassment
Quote:

keren gan! emoticon-Matabelo

Quote:

haha, kadang2 ane sendiri emang gitu sih gan.. apalagi awal2 jadi maba dulu emoticon-Ngakak
kalo kaga semangat bekerja
gimana gan?
tambahin dikit gan, INGET GMN PENGORBANAN ORTU KITA!
inget ortu aje dah gan
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di