7WondersCloth
TS
7WondersCloth
Masih ingat ponsel Nokia? Ini 5 langkah Nokia di masa kejayaannya
emoticon-Blue Guy Cendol (L)WELCOME TO MY THREADemoticon-Blue Guy Cendol (L)



Quote:



TEMPO.CO, Jakarta - Microsoft telah menggandeng Nokia untuk maju bersama melawan persaingan di era digital. Tapi, sebenarnya Microsoft termasuk lambat dalam memulai pasar ponsel pintar. Sementara Nokia sudah memulai debut penjualan ponsel sejak tahun 1990-an.
Pada masa jayanya, pengguna Nokia selalu merasa puas pada handset yang mereka gunakan. Nokia pernah melakukan beberapa gerakan yang membuat ponsel mereka populer. Berikut 5 langkah Nokia yang berhasil mengambil hati para penggunanya:

1. Ponsel GSM

Nokia menciptakan hits dengan ponsel Nokia 1011 yang dirilis pada tahun 1992. Saat itu, ponsel ini adalah satu-satunya yang dapat beroperasi dengan jaringan GSM.
Teknologi GSM ini memungkinkan ponsel Nokia 1011 melakukan panggilan dari mana saja. Saat itu, penggilan telepon masih terbatas padajaringan telepon rumah. Sampai saat ini, sistem GSM adalah sistem mobile paling banyak digunakan untuk ponsel, meski sudah tesedia sistem 3G bahkan 4G.

2. Gaya

Pada tahun 2000-an, tanpa disadari orang merasa identitasnya terpancar pada jenis dan warna ponsel yang mereka gunakan. Fenomena itu diambil Nokia untuk meluncurkan ponsel yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna. Meluncurlah Nokia 5110 sebagai ponsel 'bunglon' paling populer.
Nokia 5110 ini adalah ponsel pertama dengan casing yang bisa diganti-ganti. Penggunanya bisa menyesuaikan warna dan model casing dengan kepribadiannya. Inilah alasan pengguna ponsel begitu jatuh cinta pada tipe Nokia yang satu ini.

3. Ponsel Slider

Di masa kejayaannya, Nokia sangat unggul dengan disain untuk ponsel. Jika model ponsel lipat pertama dilakukan oleh Motorola, Nokia mencetuskan ide ponsel slide dengan Nokia tipe 8110 tahun 1998. Ternyata, Nokia terinspirasi dari film 'The Matrix'.

4. Game 'Snake'

Ingat game 'Snake' yang terdapat pada semua tipe ponsel Nokia dulu? Game sederhana ini pernah sangat populer dan hanya terdapat untuk ponsel Nokia. Kemunculannya pada tahun 1998 ini membuat pengguna ponsel Nokia kecanduan pada game 'Snake'.

5. Sistem Operasi Windows

Nokia adalah ponsel pertama yang berkolaborasi dengan Microsoft untuk membuat ponsel pintar paada tahun 2011. Nokia beralih ke sistem operasi Windows untuk sistem default untuk kelas ponsel pintar.
Hasil kolaborasi kedua perusahaan ini, meraih penjualan 7,4 unit ponsel Windows pada kuartal kedua tahun 2014. Meski masih kalah dibanding ponsel Andorid dan iOS, Nokia tidak boleh dianggap remeh. Kita tunggu saja apa inovasi selanjutnya dari gabungan Nokia dan Microsoft untuk meraih pujian dari penggunanya.

Quote:


Spoiler for Komeng TS:
Diubah oleh 7WondersCloth 06-09-2013 06:25
0
3K
26
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan