aki2titasikAvatar border
TS
aki2titasik
Perbedaan Nasi Jepang dan Nasi Kita


Spoiler for Gak Nyangka:


emoticon-JempolSELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA!emoticon-Jempol


[/QUOTE]

Sedikit Ringkasan
Nasi jepang memiliki kadar amilosa yang cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan nasi yang ada di Indonesia pada umumnya (padi pera) sehingga nasi jepang lebih lengket dan cocok untuk dipakai membuat shushi dan gampang untuk diambil dengan chopstick (sumpit).
Pada umumnya nasi adalah beras yang telah direbus dan ditanakan. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Kandungan amilosa yang rendah pada pati beras akan menghasilkan nasi yang cenderung lebih transparan dan lengket.

Aneka Jenis Beras/Padi

Ketan (Sticky Rice)
Spoiler for pic:

baik yang putih maupun merah/hitam, sudah dikenal sejak dulu. Padi ketan memiliki kadar amilosa di bawah 1% pada pati berasnya. Patinya didominasi oleh amilopektin, sehingga jika ditanak sangat lekat.

Padi Pera
Spoiler for pic:

Padi pera adalah padi dengan kadar amilosa pada pati lebih dari 20% pada berasnya. Butiran nasinya jika ditanak tidak saling melekat. Lawan dari padi pera adalah padi pulen. Sebagian besar orang Indonesia menyukai nasi jenis ini dan berbagai jenis beras yang dijual di pasar Indonesia tergolong padi pulen. Penggolongan ini terutama dilihat dari konsistensi nasinya.

Padi Wangi
Spoiler for pic:

Padi wangi atau harum (aromatic rice) dikembangkan orang di beberapa tempat di Asia, yang terkenal adalah ras 'Cianjur Pandanwangi' (sekarang telah menjadi kultivar unggul) dan 'rajalele'. Kedua kultivar ini adalah varietas javanica yang berumur panjang.

Beras Hitam a.k.a Ketan Hitam
Spoiler for pic:

gambar tambahan dari agan blueman625
Berdasarkan Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM) yang dikeluarkan oleh Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) beras hitam kaliumnya lebih tinggi sebanyak 105 mg dibandingkan dengan beras merah yang hanya 85 mg (pada 100 g bahan makanan). Selain itu, hasil analisis Laboratorium Pangan dan Gizi Pusat Antar Universitas (PAU) Universitas Gadjah Mada menunjukkan kadar protein beras hitam 7,88 %, lebih tinggi ketimbang beras putih yang memiliki kadar protein sebesar 6,8 %. Namun, kandungan karbohidratnya hanya 74,81%, sedikit lebih kecil dibandingkan beras putih yang 78,9%.

Beras Merah
Spoiler for pic:

Quote:


Beras Jepang (japonica)
Spoiler for pic:

untuk sushi mengandung kadar amilosa sekitar 12-15% sehingga nasinya lebih lengket
Pada umumnya, beras dengan kadar amilosa lebih dari 24% akan menghasilkan nasi yang 'pera' (tidak lekat, keras, dan mudah terpisah-pisah).

Spoiler for Yang udah pernah nyoba nasi jepang:


Beras Bulog (Raskin)
Quote:



Ilustrasi Kadar Amilosa Pada Nasi
Spoiler for pic:



Spoiler for Salah Satu Contoh Mesin Panen Padi Jepang:



Spoiler for Inakadate Rice Art - The Amazing Rice Field Art in Japan's Inakadate:


Indonesia Punya
Quote:


Spoiler for bonus bacaan:


Spoiler for Saran dan Pemikiran dari Kaskuser:


Spoiler for referensi:


Spoiler for Spesial Thanks to:


emoticon-PawSekian dulu thread yang ane buat ini, jika ada kesempatan akan ane update. Semoga bermanfaat bagi semua pembaca sekalian. Terimakasih telah mengunjungi thread ane emoticon-Paw


*)TS mhon maaf ats kmentar, saran ato masukan yang sgt bermutu dari agan2 tdk bsa smua ane taro di pekiwan dikrnkan spacenya udah limit emoticon-Nohope
Polling
0 suara
Manakah Yang Lebih Agan Sukai? (Bisa Pilih Lebih dari Satu)
Diubah oleh aki2titasik 01-09-2013 16:04
0
131.6K
1.5K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan