SmiLeardEEAvatar border
TS
SmiLeardEE
Sepeda Motor Pertama di Indonesia


alhamdulillah Hot Thread gan...

Sepeda Motor Pertama di Indonesia

Probolinggo yang seringkali dipandang biasa saja ternyata menyimpan sejuta sejarah yang luar biasa. Salah satunya adalah sebagai tempat hadirnya sepeda motor pertama di Indonesia. Sebagaimana disebutkan dalam sejarah, sepeda motor rupanya sudah hadir di Indonesia sejak jaman pendudukan Belanda yang saat itu masih bernama Hindia Timur (Oost Indee).

Sebuah cacatan sejarah menyebutkan, sepeda motor telah hadir di Indonesia sejak tahun 1893 –atau 117 tahun yang lalu. Uniknya, walaupun pada saat itu Indonesia masih dibawah pendudukan Belanda, orang pertama yang memiliki sepeda motor di Indonesia bukanlah orang Belanda, melainkan orang Inggris.

Adalah John C. Potter yang sehari-hari bekerja sebagai masinis pertama di Pabrik Gula Oemboel (baca: Umbul) Probolinggo, Jawa Timur-lah yang memiliki sepeda motor pertama itu.

Spoiler for De Duivelswagen:



Pada awal tahun 1960-an, skuter Vespa masuk Indonesia disusul dengan skuter Lambretta pada akhir tahun 1960-an. Pada masa itu, masuk pula sepeda motor asal Jepang, Honda, Suzuki, Yamaha, dan belakangan juga Kawasaki.
Spoiler for Spesifikasi:

Spoiler for Sumber:



Quote:


Spoiler for Silahkan:


Diubah oleh SmiLeardEE 09-07-2013 18:29
0
96.5K
1.6K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan