DryadZAvatar border
TS
DryadZ
[FR] Perth, WA (29 Mei - 6 Juni 2013)
Seperti biasa dengan modal tiket promo, kali ini AirAsia DPS-PER seharga 450rb. Untuk visa ane urus langsung via AVAC dg ongkos kira2 sekitar 1,4jt-an (via pos, maklum bukan warga ibukota). Tiket pulangnya Jetstar PER-CGK seharga AUD $199, tapi ane bayar pake voucher AUD $200 hasil beli di ebay seharga 1,7jt (lumayan hemat 300rb). Krn ane ada nenek di Perth jadi akomodasi udah ga keluar duit lagi.

DC:
Visa = 1,4jt
AirAsia DPS-PER = 450rb
Jetstar PER-CGK = 1,7jt
Tarik duit di Perth = 1,2jt
TOTAL = 4,7jt

Sedikit tips dan info:
  • sebaiknya kalo ngurus visa jgn terlalu mepet, krn sekarang diprosesnya bener-bener pas 15 hari kerja baru kelar (potong hari libur, praktis hampir sebulanan totalnya)
  • sebagian besar ATM di Perth (ANZ, Commonwealth, dll) men-charge $2 s/d $3 jika kita menarik dari mesin mereka dg kartu asing. jadi kalo mo tarik tunai pake aja mesinnya bank Westpac dan BankWest, dua bank itu free of charge ATMnya.
  • air minum botol muahal gan di Perth, harganya sekitar $3 s/d $5 jadi biar ngirit bawa aja botol kosong, trus isi di drinking fountain yg ada di stasiun atau tempat2 rekreasi.
  • makan jg mahal, kalo mo asal kenyang makan di sub aja atau cari mobile vendor, biasanya di bawah $7-an emoticon-Big Grin
  • untuk transportasi beli aja tiket yg Dayrider (ongkosnya $11), bisa transfer unlimited dg bis,kereta,ferry seharian sampe malem. lebih murah kalo diitung2 & cocok buat turis. tinggal tunjukin aja ke sopirnya waktu naik.
  • bis CAT (blue,red,yellow,orange) adalah angkot gratis di daerah CBD Perth & beberapa daerah lain sekitar Perth. ga perlu tiket, cukup naik & duduk aja.
  • orang-orang Perth ini ramah2 gan, kalo papasan biasanya mereka akan menyapa anda. waktu naik-turun bis mereka juga say thank you kpd sopirnya. di rockingham aja ane diajak bahasa indonesia-an sama sopir bisnya. nyopirnya jg gitu gan, selalu kasih kesempatan ke pedestrian untuk nyebrang duluan. santun sangatlah gan emoticon-Belo
  • jgn kaget ya gan kalo kadang ketemu orang aborigin yg mabok & ngomongnya ngelantur (rada rasis) cuekin aja emoticon-Big Grin. kesel jg sih sebenernya, krn kita kan cuma turis bukan mo jajah tanah mereka emoticon-Hammer
  • kalo mo beli oleh2 ke fremantle market aja, lumayan murah daripada tempat lain.
  • jgn lupa nyicip steak daging kangguru gan emoticon-Peace
  • kalo kebelet boker di perjalanan emoticon-Ngakak (S), ga usah khawatir biasanya di tempat rekreasi & taman di Perth ada public toiletnya gan.
  • kalo cari internetan gratis bisa ke town center daerah tersebut (misal town centernya fremantle, joondalup, dll) biasanya di sekitar situ ada fasilitas wifi publik.
  • kalo mo internetan gratis di bandara, ada kiosknya tapi lebih sering ngadatnya. duduk aja di dekat loungenya Qantas, di sana ada wifi gratisannya.


Selama di Perth ane mampir ke...

Queens Gardens
Letaknya di East Perth, ga terlalu luas tamannya, ada kolam dg angsa-angsa hitam di dalamnya. Sebenernya tujuan ane mo ke Cemetery yg dekat-dekat sini , tapi ternyata gerbangnya digembok & ga boleh masuk, jadilah ane duduk2 bentar di taman ini. Untuk menuju taman ini bisa naik bis CAT yg biru.


Kings Park
Nah ini baru ciamik, taman dalam kota terluas di dunia, lebih luas dari Central Park-nya NYC (katanya). Lumayan seharian waktu ane habis di taman ini. Ada banyak monumen di sini, termasuk monumen untuk warga Perth yg tewas dalam peristiwa bom Bali dan tower yg berbentuk DNA. Ke taman ini bisa naik bis CAT yg merah.


Cottesloe Beach
Salah satu pantai termoncer di Perth, tapi mungkin krn udah memasuki winter jadi agak sepi pengunjung walaupun tetap ada beberapa orang yg surfing (padahal airnya dingin banget). Untuk menuju pantai ini bisa pake metro dari Perth Station ambil jurusan Fremantle trus turun di Cottesloe Station, lanjut dg bis jurusan Cottlesloe Beach atau jalan kaki aja dari stasiun ke arah barat kira-kira 20 menitan sambil liat deretan perumahan yg asri emoticon-Wowcantik emoticon-Genit


Neil Hawkins Park
Terletak di Joondalup, jadi kalo mo ke sini dari Perth Station ambil Joondalup line, turun di Joondalup Station trus lanjut dg bis CAT. Tamannya ga terlalu luas, tapi ada trek buat jogging atau sepedaan, persis di sebelahnya ada danau Joondalup.


Fremantle
Ini kayaknya destinasi wisata paling tenar di Perth. Ada market,prison,shipwreck museum,cappucino strip,south beach,dll. Jalur bis ke sini ada banyak, tapi pake metro lebih enak langsung turun di stasiunnya trus lanjut dg bis CAT. Ane ke sini 2 kali, pertama pas weekend untuk keliling di marketnya, kedua pas hari rabu krn ane ikutan tur malam di prison-nya. Untuk tur malam di penjara sebenarnya sama aja dg tur waktu siang hanya atmosfernya agak beda krn kita pake lampu senter untuk penerangan, tiket masuknya $25. Nah kalo mau beli suvenir/oleh-oleh paling pas ke marketnya karena harga-harganya di sana lumayan miring.


Penguin Island
Lokasinya di seberang Rockingham, kota kecil di selatan Perth. Dari Perth bisa ditempuh dg metro ambil jurusan Mandurah berhenti di Rockingham Station trus lanjut bis no 551, 552, atau 553 jurusan Shoalwater. Untuk nyebrang ke pulau ini ongkosnya $12 untuk ferry doang, kalo mo ikut sesi memberi makan penguin ada biaya lagi. Sesuai namanya seharusnya pulau ini isinya ya penguin, tapi anehnya pas ane ke sana yg nongol malah ribuan seagull & beberapa burung pelican emoticon-Hammer emoticon-Hammer emoticon-Hammer, sampe ada bule yg ngomel2 krn merasa ketipu udah bayar tapi ga bisa liat penguin emoticon-Ngakak (S). Penguinnya ternyata jauuuh di bagian ujung pulau & ga bisa didekati krn ga ada walkway-nya.
Diubah oleh DryadZ 04-07-2013 02:26
0
6.9K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan