justerjusterAvatar border
TS
justerjuster
Perjalanan Luar Biasa Turis Bule Masuk Korea Utara Secara 'Ilegal'
Cuma sekedar sharing neh, bukan pengalaman ane sendiri ya.

Di bawah ini ane mau sharing kisah turis bule dari Austria, Helmut, dan temannya Oliver dari Swiss, yang melakukan perjalanan luar biasa dengan kereta api dari Wina Austria ke Pyongyang Korut sepanjang 13.000 km, pada bulan September 2008.

Korea Utara, walaupun merupakan negara tertutup dan terisolasi dari dunia luar, sebenarnya membuka diri terhadap turis asing, dan turis asing, walaupun tidak sebanyak ke destinasi lain, lumayan banyak yang pernah kesana. Di internet agan cukup gampang nemuin travelogue yang menceritakan trip ke Korut.

Namun demikian, karena masih jarangnya wisatawan ke sana, perjalanan ke Korut sendiri merupakan hal yang luar biasa. Tapi si Helmut ini lebih luar biasa lagi, karena dia dan temannya melakukannya secara ilegal, artinya masuk lewat jalur yang tidak biasa alias ditutup bagi turis, yaitu masuk lewat perbatasan Rusia. Sejauh ini, satu2nya jalur darat yang dibuka bagi turis masuk ke Korut (Pyongyang) cuma via perbatasan Cina di Dandong. Perjalanan menakjubkan itu diceritakan secara mendetil di blognya yang tak kalah luar biasa.

Rute dia dari rumahnya ke Pyongyang:

Spoiler for Rute Wina-Pyongyang yang digaris biru:


Itinerary nya dia (ane copas langsung dari blognya):

Spoiler for itin:


Yang membuat blognya tambah menarik adalah banyak banget foto (dan video) yang diambil selama perjalanannya. Terutama foto2 selama di Korut yang banyak di antaranya kemungkinan merupakan foto satu2nya yang pernah dipublish tentang daerah terlarang di Korut.

Beberapa foto yang diambil di blog dia di antaranya:

Spoiler for Stasiun Moskow Sievskaya:


Spoiler for Stasiun Novosibirsk:


Spoiler for Siberia:


Spoiler for Stasiun Krasnoyarsk:


Spoiler for Stasiun di perbatasan Korut-Rusia:


Spoiler for train inside NK:


Spoiler for train inside NK sea of japan/east korean sea:


Spoiler for stasiun di korut:


Blog si Helmut ini menjadi personal favorite ane, menurut ane sejauh ini inilah blog travelogue terbaik yang pernah ane liat di net. Keren! Berasa langsung ikut perjalanan karena foto2nya yang banyak banget. Dan bikin ngiler juga liat pemandangannya!emoticon-Genit

Daripada kebanyakan ngemeng langsung ke TKP aja dah gan:
Spoiler for Amazing blog:


WARNING: Blog ini memuat banyak banget foto yang BWK! Pastiin agan punya koneksi internet yang cepet dan stabil

Pendek kata: tur ke Korut selain butuh modal besar, juga butuh kesiapan fisik, dan mental! Apalagi perjalanan si Helmut ni tergantung nekad, dan dia beruntung banget gak ngalamin hal yang macam2 disana (Dia sendiri mengakui). Masih inget kisah wartawan AS Laura Ling yang ditangkap dan dijatuhi hukuman kerja paksa di Korut tahun 2009? Dia bisa bebas gara2 campur tangan Bill Clinton yang dateng langsung ke Pyongyang ketemu Kim Jong Il. Mengingat sejatinya Korut ini sejatinya keras banget terhadap orang asing yang masuk secara ilegal, kalo aja si Helmut ni apes dikit aja dan ketangkep, bakal gak bisa pulang dia emoticon-Takut

Yang menarik, konon ketika si Helmut udah balik ke negaranya, terjadi kehebohan di pihak internal Korut mereka kecolongan, bagaimana mungkin ada turis bisa masuk dari jalur ilegal dan bisa lolos. Katanya, pihak sana segera merombak aturan supaya di masa depan nggak akan lagi turis yang bisa masuk dari jalur ilegal kayak gitu.

Oh ya, menurut si Helmut, dana yang dihabiskan selama perjalanan mencapai 3100 EUR. Mahal ya? Atau malah murah?

Sekian, kalau sharing ane berguna jangan lupa di emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Starya gan emoticon-Smilie

emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh justerjuster 13-06-2013 11:12
0
5.8K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan