Eff3ndyAvatar border
TS
Eff3ndy
Numpang tanya bapak bapak polisi kasus pidana atau perdata masalah ini
Selamat sore agan agan sekalian maaf kalo salah kamar maklum masih nubie.

Ane punya kasus terkait data / nama ane yang digunakan oleh temen ane untuk mengambil kreditan Tv di salah satu leasing yang ada di jakarta tanpa sepengetahuan dan persetujuan ane. Jadi gini kronologinya waktu itu ane pernah suruh dia ngurusin perpanjangan surat surat ane otomatis ktp ane pinjamkan ke dia untuk pengurusan tersebut, keesokan harinya ktp dibalikin ke ane lagi nah permasalahannya sebelum dibalikin ktp dan kk ane sempet di fotocopy sama dia. Beberapa hari kemudian dia mengajukan kredit dan Disetujui dengan menggunakan fotocopy ktp dan kk ane tersebut. Kemungkinan besar dia bekerja sama dengan marketing leasing tsb karena :

Yg pertama ane udah cek untuk pengajuan kredit harus melampirkan KTP asli sedangkan yang Dia bawa cuma fotocopyan karena ktp asli ada di tangan ane dan ane juga udah tanya ke dia waktu pengajuan pake ktp asli atau fotocopy dia menjawab pake fotocopy.

Yg kedua jelas jelas foto di ktp itu foto ane sedangkan yang mengajukan kredit itu temen ane yang jelas jelas mukanya berbeda.

Ane tahu temen ane kredit pake data ane tiba tiba ada seseorang karyawan dr lleasing itu datang ke rumah dan konfirmasi apakah ane ada ambil kredit ane jawab aja tidak pernah lalu si org leasing tsb mengeluarkan sebuah foto dan mengatakan apakah bapak kenal dgn orang ini karena orang ini yang mengambil kreditan pake data bapak.

Ane sih udah gak mempermasalahkan penggunaan data ane soalnya Temen ane udah janji mau tanggung jawab dan bayar cicilannya setiap bulannya tp permasalahan timbul pada leasing tsb karena si leasing mau melaporkan temen ane ke pihak kepolisian atas penggunaan data orang lain pada waktu pengajuan kredit tersebut secara ane sendri sebenernya sudah tidak mempermasalahkan penggunaan data ane sebagai kreditur di perusahaan tsb nah yang mau ane tanyakan kl bener diproses ke polisi ini masuk ranah pidana / perdata ? apakah temen ane bisa kena pasal pidana dalam hal ini? Kalo kena pasal pidana itu pasal berapa yah ? apakh si perusahaan bs disalahkan karena sangat ceroboh dalam menyetujui permohonan kredit seseorang tanpa mengecek dengan teliti?


Mohon informasinya ... Thx agan agan sekalian
Diubah oleh Eff3ndy 06-06-2013 10:14
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
6.9K
20
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan