findo45Avatar border
TS
findo45
Misteri Bangkai Kapal di Tengah Gurun Uzbekistan
Spoiler for :

Moynaq - Bangkai kapal, biasanya ada di pinggir atau dasar laut. Tapi di tengah gurun pasir Uzbekistan, terdapat bangkai-bangkai kapal yang terbengkalai dan berkarat. Tak banyak yang tahu, tempat ini dulunya kota di pesisir danau.
Spoiler for :

Ada kisah tragis di balik 'kuburan kapal' ini. Moynaq, dulunya adalah sebuah kota yang terletak di pesisir Laut Aral.

Meski namanya 'sea' alias laut, Aral adalah sebuah danau luas. Laut Aral pernah menjadi salah satu dari 4 danau terluas di dunia, memegang peranan penting bagi pasokan air tawar.

Spoiler for :


Tapi sejak tahun 1960-an, air di Laut Aral perlahan-lahan menyurut. Hanya 10% bagian danau yang tersisa saat ini. Tak heran, surutnya air Laut Aral disebut-sebut sebagai bencana ekologi terbesar hingga sekarang. Nah, Moynaq adalah kota di pesisir danau yang paling terkena dampaknya.

Wisatawan yang datang ke Moynaq sekarang pasti mengerutkan dahi. Dari Atlas Obscura yang dikutip detikTravel, Jumat (24/5/2013), di tiap sudut kota terdapat gambar ikan. Patung-patung, mosaik, poster yang usang, bahkan di papan selamat datang Kota Moynaq. Dulu Moynaq adalah kota nelayan. Bidang perikanan menjadi mata pencaharian utama warga kota tersebut.

Spoiler for :

Tapi sejak Laut Aral surut, Moynaq mulai dikelilingi padang pasir. Hulu letaknya sangat jauh dari kota, sekitar 150 Km. Pernah pada satu waktu, warga Moynaq membuat aliran air dari laut menuju danau. Tapi kadar garam yang tinggi membuat ikan-ikan mati. Moynaq mulai ditinggalkan, perlahan-lahan selama 3 dekade.

Spoiler for :

Sekarang, Moynaq tak lebih dari kota mati. Tapi wisatawan yang penasaran bisa mendatanginya langsung, memotret hal-hal aneh seperti bangkai kapal di tengah gurun pasir. Kapan lagi Anda melihat unta-unta berkeliaran di sekitar bangkai kapal?

sumber [URL="http://travel.detik..com/read/2013/05/24/074131/2254635/1383/misteri-bangkai-kapal-di-tengah-gurun-uzbekistan?vt22021381"]detikcom[/URL]

Jangan lupa emoticon-Rate 5 Starand emoticon-Blue Guy Cendol (L) ya gan emoticon-Kiss.emoticon-I Love Kaskus (S)

mampir ya gan
jual beli toner

PM Jepang Takut Hantu
Diubah oleh findo45 19-07-2013 20:57
0
62.9K
725
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan