HVGWAvatar border
TS
HVGW
5 Lagu Indonesia yang Bikin Merinding
Kadang sebuah lagu dapat membuat pendengarnya menjadi tersentuh batinnya. Apalagi bila pencipta lagu tersebut dapat mengabungkan kesempurnaan musik dengan liriknya.

Berikut 5 Lagu Indonesia yang Bikin Merinding :


1. Opick - Bila Waktu Telah Berakhir

Hampir semua yang mendengarkan lagu ini spontan merinding. Dan, ketika merenungkan isi liriknya, tak jarang mereka tersentak. Sebagai penyanyi lagu religi, sepertinya Opick berhasil menciptakan kesempurnaan musik dan lirik.

Opick ingin menceritakan bahwa dunia ini adalah sementara, tidak ada yang harus terlalu dibanggakan, suatu saat nanti kita (manusia) pasti akan maeti dan menghadap kepada Sang Pencipta. Opick juga ingin mengingatkan bahwa perbanyaklah amal karena hanya itulah teman sejati kita (manusia).

Suara merdu Opick ditambah lirik yang sangat menyentuh, tentu dipastikan lagu ini akan membuat bulu kuduk anda berdiri sejadi - jadinya.





2. Chrisye - Ketika Tangan dan Kaki Berkata

Walaupun bukan bertema cinta, tapi mendiang Chrisye sepertinya tetap mampu menyajikan lagu yang indah dengan latar belakang religi. Lagu 'Ketika Tangan dan Kaki Berkata' adalah lagu yang berkisah tentang bagaimana amal perbuatan di dunia yang akan bertanggung jawab ketika seorang manusia itu telah mati.

Secara lugas dalam lirik - liriknya, Chrisye mengatakan, 'akan tiba masa tak ada suara, dari mulut kita / berkata tangan kita, tentang apa yang dilakukan / berkata kaki kita, kemana saja dia melangkah / Tanggung jawab tiba, ya Robbana.

Ada sebuah cerita yang saat mendia Chrisye merekam lagu ini, dikatakan bahwa saat di tengah-tengah proses rekaman pelantun 'Kala Cinta Menggoda' itu menangis dan bergetar seluruh tubuhnya sampai tak mampu lagi melanjutkan rekaman. Kemudian Chrisye beristirahat sejenak dan menunaikan salat sunnat dengan sang istri sebelum akhirnya menyelesaikan lagu itu.




3. Potret - Bunda

Melly Goeslaw sudah begitu terkenal sebagai seorang 'hits maker', baik bagi dirinya sendiri maupun beberapa artis. Salah satu lagu ciptaannya yang dinyanyikan bersama bandnya, Potret, adalah 'Bunda'. Lagu tentang masa lalu seorang anak kecil yang begitu disayang oleh sang ibu, tak pernah gagal membuat siapapun menaikkan bulu kuduknya.

Melly begitu cerdas memilih tiap kata dalam bait liriknya untuk menggambarkan setiap momen- momen indah bersama ibu. Dentingan piano sepanjang lagu tentu semakin melarutkan suasana yang memang sudah sendu sedari awal. "Oh Bunda ada dan tiada dirimu kan selalu ada di dalam hatiku," tutup Melly Goslaw dalam lagunya.



4. Iwan Fals - Bung Hatta

Penyanyi yang lahir dengan nama Virgiawan Listanto atau banyak dikenal dengan Iwan Fals, turut menyumbangkan lagunya ke dalam daftar lima lagu yang membuat bulu kuduk berdiri, lagu itu berjudul 'Bung Hatta'. Jangan memandang sebelah mata sampai kalian mendengarkan emosi Iwan Fals yang tertuang dalam lagu bernuansa sosial - politik itu.

Iwan Fals yang bercerita betapa sedihnya rakyat indonesia ketika Bung Hatta, sebagai proklamator yang tersisa harus meninggalkan dunia selamanya. Berjuta kepala tertunduk menangis, mengiri kepergian sang bapak bangsa yang tercinta, setidaknya begitu kata penyanyi separuh abad ini dalam liriknya.




5. Sunan Kalijaga - Kidung Lingsir Wengi

Membaca judulnya saja sudah dapat membuat bulu kuduk berdiri, apalagi ketika lagu ini diputar, seketika kengerian akan sesuatu makhluk halus lantas menghampiri. Ya, lagu ini memang terkenal sejak digunakan sebagai salah satu soundtrack fil horor Indonesia, 'Kuntilanak', sejak saat itu berbagai rumor negatif bermunculan.

Banyak orang mengatakan bahwa lagu ini ditujukan untuk memanggil arwah roh halus berwujud perempuan jika dinyanyikan atau bahkan didengarkan di malam hari. Tapi tahukah kalian bahwa lagu ini sebetulnya diciptakan oleh seorang wali songo, yaitu Sunan Kalijaga yang menceritakan tentang kebaikan?

Setidaknya itu yang tersirat dari lirik berbahasa jawa itu, "terbebaslah dari segala petaka. Jin dan setanpun tidak mau. Segala jenis sihir tidak berani. Apalagi perbuatan jahat, guna guna tersingkir. Api menjadi air. Pencuripun menjauh dariku. Segala bahaya akan lenyap."

Jadi tidak ada salahnya bukan lagu ini didengarkan oleh siapa saja dan kapan saja.

Nubi mohon Maaf kalo tritnya berantakan
kaskuser yang baik selalu memberikan komen

tapi jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)

kalo boleh minta emoticon-Blue Guy Cendol (L)

di emoticon-Rate 5 Starjuga ga papa



[url=http://hot.detik..com/music/read/2013/05/16/125418/2247696/228/1/5-lagu-indonesia-yang-bikin-merinding]Sumber[/url]



terima kasih buat agan gareng.punk atas koreksinya :

gan...ane mo nambahin buat lagu yang kelima.

ada 3 lagu yang berbeda disitu..

1.yang pertama adalah
yang ente artikan sebagai
Quote:
"terbebaslah dari segala petaka. Jin dan setanpun tidak mau. Segala jenis sihir tidak berani. Apalagi perbuatan jahat, guna guna tersingkir. Api menjadi air. Pencuripun menjauh dariku. Segala bahaya akan lenyap."


itu adalah arti dari Kidung Rumekso Ing Wengi gubahan Sunan Kalijaga.
Kidung ini dinyanyikan dengan macapat Dhandanggula.
Kidung ini memang sering ditembangkan untuk tolak bala, tolak malapetaka.

2. Yang Kedua adalah yang ente posting videonya.
yang dinyanyiin ma penyanyi Campursari terkenal Didi Kempot.
itu adalah lagu Lingsir Wengi. lagu Campursari yang sangat populer.

3. Lagu fiktif di film horor gak mutu yang katanya bisa buat manggil kuntilanak.walopun itu bernada sama dengan Lingsirwengi campursari,tapi liriknya sudah dirubah..
dan kalo ada yang bilang lagu lingsirwengi bisa manggil kuntilanak,itu nonsense.itu cuma lagu Campursari biasa..
yang manggil itu ya sugesti ente sendiri..

masa suatu saat nanti ada kuntilanak ato gendruwo dateng kalo dinyanyiin "iwak peyek"?

silakan google untuk membuktikan
keyword : Kidung rumekso ing wengi, sunan kalijaga, lingsirwngi, campursari, manthous, didi kempot.

ato kalo ada waktu bisa nyari2 di Forum Budaya tentang Sunan Kalijaga

Diubah oleh HVGW 26-07-2013 09:02
0
17.5K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan