alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
PENTING !!!! Jangan pernah meninggal dunia di kota lain.
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5179f22b0975b47c3d000012/penting--jangan-pernah-meninggal-dunia-di-kota-lain

PENTING !!!! Jangan pernah meninggal dunia di kota lain.

Sharing pengalaman aja gan saat mengurus akte kematian.

Baru-baru ini ada famili yang meninggal dunia, tentunya untuk mengurus hal2 lain diperlukan adanya AKTE KEMATIAN. Saya uruslah akte kematian itu di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat dimana famili saya ini tercatat sebagai penduduk dengan membawa syarat2 lengkap sesuai dengan info yang terpampang.

Ternyata setelah dimasukkan permohonannya, permohonan ini ditolak karena famili saya ini meninggal dunia di kota bukan di kota tempat dimana dia tercatat sebagai penduduk. Famili saya ini meninggal di rumah sakit di luar kota tempat dia tinggal. Akte Kematian harus diurus di kota dimana dia meninggal.

Anehnya adalah saran dari petugas kantor itu adalah mengganti surat keterangan kematian dari rumah sakit tempat dia meninggal dengan dicarikan surat keterangan kematian dari rumah sakit setempat. Bukannya ini malah membuat orang berbuat tidak jujur atau setidaknya mengajari orang berbuat tidak jujur ??

Terus terang saya tidak menjawab apa2 dan hanya bilang "ooo" dan "ooo". Yang akhirnya saya ngeloyor pergi, tidak ada gunanya saya mendebat penjelasannya karena petugas itu hanya pelaksana.

Saya hanya berpikir "kok aneh ya". Lebih aneh lagi kalo saya membayangkan ada orang dari Sabang perjalanan ke Merauke, dan kemudian meninggal di Merauke. Apakah familinya harus mengurus Akte Kematian di Merauke ?? Betapa besar biaya yang harus mereka keluarkan untuk mengurus sebuah Akte Kematian.....

Maaf, barangkali ada agan-agan disini yang dapat memberikan penjelasan logis mengenai peraturan bahwa Akte Kematian harus diurus di kota tempat orang itu meninggal....

Catatan : Saya belum pernah membaca maupun tahu tentang peraturan seperti itu, hanya penjelasan dari si petugas tadi...

Semoga ada agan-agan yang dapt memberikan penjelasan.....
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Astaga.... Emangnya bisa ya meninggal pilih2 tempat? emoticon-Cape d... (S)
Quote:


masalahnya kalo meninggal di kota yang jauh, kasihan famili yang harus ngurus akte kematiannya, ga bisa diurus ditempat dimana si mati tercatat sebagai penduduk.
Trus? Kalo ga mau repot cuma gara2 gitu doang, mending ga usah ngaku2 keluarga korban. Keluarga kok ada anggota keluarganya mati malah merasa direpotkan. Lagian tetap g membenarkan kata2 "jangan mati di kota lain" itu. Wakakakaka. emoticon-Ngakak
Quote:


ya jalan satu - satunya .. makamin di kota tempat meninggal


done ...
Quote:


tentunya yang namanya Akte Kematian pasti akan dibutuhkan untuk mengurus hal2 lain yang harus diselesaikan. Bukan masalah repot atau tidaknya, tapi kenapa Akte Kematian harus diurus di kota tempat dia meninggal, bukan di kota tempat dia tercatat sebagai penduduk ?? Setidaknya kan sudah ada surat keterangan dari dokter rumah sakit yang menjelaskan tempat dan sebab.

Kenapa Negara malah justru membebani warganya, kenapa tidak disederhanakan saja proses pengurusannya......


Quote:


gan..ga baca ya ?? ini kan masalah pengurusan Akte Kematian, bukan pemakaman....
Quote:


Yeee... Namanya aja akta kematian. Itu kan untuk menunjukkan terjadinya sesuatu di wilayah tertentu. Jadi kematian di kota X ya dicatat di kota X. Kelahiran di kota Y ya dicatat di kota Y
.
Baca dong di akta kematian isinya apa.

Spoiler for isi kutipan akta kematian:
Diubah oleh Evo
Lha ya emang akta kematian kan akta yang mencatat suatu kejadian. Mana bisa kejadian di merauke dicatat di sabang? emoticon-Cape d... (S)
Quote:



lah .. harusnya lu ngerti ... klo meninggalnya di kota X ya ngurus di kota X ...


kalo peraturannya dirubah seperti yang loe mau, pasti ada juga yang protes..emoticon-Big Grin

kebetulan aja dalam kasus ini, loe yang dirugikan karena musti repot ngurus. jadi loe bilang peraturannya yang nggak bener.

bisa aja kejadiannya begini, ada satu orang yang udah berkeluarga dan meninggal disuatu kota, tapi masih tercatat berdomisili di kota lain. kalo kejadiannya begitu, terus peraturannya sesuai dengan yang loe mau, repot juga kan keluarganya tuh orang? mereka akan bilang: kenapa pencatatan kematian nggak dilakukan dikota tempat kematiannya sih?

peraturan dibuat dengan mempertimbangkan banyak aspek. cuma kali ini kebetulan peraturan itu bikin loe jadi repot. bukan berarti peraturannya nggak adil...

emoticon-Ngakak
Ya kalo ga mau repot kena urusan adminitrasi, yg meninggal kubur aja di halaman belakang rumah, atau TPU milik swasta. Kalo TPU milik pemerintah ya pasti dimintakan syarat adminitrasi. Jgnkan antar kota, beda kecamatan aja susah ngurus pemakamannya. Didaerah gw gitu. Warga kecamatan cimanggis, matinya dikecamatan tapos, ga boleh dimakamkan ditapos, harus dibawa kecimanggis gan.
Gimana bilangin malaikat maut yaa, kl mo nyabut nyawa pas dikota sendiri

Hadeuh ada2 aja

Quote:


tepat sekali gan emoticon-Ngakak
Quote:


wow, gak baca isi thread sama komen ya gan? emoticon-Cape deeehh
Quote:


Kayanya ngga tuh. Hahahaha. emoticon-Ngakak
Sama Gan..

Ane juga November lalu kena kecelakaan di luar kota, dan bokap ane meninggal di tempat gan. jadi akte kematiannya di suruh urus di kota tempat dia meninggal.

Karena tempatnya jauh ada 2 solusi gan.
1. Minta tolong biro jasa tempat meninggal untuk urus surat kematian.
2. Datang ke pengadilan tempat dimana yang bersangkutan tinggal untuk di buatkan surat pernyataan kematian. nanti surat ini bisa di pakai untuk bikin akte kematian gan.

Ane sih kerjain yang ke 2 gan.

petugas gak mau repot gan emoticon-Hammer2
wah bener juga kata si agan kalau meninggalnya jauh dari kota asal bakal menyulitkan keluarga yang ditinggalkan
belum lagi kalo keluarga pas-pas bakalan nambah ongkos pp, administrasi dan abis waktu
padahal dalam keadaan berkabung mestinya fokus pemakaman si almarhum tapi musti bolak-balik ngurus yang lainnya juga
ibarat pepatah udah jatoh ketiban tangga emoticon-Berduka (S)
Quote:


Out of topic gan, menambahkan aja, baca dikit kalo TS nya ga mau ribet urus surat kematian.emoticon-Ngakak
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Pencatatan sebuah kematian ya dilakukan ditempat seseorang meninggal gan, ga bisa diubah sesukanya,
justru gw yang aneh denger kl akte kematian disuruh dibuat aja di rs kota tertentu (saran petugas) nah si petugas ini perlu digantung terbalik nih biar otaknya encer lagi, dan buat si TS lw tadi bilang ga suka liat petugas krn berbuat curang, tp lw tetep mikir knapa ga bisa buat akte kematian di tempat keluarga lw terdaftar? Berarti lw jg sama aja kyk petugas bro, kl dah dikasih tau aturannya ya laksanakan, gitu loh
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di