baca.tulis
TS
baca.tulis
Pengusaha Ini Rangkul Penyandang Tuna Rungu untuk Bekerja
Memperingati Hari Kartini



"hidup kita akan lebih bahagia jika kita bisa membuat orang lain hidupnya lebih baik…"
Ratnawati Sutedjo


(Sumber Foto : Tabloid Nova)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak banyak orang yang menyediakan lapangan kerja bagi para penyandang disabilitas. Namun seorang perempuan pengusaha di Jakarta justru menyasar para penyandang tuna rungu sebagai tenaga kerja utamanya. Ia menjadi penolong ekonomi bagi belasan karyawannya.

Sekilas terlihat tak ada yang berbeda dari pasangan ini. Mereka beraktivitas seperti layaknya orang normal. Namun ternyata keduanya adalah pasangan yang terlahir sebagai tuna rungu. Kondisi ini sempat membuat mereka sulit mencari pekerjaan.

Hingga akhirnya di tengah keputusasaan mereka justru diterima bekerja di sebuah yayasan.

Adalah Ratnawati Sutedjo sosok perempuan di balik yayasan ini. Ia mengaku panggilan jiwalah yang menggerakan hatinya mendirikan perusahaan yang khusus mempekerjakan orang-orang disabilitas khususnya tuna rungu. Ada 15 tuna rungu yang bekerja dengannya.

Di sini para penyandang tuna rungu dibimbing untuk bisa berkarya. Mereka memproduksi sejumlah kerajinan tangan yang laku keras di pasaran. Tas tempat tisu, boneka, dan juga kain batik.

Ratna menuturkan tak mudah untuk mencapai kondisi seperti sekarang ini. Bersama-sama mereka berjuang untuk mengatasi masalah terbesarnya komunikasi.

Kegigihan, ketulusan hati, dan kesabaran yang Ratna miliki menggambarkan sosok Kartini di era modern. Ia berjuang untuk kaum yang selama ini terpinggirkan.

Saat peraturan pemerintah mewajibkan perusahaan untuk mempekerjakan satu persen dari total karyawan untuk orang-orang disabiltas. Ratna justru telah melakukan hal yang jauh lebih besar. Mayoritas karyawannya adalah kaum disabilitas.

Apa yang dilakukan Ratna tak hanya menguntungkan secara ekonomi bagi kaum difabel. Tapi ada yang jauh lebih bermakna, yaitu bagaimana membuat para penyandang tuna rungu ini merasa percaya diri dan dihargai sebagai manusia.

Editor: Deni Fauzan

emoticon-Matabelo

luar biasa ya om..

harus jadi inspirasi.....menjadi bermanfaat itu indah

ayo semangat

emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh baca.tulis 22-04-2013 08:52
0
2.9K
18
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan