lengkoangAvatar border
TS
lengkoang
Oom Pasikom, kartun kritik kocak dari GM Sudarta
halo agan agan semua, ini trit pertama ane setelah lama ikut numpang baca banyak artikel disini, akhirnye ane nyoba nulis trit sendiri emoticon-Malu (S)
langsung aja ya, enjoy my first thread

Oom Pasikom, Kartun Kritik kocak dari GM Sudarta

"Dengan kartun kita berteriak dalam bisikkan, yang menyampaikan bahwa kita belum terlambat untuk memperbaiki" - Yasuo Yoshitomi

Oom Pasikom merupakan karakter kartun yang biasanya muncul di Kompas sejak tahun 1967 (Awet ya..). ciri-cirinya pakai jas tambalan, pakai topi, wajahnya bulat dan ekspresi matanya kocak. si Oom pasikom ini biasanya menyampaikan kritik dengan kocak dan menyampaikan isu-isu yang serius dengan cara yang menggelikan.
emoticon-Matabelo Ini nih penampakan si Oom Pasikom emoticon-Matabelo

Spoiler for Kartun Oom Pasikom 1:


Kartun ini dapat membawa kita memahami masalah-masalah dunia termasuk ke dalam areal yang dijaga ketat oleh penguasa dan daerah daerah yang miskin dengan penduduk yang tertindas. seperti yang pernah ditulis oleh Ninok Leksono di Pengantar buku 40 Tahun Oom Pasikom:
"Dengan apa yang digambarnya, Darta telah melanglang tidak saja ke negeri-negeri yang jauh, tetapi juga bahkan ke ranah-ranah rawan yang dijaga ketat oleh kekuasaan, ke daerah-daerah miskin dan yang penduduknya tertindas, dan juga ke hadapan orang-orang yang bersikap amat konyol dalam hidup ini"


Spoiler for Kartun Oom Pasikom 2:


Oom pasikom pernah dijadikan film dan dirilis pada tahun 1990, tapi terus terang aja, ane belum pernah nonton filmnya, masih baru lahir emoticon-Malu (S)
film ini dimainkan oleh Didi Petet dan Lenny Marlina. ceritanya tentang sopir taksi yang sangat sayang akan mobil pribadi tuannya, juga pelit karena penghasilannya yang pas-pasan. Sebaliknya, istrinya (Lenny Marlina) terlibat pergaulan atas dan konsumtif, karena usahanya menjadi makelar barang-barang perhiasan. Lewat kacamata Oom Pasikom ini, kisah-kisah "kecil" ibukota disampaikan: arisan nyonya-nyonya, istri yang kesepian, operasi kebersihan kota yang "tak adil" buat pengusaha kecil, mahasiswi yang sedang menulis skripsi dll

Oom Pasikom ini dibuat oleh GM Sudarta, beliau lahir pada tahun 1945 di Klaten, banyak prestasi yang sudah didapatnya. Kalo mau lebih jelas tentang GM Sudarta, tunggu Trit ane berikutnya ye emoticon-Kiss (S)

GM Sudarta
Spoiler for Foto GM Sudarta:


agan-agan yang baik pasti kasih komentar juga, ane tunggu yaa..

sumber trit ini ane ambil dari buku 40 Tahun Oom Pasikom, Peristiwa dalam Kartun Tahun 1957-2007. kalo sumber tentang filmnya ane ambil dari sini http://id.wikipedia.org/wiki/Oom_Pasikom_(film) emoticon-Blue Guy Smile (S)
Diubah oleh lengkoang 07-04-2013 08:23
0
6.5K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan