alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Jam /
All about Rolex
4.26 stars - based on 35 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012783609/all-about-rolex

All about Rolex

Tampilkan isi Thread
Halaman 63 dari 346
Quote:


Nubie coba jawab ,, tapi kesalahan ga ditanggung emoticon-Malu (S)
Tropical dial itu istilah dalam dunia vintage horologie tntg perubahan warna secara alami pada dial menjadi warna kecoklat2an (faktor umur) ,,

Jadi tropical dial itu istilah umum dlm horologie , bukan cuma rolex ,,
Mungkin yang menemukan istilah tropical dial berasal dari komunitas kolektor rolex, sehingga kebanyakan istilah itu ditemukan di forum2 rolex saja emoticon-Cendol (S)

Terkait spesial atau tidaknya imho sifatnya subjektif ,,
Ada beberapa org yg jenuh melihat jam2 modern yg banyak dipajang dimana2 ,, sedangkan vintage tiap2 jam pasti berbeda ,,
Bukan berarti dia anti jam modern ,, dari beberapa teman yg main vintage sih yg ane kenal dlu nya hobby koleksi modern watch , tapi akhirnya main ke vintage ,,
Balik lagi ke adagium so many watches , so many people ..

Ane sendiri lebih suka melihat rolex vintage ,,
pernah lihat beberapa tropical dial pada seri rolex gmt pepsi,, terlihat lebih beraura emoticon-Big Grin
Yg menarik bezel pepsi semakin vintage warna nya semakin bgus , ada yg warnanya menjadi muda , ada yg jadi warna ungu seluruhnya ,, karena sifatnya faktor alam jadi mungkin itu yg menjadi kesenangan tersendiri dalam mengoleksi rolex vintage .. Dan yg pasti antara jam yg satu dengan jam yg lain pasti berbeda emoticon-Cendol (S)

Vintage + tropical dial jg belum tentu semuanya bgus , bisa jadi itu jam ancur ..
Kalo untuk melihat jam hancur atau ga tinggal liat kondisi hands nya dan gradasi dari aging pada dial ,, date n movement nya ,,
Kalo hands ud keropos2 di bagian sampingnya , mesin kropos , bisa jadi bekas tsunami emoticon-Big Grin

Just my 2cent emoticon-Kiss

Quote:


Welcome to rolex forum bro emoticon-Cendol (S)
Banyak pemakai rolex vintage bersembunyi bro emoticon-Big Grin ,,
Bedanya main vintage khususnya brand sejuta umat kayak rolex adalah faktor "keamanan"
Ga akan mau ownernya nge post pic , bahkan ga ngaku klo punya , dia hanya share ke tmn2 sesama kolektor aja ,,

Post foto dlu , rolex datejust 1986
All about Rolex
Quote:


Tropical dial itu istilah yang biasanya dipake WIS buat kasih nama black dial yang mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan. Karena sering terjadinya dinegara-negara tropis, intensitas sinar UV tinggi yang jadi tersangka sehingga mengakibatkan perubahan struktur cat di dial.

Tropical dial jarang berdiri sendiri, biasanya diikuti oleh bercak2 yang timbul akibat proses kelembaban (seal udah tua, karena umur jam juga udah tua).
Yang mostly appreciated biasanya yang kecoklatan merata tanpa bercak, yang seperti sudah diduga, sangat jarang.

Spoiler for Some of the best tropical dial from the web:

Diubah oleh cont
Quote:

nice explanation bro. emoticon-Cendol (S)

yang dibold itu bahasa sederhananya: jamuran. tropical dial dan jamuran adalah 2 hal yang berbeda dan jangan disamakan. tropical artinya perubahan warna pada dial, lume index dan hands, dan insert bezel karena terpapar sinar matahari. tulisan dan marking pada tropical dial masih utuh dan bisa dibaca dengan baik. just my opinion. emoticon-Smilie
Quote:

Setau ane ada 4 kategori aging dial di rolex, tropical, stardust, spider and khusus untuk daytona seri2 tertentu, patrizzi dial. Yg tropical biasanya disertai stardust. Tapi yang paling bagus dan paling diappreciate kayanya yg tropical with no stardust atau stardust with no tropical.

Manakah tipe aging favorite anda? Semoga sesepuh di trit vintage ada yg mau nyumbang pendapat emoticon-Smilie
Quote:


Thanks penjelasanya bro... emoticon-Cendol (S)

+1 ane juga suka liat vintage... lebih adem emang auranya dari jam baru..
makanya ini masih belajar ilmu vintage dulu biar ga salah
,btw itu yg di pajang tropical dial juga?? setahu ane itu dial tiker nama nya.. emoticon-Smilie

Quote:


wow mantab emang kalo perubahannya bisa rata kayak gitu ya,,,emoticon-Cendol (S)
sepertinya kalo bisa rata jadi coklat kayak gitu sering kena sinar UV matahari tapi tanpa kelembaban ya...

Quote:


kalao ada bercak2 hitam berarti jamuran tapi kalau pudar rata kena mahari istilahnya tropical gitu ya?? IC... *mangut2.. emoticon-Cendol (S)
thanks master semua... emoticon-Big Grin
agan2 ane butuh pencerahan nih,
ane punya tipe Rolex Perpetual Date Yacht Master (Superlative Chronometer Officialy Certified) Swiss Made di braceletnya ada kode 5678 bagus juga yah nomernya emoticon-Malu
kira2 harga jualnya berapa yah gan? gambar by si om gugel

http://images.antiquorum.com/215/full/90.jpg

mohon pencerahanya ya gan emoticon-Smilie
Quote:


Harga beli potong >30% lah kira2

Quote:


Quote:


Quote:


wah, jadi tropical itu yang warnanya pudar tanpa bercak ya, jadi pure pudar karena sering kena sinar matahari.

ane rasa kalau seal tua kemudian udara lembab masuk menyebabkan bercak2 itu bahaya juga terhadap kelangsungan movementnya, karena movement bisa teroksidasi n menyebabkan karat juga.

Ane pernah denger Seal n gasket sebaiknya harus diganti teratur agar jam tetap terjaga water ressist n kelembabannya, penyimpanan pun harus di tempat dengan kelembaban dibawah 60%, karena kelembaban 60% menyebabkan jamur tumbuh sehingga tumbuh bercak2 di dial. Jadi sebaiknya kalau cari tropical dial cari yang bersih ya, benar2 warna yang pudar karena sinar matahari, jam terawat baik dari seal n gasket, kalau bercak2 itu jamuran ane pikir bakal mengancam kelangsungan mesinnya juga, tanda2 seal udah rusak. Thx atas penjelasannya masatah masatah emoticon-Cendol (S)

Coba dipajang koleksinya Bro......

Quote:


Quote:


Thx bro emoticon-Cendol (S)
Setahu ane yang namanya tropical lebih ke arah dialnya, sedangkan pada indeks biasanya disebut egg shell patina (karena warnanya berubah seperti gradasi cangkang telur, mulai dari cream, brownish sampai dark brown), bezel insert biasanya disebut faded saja atau ghost bezel seperti pada kasus 5512. Memang penyebab utama proses patina sendiri adalah exposure terhadap UV, sedangkan exposure terhadap kelembaban akan menyebabkan timbulnya jamur yang menimbulkan bercak tidak merata pada dial.

Quote:

Baik tropical, stardust (yang ini sering disebut jerawat, bukan bercak), spider (kracking dial) maupun patrizzi (ini mirip dengan tropical yang terjadi di warna putih di area yang lebih kecil - sub dial) ada lagi cream dial pada exp II (proses berubahnya warna putih di dial jadi cream), semua proses itu sepertinya terjadi karena kualitas cat di dial yang kurang sempurna (daya tahan terhadap UV) dan terjadi pada dial2 yang sudah tua (pada masanya kualitas cat yang digunakan belum sebaik sekarang). Rolex akan mengganti dial yang mengalami "kecacatan" dengan dial baru yang true black (kayak recall di produsen mobil), tapi ada beberapa pemilik jam yang menolaknya, dan itu yang tersisa sampai sekarang.Kayaknya juga hanya ada di seri2 tertentu yang dialnya menggunakan cat tertentu yang menghasilkan efek kayak diatas.
Ex:
  • 16520 .seri S,N,T,W timbul patrizzi dial
  • 16550 8 to 9 million serial timbul cream dial dll

Kalau kualitas catnya sudah bagus seperti jam modern sekarang, mungkin saja tidak akan terjadi proses seperti itu lagi atau kalaupun terjadi degradasi cat akan terjadi dalam waktu yang lebih lama dan penampakannya yang mungkin berbeda.

Kalo ane sih demen yang tropical merata, hmmm .....aseeek emoticon-Big Grin

Spoiler for Nice tropical dial:


Spoiler for Over Exposure to UV:

Kenapa yah kalau nulis cr@cking di kaskus selalu dikoreksi waktu diposting?

Quote:


Biasanya orang lebih sering menggunakan istilah patina buat proses penuaan jam secara keseluruhan, tropical umumnya digunakan di dial hitam yang berubah warna menjadi kecoklatan.
... duduk manis nyimak kuliah mastah-mastah sambil nengok-nengok trit vintage ...
emoticon-Matabelo
wah diskusi yang menarik neh ttg dial pada lolex vintage emoticon-2 Jempol
nubie izin nimbrung dikit aja yak

begini ceritanya....
lolex itu brand yg paling byk dipalsukan, hampir semua orang kayaknya dah tahu yah...
Pemalsuan pada lolex vintage pun semakin hari semakin banyak....
Nah... sign of aging pada dial, entah itu apa itu istilahnya, tropical, patina, jamuran, dst (sudah dibahas di postingan kawan2 sebelumnya)....biasanya sih (tidak mesti), menunjukkan bahwa dial tsb relatif lebih make sense atau original sesuai dg kondisi umur jamnya.
Khusus untuk jamuran sih, mungkin kalo seal2nya kurang bagus atau kurang rapat, baru sebentar juga sudah jamuran kayaknya.

Sign of aging jelas berkaitan erat dg cara perawatan si pemakai2 terdahulunya, iklim tropis negara kita yg cukup tinggi kelembabannya, dan yg terakhir adalah masalah kualitas bahannya.

Sepengetahuan ane sih, apapun merknya kalo bicara jam vintage di indonesia, dg mengingat iklimnya yg tropis, sulit untuk menghindari terjadinya sign of aging tsb yah, ditambah lagi dg cara perawatan pemilik2 sblmnya yg kita tidak tahu pasti riwayatnya.
Kalaupun ada jam vintage di Indo yg masih mulus tanpa ada sign of aging, itu mungkin jarang sekali ditemukan, kebanyakan sih hasil hunting dari luar yah, yg mana iklimnya (kelembabannya) di luar (yg non negara tropis) cukup bersahabat dengan kondisi jam untuk waktu yang lama.
Mungkin, malah jadi bahan diskusi yg cukup menarik jikalau ada jam vintage yg dari awal ada di indo s/d skrg, sudah 30 tahun lebih namun msh kinclong tanpa adanya sign of aging tsb.

Oh ya, tropical dial memang lbh populer dan lbh banyak dijumpai pada lolex vintage terutama yg jenis sport, krn memang lolex sport vintage (saat itu) sangat banyak penjualannya di seluruh dunia dan dialnya sebagian besar berwarna hitam, dress watch dial hitam juga ada tapi tdk sebanyak yg versi sport.

sekian dulu dari nubie, CMIIW.

Ikut menyimak juga perbincangan master-master jam tangan soal Tropical dial..emoticon-Matabelo

sekalian absen Daydate lama tahun 1961 yang dial nya gak jamuran juga bukan tropical...

All about Rolex

Quote:


Betul bro , itu linen dial bukan tropical dial emoticon-Big Grin
Ga punya koleksi tropical dial soalnya ...

Kalo di indonesia ada yg bilang plat tikar , ada yg bilang plat tekstur

Quote:

Cakeepp bgt emoticon-Matabelo
Hanya dapat memandang saja ,, ga tau kapan bisa mampu beli daydate ,,
Nunggu jadi presiden dulu kali ya emoticon-Stick Out Tongue

Cukup puas dengan yg ini emoticon-Big Grin
All about Rolex
Quote:


Iya bener ada yang bilang linnen ada yang bilang matte dial jg sih, kalo di Indo emang terkenalnya dial tikar.

Wah datejust nya mirip anget tuh dengan punya sy yang baru dapet, tp saya all white ngga ada gold tengahnya, jadi keliatan lebih kalem aja, dan ngga nyolok kalo Rolex. Ntar foto menyusul yah, maklum masi sibuk jd belum sempet fotoin.
kalo box cs nya udah pada ilang itu mengurangi harga jual gak gan?
ijin gabung agan2 master..


All about Rolex
Diubah oleh ultramantarok
Quote:


keren blue rubber strap nya emoticon-Cendol (S)
ada info yg jual di indo bro? pm ya. thanks
Quote:


Wowww sub 1680 vintage
Kondisinya bagus gus kliatannya
Quote:


Salam gan acryburner, nubi mo koreksi dikit
Setau ane Dial linen/textured/tikar itu beda dengan matte dial.
Matte dial itu maksudnya dial yg berwarna doff (ga mengkilap/glossy)
Diubah oleh t0rat0ra
Halaman 63 dari 346


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di