KASKUS.EditorAvatar border
TS
KASKUS.Editor
[Ngobras] AMH, Sarangnya Para Penggila Anime dan Manga

Hey Gan!


emoticon-I Love Kaskusemoticon-Toast emoticon-I Love Kaskus


Kali ini KASKUS mau ngajak agan menyelami komunitas KASKUS lewat rubrik NGOBRAS, alias Ngobrol Bareng Komunitas. Komunitas yang mau dibongkar kami ini adalah komunitas yang solid, seru dan udah cukup lama bermukim di KASKUS. Selain gathering rutin dan ikut event-event besar, mereka juga nerbitin majalah online sendiri loh!

Yeah, ini dia komunitas AMH KASKUS, yang diwalikili oleh moderatornya yang senantiasa riang gembira: Taretake. Langsung simak aja Gan!

emoticon-Cool


Halo Gan Taretake, apa kabar?

Hello, I’m being great here, baru sampe kantor nih, Jakarta udah mulai macet lagi, hahaha emoticon-Big Grin

Ceritain dong, AMH itu apa sih? Kapan en gimana awal terbentuknya?

AMH itu Anime Manga Haven, Haven loh ya bukan Heaven, jadi jangan ampe salah ketik emoticon-Stick Out Tongue. Artinya adalah tempat perlindungan para penggemar Anime, Manga, dan Tokusatsu. AMH ini terbentuk sekitar 2003 gitu deh, pas mimin Andrew masih di Amrik emoticon-Stick Out Tongue



Oh gitu... Terus bisa ceritain juga tentang sejarah singkat perjalanannya? Denger-denger sempet ganti moderator beberapa kali ya?

Yup, dulu pas AMH ini baru berdiri membernya kurang begitu banyak sih, soalnya kan pas tahun-tahun segitu masih belum banyak yang punya akses ke internet. Terus Anime juga masih sedikit banget yang bisa kita dapetin.

Nah, mulai tahun 2005, moderator kita yang ID-nya erlangshen sama member senior kita Azuma Denton punya inisiatif nih bikin gathering kecil-kecilan untuk seluruh member AMH. Ga taunya yang daftar buanyak banget, hahaha... Pada malu-malu gitu, biasalah pada jadi silent reader emoticon-Stick Out Tongue

Untuk moderator memang ada keluar masuk. Dulu beberapa moderator yg resign dari AMH biasanya karena ada kesibukan di tempat kerjanya masing-masing. Dan untuk saat ini moderatornya ada empat, saya sendiri, mikoo, kaitoein, dan omega8719 emoticon-Smilie



Berapa kira-kira jumlah member AMH ini?

Banyak! Gak pernah ngitungin hahaha... Tapi dari tahun 2003 kalo ditotal mungkin sekitar 3000-an member emoticon-Stick Out Tongue



Ngomongin anime en manga pasti banyak hal yang menarik. Ada ga cerita seru tentang fanatisme member-member AMH ini?

Hahaha... fanatisme gila-gilaan jelas ada. Beberapa member kita ada yang sampai “naik haji” ke Jepang buat ngeliat langsung negaranya. Ada juga member yang koleksi figure-nya sampe 10 lemari gede. Ada member yang sampai beli kamera puluhan juta untuk foto koleksinya.

Ssst...ada pula yang punya guling gambarnya cewek anime. Pokoknya banyak deh fanatisme yang aneh-aneh emoticon-Ngakak (S)

But it is our passion, and we’re not embarrassed, it’s just the way we are emoticon-Smilie





Hahaha... gokil juga yah! Anyway, kalo komunitas pastinya ada kumpul-kumpul dong. Biasanya gathering offline setiap berapa bulan sekali? Apa aja kegiatannya?



Kalo gathering offline secara resmi yang akbar itu biasanya setahun sekali dan biasanya di adain di Jakarta. Untuk gathering regional kayak di Bandung dan Yogyakarta, diadain sebulan sekali. Untuk di Jakarta karena beberapa dari kita sudah akrab banget, terkadang kita ketemuan di karaoke atau nonton bareng rame-rame atau pergi ke event bareng-bareng. emoticon-Big Grin



AMH tuh eksis juga yah di event-event seputar anime en Jejepunan. Belakangan ini, AMH nimbrung di event besar apa aja? Terus, ngapain apa aja sih AMH disitu?

Sekitar tahun 2011 kami ikutan di acara Pameran Komik Indonesia, sayangnya kurang antusias dari pengunjung. Pada tahun 2011 itu kita juga join di beberapa event kampus.



Kita juga ikut Anime Festival Asia Indonesia (AFAID) 2012, disini juga kita dapet pengalaman menarik yang berkesan. Di AFAID 2012 ini kali pertama kita buka stand yang besar-besaran dan antusiasnya bener-bener bikin kita surprise.



Yang paling menarik itu pada saat kita melelang artbook kita yang terakhir. Bayangin dari harga 75 ribu rupiah bisa melonjak sampai 700 ribu rupiah. Dan pembelinya adalah seorang ibu yang sama sekali ga tau Anime ataupun Manga, beliau cuma mau beliin artbook itu buat anaknya. Awww, so sweet ! emoticon-Kiss (S)

Di tahun 2012, kita juga ikutan buka stand di event Jelajah TKP.





Aktivitas kita saat event, utamanya mengenalkan komunitas kita, bahwa ada lho komunitas penggemar Anime dan Manga di KASKUS! Kita juga menjual beberapa hasil karya AMHers (we call ourself that emoticon-Stick Out Tongue) seperti artbook, pin, light novel, poster, dan semacamnya.

(bersambung di bawah)


Diubah oleh KASKUS.Editor 14-02-2013 07:02
0
69.6K
1.1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan