apeonthehellAvatar border
TS
apeonthehell
ENYA ( New Age / Cheltic )


Enyalahir di Gweedore, County Donegal, Irlandia, 17 Mei 1961. Nama aslinya adalah Eithne Ní Bhraonáin (yang dibaca Enya Brennan)). Enya adalah musisi solo asal Irlandia.

Eithne ( ENYA ) lahir di Gweedore, Donegal, di Irlandia pada tahun 1961 di dalam keluarga musisi. Kakek-neneknya adalah anggota band Irlandia, ayahnya adalah pemimpin dari Slieve Foy Band dan ibunya bermain dalam sebuah band dansa yang kemudian mengajar musik di Gweedore Comprehensive School. Eithne mempunyai 4 saudara laki-laki (Ciarán, Pól, Leon and Bartley) dan 4 saudara perempuan (Máire (Moya), Deirdre, Olive and Brídín), 3 orang diantaranya (Máire, Ciarán dan Pól) bersama 2 orang pamannya (Noel & Padraig Duggan) bermain dalam band An Clann As Dobhair pada 1968 (yang kemudian berganti nama menjadi band Clannad pada sekitar tahun 1970-an).

Pada 1980, Eithne bergabung dalam Clannad dan ia pun memainkan keyboard dan backing vocals dalam album mereka, Crann Úll (1980) and Fuaim (1982). Pada 1982, produser dan manajer Clannad, Nicky Ryan meninggalkan Clannad dan Eithne bergabung dengannya untuk memulai karier solonya sendiri.

Sejumlah lagu Enya dinyanyikan sepenuhnya dalam bahasa Irish Gaelic atau Latin, sementara yang lain bercampur dengan bahasa Inggris atau Inggris sepenuhnya. Roma Ryan telah menulis lirik dalam bahasa Welsh, Irlandia, Latin, Spanyol, dan bahkan bahasa yang diciptakan oleh J. R. R. Tolkien. Dan pada album "Amarantine", Roma Ryan telah berhasil menciptakan bahasa fiksi yang bernama "Loxian". Yang terinspirasi oleh bahasa kaum peri dari seri The Lord of The Rings. dan memakainya pada tiga lagu pada album Amarantine.

Enya telah menampilkan beberapa lagu yang berhubungan dengan The Lord of The Rings oleh J.R.R. Tolkien, termasuk "Lothlórien" (instrumental) pada tahun 1991 dan "May It Be" (dinyanyikan dalam bahasa Inggris dan Quenya) dan "Aníron" (dalam bahasa Sindarin) pada tahun 2001 – dua lagu terakhir muncul sebagai soundtrack film Peter Jackson, The Lord of The Rings: The Fellowship of the Ring. "May It Be" dinominasikan pada upacara Academy Award tahun 2002 sebagai lagu terbaik, namun kalah oleh lagu milik Randy Newtman, "If I Didn't Have You" dari Monsters, Inc.


Album

Spoiler for ALL ALBUM:

OFFICIAL WEBSITE
http://www.enya.com/
SOUNDCLOUD
[url]https://S E N S O Renya[/url]
INSTAGRAM
https://www.instagram.com/official_enya/
Diubah oleh apeonthehell 14-09-2017 07:36
samplethings
samplethings memberi reputasi
1
9.1K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan