alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jawaban Dirut PT KAI via SMS atas protes KBUI soal penggusuran pedagang stasiun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e99fb0e974b4377c00000e/jawaban-dirut-pt-kai-via-sms-atas-protes-kbui-soal-penggusuran-pedagang-stasiun

Jawaban Dirut PT KAI via SMS atas protes KBUI soal penggusuran pedagang stasiun

BENAR-BENAR JAWABAN YANG MELECEHKAN NALAR, MEMPERLIHATKAN AROGANSI KEKUASAAN dan MENGHINA SIVITAS UNIVERSITAS INDONESIA!!!

Sehubungan dengan terjadinya upaya penggusuran para pegiat usaha stasiun (pedagang kios, penitipan kendaraan, pengrajin, dsb yang nota bene adalah rakyat kecil) tanpa memberikan ruang dialog apalagi perhatian terhadap Hak Asasi Manusia (yang merupakan tugas negara sebagaimana juga diamanatkan konstitusi) dengan cara main gusur dengan kekerasan dan menutup mata terhadap berbagai masukan konstruktif masyarakat dan akademisi, Keluarga Besar Universitas Indonesia telah mencoba mengingatkan Direktur Utama PTKAI. Terakhir, upaya yang dilakukan adalah mengiriminya SMS. Tak dinyana, rupanya beginilah kualitas seorang Dirut sebuah BUMN yang kemana-mana mengaku lulusan Harvard tersebut, sebagaimana terlihat dari jawaban-jawabannya:

KBUI: "Kami mahasiswa, pedagang, penumpang krl MENOLAK KERAS usaha penggusuran paksa di peron stasiun Pondok Cina tanpa didahului musyawarah. Penertiban harus untuk kepentingan publik dgn cara demokratis dan tidak melanggar HAM . Buktikan ada disain perbaikan peron buat rakyat dan bukannya penertiban kongkalikong dengan alfamart dan indomart."

Berikut jawaban sms-nya dari no. HP 08112008117:

Jonan: "Spt halnya operator transportasi lainnya, oprtr kereta jgn dibebani mslh di luar tgs pokoknya yg mestinya urusan pemda. Tak pernah kt dengar oprtr bus, kapal, pswat urus calo dan PKL dr terminal, pelabuhan dan bandara... Pnp pasti akan merasa nyaman ktk stasiun bersih.. Keberadaan PKL yg tertata dpt dimgkan di bbrp sta yg memiliki lhn peron yg ckp luas. Jk sta tak memiliki lhn yg luas, mk diutamakam bg ruang gerak pnp, terlbh peron sta di jabodetabek tdk luas. Pemda BODETABEK dpt belajar menata PKL menjadi SAUDAGAR dgn Pemkot. Solo yg dianggap bhsl menata PKL, tak perlu ke solo bkp berdiskusi dgn P. Jokowi, mantan walikota solo dh Jkt... Menata PKL adalah urusan pemda utk mensjhtrkn masyktnya menjd SAUDAGAR.. Jgn slamanya dipthnkan sbg PKL hrs ada pngktn trf hdp.."

KBUI: "Penataan peron harus melibatkan publik dengan cara demokratis. Kalau benar niatnya itu kenapa malah lari dari dialog? Ditunggu niat baiknya berdialog di UI."

Jonan: "Silahkan Rektor UI mengundang dialog dengan KAI, bukan anak2 kecil yang tidak paham apa2
Satu lagi, anda tampung di UI saja semua pedagang itu atau sekurangnya dibagi 2 dengan KAI. Saya tunggu jawaban resmi UI atau saya akan bicara di media bahwa UI tidak pro pedagang krn tidak mau menampung pedagang kecil di dalam kampus. KAI siap menampung dibagi 3: Kantor Komnas Ham 1/3, UI 1/3, KAI akan relokasi 1/3. Jelas?"

Silakan anda pikirkan sendiri. Benar-benar tidak mencerminkan cara berpikir pelaksana urusan negara!!!

Kalau anda dirampok dan tetangga anda ikut bersolidaritas beramai-ramai membantu, maka akan ada cerita baru ke depan, di mana perampoknya yang kawatir tidak bisa kabur akan berkata: "Baik, kalau begitu mari kita bagi rata resikonya: sepersekian anda ikut berbagi dengan yang dirampok, anda sepersekian, anda sepersekian dan anda sepersekian, saya akan kembalikan rampokan saya sepersekian"

Benar-benar melecehkan nalar sehat, melecehkan Lembaga Negara, melecehkan masyarakat, menghina rakyat kecil, dan secara tidak langsung melecehkan pula "anak-anak kecil" para Profesor dan Doktor-doktor UI yang juga tergabung dalam KBUI!!!

Jawaban Penertiban Stasiun versi Ign Jonan Dirut KAI ke sms protes kawan2x KBUI, berikut rekaman dialog via sms

Ini jawaban Jonan: 1. Apakah kampus UI bersedia berbagai menampung pedagang itu?
2. Tupoksi KAI tidak ada kewajiban menampung pedagang apapun, namun kalau UI mau menantang KAI utk berjiwa pro rakyat, KAI siap, dibagi 2, siap?
3. Ada sktr 4000 ribu pedagang diseluruh stasiun KRL Jabodetabek, dibagi 2: Kampus UI dan KAI.
4. Atau dibagi 3: Komnas HAM, UI dan KAI, sehingga bukan omdo aja
5.Rektor UI agar menawarkan sharing relokasi ke KAI, kami akan tindak lanjut.
6. agar dipahami bahwa stasiun adalah aset milik KAI sebagai BUMN, sama seperti kantor Bank BRI atau SPBU milik Pertamina, secara hukum. Namun, sekali lagi, kalau UI dan/atau Komnas Ham bersedia menampung pedagang itu secara proporsional dgn KAI, kami tunggu usulan tertulisnya, kami mampu memutuskan dengan cepat.
7. KAI tidak pernah menggusur, tapi mengambil kembali aset milik KAI yang ditempati secara tidak sah.
8. Sekiranya pendekatan perdata tidak bisa diselesaikan, kami akan menempuh pendekatan pidana kepada siapapun yang menduduki/membantu menduduki aset KAI secara tidak sah.

Silakan agan-agan nilai sendiri cara berpikir beliau emoticon-Matabelo

Sumber: group facebook KBUI (Kesatuan Aksi Keluarga Besar Universitas Indonesia) link: [url]https://www.faceb**k.com/groups/283218422083/[/url]

Oh iya mengapa thread soal penggusuran banyak yg hilang??? ganguan sementara atau memang dihapus???

Silakan kawan-kawan memantau time line twitter BEM UI
@BEMUI_Change

Jangan mudah percaya dengan berita di media massa yg menyudutkan pedagang dan mengecilkan perjuangan mahasiswa.

Diubah oleh pincity
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
Kami rasa sebagai penumpang itu bukan pelecehan tp bentuk nyata untuk perubahan lebih baik ttg pelayanan PT KAI,
Konsumen PT KAI itu penumpang bukanya asongan & PKL, Stasiun bukan pasar,
Penumpang jg setuju stasiun bebas PKL dan perjalanan KA/KRL tanpa asongan,,
Sebagai mahasiswa lebih ngerti hukum dan rasional ga kaya ane yg cuma orang awam,,
Itu lahan milik KAI emang apa haknya PKL tetap disitu? Apakah mereka punya sertifikat Hak Milik? Apa membela mereka untuk sekedar carimuka...pengen lebih keren lg carimukanya sekalian saja demo agar bisa ada PKL berjualan di landasan pacu badara sukarno hatta
Penumpang butuh kenyamanan butuh keselamatan butuh keamanan,


Ga nyangka ternyata ane pertamax...
Diubah oleh cc201
sudah rahasia umum banyak yang menjadi penyerobot hak dengan koar2 kemiskinan, mulai trotoar yang dipakai jualan PKL, PKL2 yang nempel di pagar2 stasiun atau terminal dll, KAI disini hanya bertugas menertibkan dan mengambil hak yang memang menjadi hak KAI, lagian penumpang memang lebih nyaman bila suasana transportasi ataupun terminal/stasiun nyaman dan hanya ada pedagang resmi yang tertata rapi
ijin mantau, gan.... emoticon-Cool
juragan

sekali lagi ane tidak membela

tapi obyektiflah

"KAI HANYA MENGAMBIL HAK NYA YANG BERUPA ASSET TANAH NEGARA YANG DIKUASAKAN PADA KAI"

mengambil sesuatu yang sudah jadi hak, apa bisa disebut perampokan?

jangan dibata ya gan
Quote:


Jawabannya terlalu ekstrim...
Secara legal, memang benar jawaban Dirut nya, tapi reasonnya dan solusi yang ditawarkan tidak etis. Mari bersama memecahkan masalah dengan kepala dingin, yang merasa "tua" jangan menganggap lebih pintar dari yang "muda".
Bersama-sama kita belajar dan mencari solusi. Jangan menggunakan nama organisasi untuk mengancam, kl memang punya niatan baik, undang saja secara langsung dan terbuka, ngga perlu sms berbalas seperti ini..
ga ada yang salah dengan jawaban dirut KAI, malah baik tuh ditawarkan pembagian relokasi, ane setuju pkl pindah ke UI, suruh dagang depan kelas kan nanti klo maha siswa lapar jajannnya gampang, pedagang senang, mahasiswa senang, KAI senang, penumpang kereta juga senang, klo perlu depan kantor rektor dagangnya, ntar klo rektornya marah, kan pedagang di bela mahasiswa
Jangan selalu membela yang "LEMAH" tetapi bela yang BENAR.. Membuat lingkungan yang bersih, nyaman, aman dengan mengatur ketertiban itu memang TUGAS utama pelayan, dalam hal ini KAI berusaha melayani pelanggannya.

Coba pikir teman-teman dari UI, kalau pekarangan rumah anda dibuat jualan lalu anda larang apakah lalu dicap tidak PRO rakyat?

Toh nanti kalau KAI untung, mereka kan wajib untuk melakukan CSR.

Banyak cara untuk menjadi PRO rakyat!

lha kemaren mahasiswa UI menyuruh pak polisi pulang buat lapor ke atasan apa ndak termasuk pelecehan ya? sekarang dirut KAI minta dialog dengan rektor UI, tidak hanya sama "anak-anak kecil" kok dianggap pelecehan.
Diubah oleh Manchestermania
Quote:


setuju sama yg ini, halah UI sok2 bela rakyat kecil, orang ane dulu pernah lihat pedagang asongan masuk kampus langsung dikejar satpam.
Jadi gimana apa UI mau membuktikan klu mereka dukung PKL dengan cara menerima asongan dan PKL di kampusnya.
Spoiler for Koleksi Bata Ane:
Quote:


bener nih yg di bela itu yg benar bukannya yg lemah, jadi yg lemah itu walau salah tetap di bela..lama2 ngelunjak lah mereka.
Spoiler for Koleksi Bata Ane:

KBUI

Apakah benar KBUI merupakan perwakilan resmi dari UI untuk mengurusi PKL yang menduduki stasiun2?
Sebaiknya jangan asal membabibuta menyalahkan KAI, peruntukan stasiun bukan sebagai pasar yang sewa kiosnya hanya dinikmati oleh beberapa oknum saja.
Dalam hal ini yang mengatasnamakan MAHASISWA UI harus berhati-hati dalam bersikap.
Semua boleh berpendapat asal sesuai porsi dan kapasitasnya.
tetap berpikir lebih jernih dengan melihat semua sudut pandang.
dan tentu saja tanpa anarki
PEACE
ahh yang bener ne KBUI berpihak sama rakyat kecil disekitaran kampus UI?contoh dulu awal pasar jongkok diadakan di dalam kampus UI dari Teknik sampai ke arah Asrama,trus dibubarin apa itu berpihak sama rakyat kecil n PKL?
terus yang nutup jalan di depan Fakultas Hukum siapa ya?apa itu ga mematikan PKL yg berdagang disitu..
iya tuh bener ,itu kan hak nya KAI , cuma ya emg mungkin kasih waktu kali ya para pedagang asongan buat nyari tempat,seharunya pemda mau memberi solusi lahan daerah pengganti...mahasiswa juga diharapkan mampu memilah mana yg benar dan salah..di satu sisi selalu berkoar minta peningkatan pelayan disatu sisi malah memebratkan usaha KAI utk lebih berbenah diri...
syg nya kita cuma aktivis HAM...ga ada aktivis HAK ASASI KAI emoticon-Ngakak
jadi haknya KAI ga ada yg perjuangin deh
Quote:


KAI memang sah-sah saja melakukan hal ini karena itu adalah aset milik mereka, wajar dong kalau ditertibkan...
ada bgusnya si digusur biar lebih aman aja dr jambret emoticon-2 Jempol








This post is Originally from Android Galaxi Tab 10.1 For kaskus.co.id | User : cilokbhaaa| UID :2008500
ijin mantau aja gan,,yg penting terbaik buat semuanya

Anak UI memang HEBAT membela rakyat !

Hari selasa 8 Januari 2013, sekitar pukul 13.00 - 14.00 WIB, ane ke stasiun UI untuk naek KRL menuju tanah abang. Setelah membeli tiket dan tiba di peron, mahasiswa UI atau bersama pedagang begitu ramai menempati peron. Entah dengan maksud menjaga ruko pedagang, tapi nyatanya, mahasiswa + pedagang juga menduduki hampir seluruh tempat duduk peron yang diperuntukkan penumpang.

Ane hampir gak kebagian, tapi dengan pede ane cari2 celah kosong untuk berhimpitan dengan teman2 mahasiswa UI yang sedang duduk-duduk disitu. Ane lihat sendiri penumpang lain juga menyingkir, setidaknya berjalan jauh mungkin untuk mencari tempat duduk yang kosong. Teman2 mahasiswa UI sepertinya tidak peduli dengan penumpang lain, MEROKOK seenak-nya di hampir seantero peron .. penumpang lain, angin lalu ! Mereka sibuk berdiskusi strategi2 entah apa... UNTUK SIAPA ?

Penumpang beli tiket dan berhak untuk menggunakan fasilitas stasiun, apakah teman2 UI juga beli tiket untuk masuk ke peron ? sehingga merasa berhak untuk menggunakan fasilitas stasiun ?? Siapa yang dikorbankan kalau begini kejadiannya..


KALAU BERANI TOLONG TARUH DI PAGE DEPAN TRIT ENTE AGAN TS !

Biar lebih adil juga menyuarakan KEADILAN untuk rakyat, karena ANE ngerasa sebagai MASYARAKAT pengguna KRL, tadi siang itu terganggung sekali dengan ramai-nya teman2 mahasiswa yang nongkrong di PERON STASIUN UI !
Diubah oleh kaskusdotus
gw bingung sama orang2 jaman sekarang,emang kalo rakyat salah dibela juga ya sambil gembor2 bilang pro rakyat??tanah2 KAI terserah KAI lah mau diapain kekn
perlu sudut pandang yang objektif, PT KAI sbg pemilik stasiun sah2 saja menggunakan lahan miliknya demi kenyamanan penumpang, tapi juga harus dicarikan solusi untuk menata PKL di stasiun2 KRL (no offense)
Quote:


yang ini bukannya dah bisa kena pasal merokok di tempat/fasilitas umum??
para mahasiswa yang terhormat pada ngerti aturan ngga ya?

ane setuju sama agan2 yg pro PT.KAI..
bukannya ngga Pro rakyat,,tp rakyat juga harus sadar klo semua itu ada aturannya..
berdagang pun ada aturannya...
dsni jg kan para penumpang butuh kenyamanan dan keamanan..
klo mau relokasi, ya harusnya dibicarakan jg sama pemda dong,,PT.KAI jg mana bisa maen relokasi sembarangan...harus ada koordinasi dari semua pihak, termasuk para pedagang..
lagian kan ini juga untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat...
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di