somplakzAvatar border
TS
somplakz
Materi Pengenalan Teknik Informatika
A. Dasar Teknologi Informasi

Pengertian Teknologi Informasi
Untuk mengetahui pengertian teknologi informasi terlebih dahulu kita harus mengerti pengertian dari teknologi dan informasi itu sendiri. Berikut ini pengertian teknologi dan informasi :

Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya

Informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya

Pengertian teknologi informasi menurut beberapa ahli teknologi informasi :

Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995)
Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag & Keen, 1996)
Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)
Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William & Sawyer, 2003)

Secara implisit dan eksplisit IT tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi.Dengan kata lain, yang disebut Teknologi Informasi adalah gabungan antara Teknologi Komputer dan Teknologi Telekomunikasi

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat.

Pengelompokan Teknologi Informasi
Teknologi informasi mencakup teknologi computer dan teknologi komunikasi. Dan dapat di kelompokan menjadi 6 kelompok, yakni teknologi komunikasi, teknologi masukan, teknologi keluaran, teknologi perangkat lunak, teknologi penyimpanan dan teknologi mesin pemroses.
Teknologi Masukan
Teknologi masukan adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukan data ke dalam system computer. Contoh : keyboard dan mouse
Mesin Pemroses
Lebih di kenal dengan sebuan CPU (Central Processing Unit), mikroprosesor, atau prosesor.
Teknologi Penyimpanan
Di bedakan menjadi 2 kelompok, yaitu memori internal dan penyimpanan eksternal.
Memori internal berfungsi sebagai pengingat sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketiika proses pengolahannya di laksanakan oleh CPU.
Penyimpanan eksternal adalah segala peranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen.
Teknologi Keluaran
Teknologi keluaran adalah teknologi peranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan system. Contoh : layar atau monitor dan printer.
Teknologi Perangkat Lunak
Perangkat lunak atau software di kenal juga dengan sebutan program adal deretan instruksi untuk mengendalikan computer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai yang di kehendaki pembuatnya.

Komponen Sistem Teknologi Informasi
Komponen utama sistem teknologi informasi adalah :
1. Perangkat keras (hardware)
2. Perangkat lunak (software), dan
3. Orang (brainware).

Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi
System teknologi informasi dapat di bedakan dengan pengklasifikasian misalnya, menurut fungsi system (embedded IT system,dedicated IT system, dan general purpose IT system).
Diubah oleh somplakz 21-12-2012 16:17
0
12.7K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan