INCUBATORAvatar border
TS
INCUBATOR
Revitalisasi Tugu Yogyakarta Rampung



PemerintahDaerah Istimewa Yogyakarta meresmikan revitalisasi tahap pertama Tugu Pal Putih, Selasa, 18 Desember 2012. Peresmian itu sekaligus menjadi penanda bagi masyarakat dan wisatawan yang selama ini memanfaatkan monumen tersebut untuk berfoto dengan cara naik ke bagian badannya.

“Mulai saat ini, masyarakat tidak diperkenankan lagi berfoto dengan menaiki Tugu, demi menjaga keawetan dan kelestariannya sebagai ikon kota,” kata Kepala Dinas Kebudayaan DIY, GBPH Yudaningrat.

Menurut adik tiri Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X itu, peresmian revitalisasi tahap pertama yang memakan waktu tiga setengah bulan ini menghabiskan biaya sekitar Rp 688 juta. Revitalisasi ini meliputi pembuatan pengaman Tugu berupa taman dan jalur pedestrian selebar setengah meter di sekeliling Tugu, penggantian kemuncak, serta pemasangan perada berwarna emas di kemuncak.

Di empat sisi Tugu juga dipasang prasasti. Sedangkan lapisan batu andesit dipasang pada empat simpang jalan di sekitar Tugu dan diberi lampu sorot untuk menonjolkan sosok Tugu pada malam hari.

Menurut Koordinator Masyarakat Advokasi Warisan Budaya (Madya) Yogyakarta Johannes Marbun, dia sangsi larangan menyentuh Tugu akan efektif tanpa dikomunikasikan dengan masyarakat, khususnya warga di sekitar Tugu. “Komunikasi tentang bagaimana sejarah dan perawatan cagar budaya tak pernah tersampaikan sehingga aturan yang kemudian tiba-tiba ada sangat berpotensi dilanggar,” katanya.

Kepala Bidang Sejarah Purbakala dan Museum Dinas Kebudayaan DIY Nursatwika mengatakan revitalisasi tahap kedua Tugu dimulai tahun depan, yaitu dengan membangun diorama luar ruang Tugu Golong Gilig, yang akan dibangun di sisi tenggara Tugu. Diorama itu akan memakai lahan seluas 293 meter persegi. “Saat ini sedang proses pembebasan lahan, lalu membuat detail engineering design,” ujarnya.

sumber, komentar, berarti klo bener2 beres, ga bisa naik dan foto2 sepuasnya ya.... mantabs
Diubah oleh INCUBATOR 21-12-2012 08:03
0
2.2K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan