beng55Avatar border
TS
beng55
Kenali Makanan Penyebab Kanker dan Cara Mencegah Kanker
Sebelumnya>>>>>>>>emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Kenali Makanan Penyebab Kanker dan Cara Mencegah Kanker

Kita semua tahu bahwa apa yang kita makan akan diserap oleh tubuh. dan ternyata dari makanan yang kita makan tersebut tak jarang zat kimia yang turut serta ikut dalam makanan kita.

Nah,Bahan kimia yang terdapat dalam makanan ada yang berbahaya dan ada juga yang tidak. Untuk makanan yang menganduk zat kimia berbahaya ini bisa menyebabkan tumbuhnya sel kanker. Biasanya makan yang sudah terjangkit jamur terjangkit juga kandungan zat aflatoxin.

Aflatoxin adalah zat yang dihasilkan jamur Aspergillus Flavus yaitu zat yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker hati,” demikian kata ahli gizi Rosihan Anwar, S.Gz.

Menurut dia pula bahwa hal tersebut bisa dicegah. Sebagian besar jenis kanker dapat dicegah dengan kebiasaan hidup sehat sejak usia muda dan menghindari faktor-faktor penyebab kanker.

Meskipun penyebab kanker secara pasti belum diketahui, namun ada baiknya kita mencegahnya. Seperti kata pepatah “mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

Bagaimana cara mencegah Kanker sejak dini?

1.Mengurangi makanan yang mengandung lemak yang berlebihan.
2.Usahakan lebih banyak makan makanan berserat.
3.Konsumsi lebih banyak sayur-sayuran berwarna serta buah-buahan karena mengandung antioksidan sebagai zat penangkal kanker.
4.Lebih banyak makan makanan segar dan alami.
5.Usahakan tidak memakan makanan yang telah diawetkan atau disimpan terlalu lama.
6.Hindari makanan yang diasap dan diasin.
7.Batasi minuman alkohol
8.Hindari kebiasaan merokok.
9.Upayakan kehidupan seimbang dan hindari stress serta periksakan kesehatan secara berkala dan teratur
.

Jika kita punya niat, untuk sehat itu tidaklah sulit dan mudah dilakukan. Yang diperlukan hanya komitmen dan kemauan untuk menjalankan kiat pola hidup sehat seperti rutin melakukan olahraga, makan secara teratur, tidur terpenuhi dengan cukup, tidak merokok, tidak meminum alkohol, serta gizi terpenuhi. Menurut beberapa penelitian, sekitar 80-90% berbagai macam kanker sangat erat kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Hal yang sangat dianjurkan yaitu mengkonsumsi makanan antikarsinogen ini seperti sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung betakaroten, vitamin A, vitamin C dan E,” kata Rosihan lagi.

Selain langkah diatas perlu juga diketahui zat bermanfaat pencegah Kanker: asam folat, vitamin D, kalsium, magnesium, niasin, dan selenium (Se). Selain itu, jangan juga melupakan serat yang bisa mencegah timbulnya kanker kolon. Semoga kita semua terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

tambahan : contoh Makanan/ buah yg mengandung banyak serat( anti oksidan)



sunber : http://merahitam.com/makanan-penyeba...-pencegah.html

Demikian gan Semoga Bermanfaat......
0
1.4K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan